Konsep Uang yang Harus Dipahami Agar Jadi Orang Kaya

Ajaib: Konsep Uang yang Harus Dipahami Untuk Menjadi Kaya
Ajaib: Konsep Uang yang Harus Dipahami Untuk Menjadi Kaya

Membangun kekayaan bisa menjadi salah satu usaha paling menarik dan bermanfaat dalam kehidupan seseorang. Konsep uang rasanya sebegitu pentingnya bagi masyarakat modern belakangan ini. Namun sebenarnya alat pertukaran barang sudah dianggap penting sejak dahulu, namun kini bentuknya berupa uang.

Selain memberikan kehidupan sehari-hari yang lebih nyaman, kekayaan yang substansial dapat mengurangi stres dan kecemasan karena membebaskanmu dari kekhawatiran mengenai makanan sehari-hari atau kemampuanmu membayar tagihan. Tak heran banyak orang ingin menjadi kaya untuk memperlancar hidupnya.

Bagi sebagian orang, hal-hal tersebut sudah cukup untuk memberikan motivasi untuk memulai perjalanan finansial mereka. Gairah dimulai ketika mereka menerima dividen pertama dari saham yang mereka miliki, setoran bunga yang diperoleh dari obligasi, atau uang sewa dari penyewa yang tinggal di properti mereka.

Definisi uang menjadi sama dengan kebahagiaan bagi sejumlah orang. Mereka merasa senang jika bebas untuk menggunakan uang tanpa khawatir kekurangan pangan atau sandang. Uang bukan lagi sekedar satuan hitung tapi sudah jadi parameter kenyamanan hidup saat ini.

Memahami Konsep Uang Dulu, Kaya Kemudian

Menjadi orang kaya rasanya secara umum sudah menjadi keinginan banyak orang sejak dulu. Konsep uang yang tak terbatas bagaikan Nia Ramadhani atau Nagita Slavina seakan mimpi besar kini. Tak heran artikel mengenai urutan orang terkaya di dunia selalu laku keras setiap tahunnya.

Kisahnya dicari, diinspirasikan agar banyak orang semakin terpacu untuk bisa seperti itu dan mencapai kekayaannya sendiri. Berbagai tips keuangan dan cara mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya selalu dicari. Oleh orang di mana saja dan kapan saja.

Uang memang jadi patokan banyak orang untuk memenuhi kebutuhanya. Karena saat ini, untuk mendapatkan nyaris semua barang dan jasa harus ditukar dengan sejumlah alat pembayaran termasuk uang.

Kalau kamu bercita-cita menyudahi status sebagai sobat misqueen dan menjadi orang kaya bergelimang uang emas perak, paling tidak kamu harus mengawalinya dengan memahami konsep uang dasar. Memahami hal tersebut akan membuatmu lebih mengerti dan termotivasi untuk aktif menghasilkan kekayaan.

Konsep uang mungkin dianggap tidak perlu dipahami dibandingkan tips yang bersifat aplikatif lainnya. Nyatanya, konsep uang telah dipikirkan sejak dulu dan dalam berbagai zaman. Terbukti dengan adanya konsep uang dalam ekonomi islam maupun ekonomi konvensional.

Dalam islam, terdapat flow concept akan uang di mana uang dalam islam harus terus mengalir. Maksudnya untuk memberikan hasil yang maksimal kepada masyarakat dalam bentuk publick goods. Sedangkan dalam ekonomo konvensional, uang identik dengan modal. Sehingga jumlah yang beredar sejalan dengan kegiatan ekonomi yang berlangsun di dalamnya.

# Kekuatan Uang Dalam Jumlah Kecil Sangat Besar

Kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang ketika mencoba mencari cara untuk menjadi kaya adalah berpikir jika mereka harus memulai dengan seluruh uang yang mereka miliki. Orang-orang ini menderita mentalitas “tidak cukup” dimana mereka berpikir jika tidak melakukan investasi 10 atau 50 juta rupiah sekaligus pada satu waktu, mereka tidak akan pernah menjadi kaya.

Apa yang tidak disadari oleh orang-orang ini adalah bahwa seluruh pasukan dibangun oleh satu prajurit pada satu waktu demikian juga dengan keuangan mereka. Nyatanya mereka bisa melakukan banyak hal meskipun dengan jumlah uang yang terbatas. Contohnya dengan memulai investasi reksa dana di Ajaib dengan hanya Rp10.000 saja.

Mereka tidak sadar jika uang meskipun dalam jumlah kecil bisa memberikan efek yang sifinifikan jika dikelola dengan benar. Banyak dari jutawan dunia yang memulai bisnisnya dari modal kecil, namun dengan kejeliannya berhasil mengubah usaha mereka menjadi perusahaan yang bernilai jutaan.

# Ubah Cara Pikirmu Tentang Uang

Masyarakat umumnya memiliki hubungan yang kompleks dengan kekayaan. Beberapa orang membenci orang-orang yang memiliki banyak uang sambil berharap untuk itu adalah milik mereka sendiri. Sebagian lagi berusaha menganggap uang adalah alat pembayaraan sembari abai dengan kondisi finansialnya.

Namun, alasan sebagian besar orang tidak pernah mengumpulkan uang dalam jumlah yang substansial adalah karena mereka tidak memahami sifat uang atau cara kerjanya. Modal, seperti halnya manusia, adalah makhluk hidup. Ketika bangun di pagi hari dan pergi bekerja, kamu menjual tenaga kerjamu.

Ketika menyadari bahwa setiap hari asetmu untuk memiliki potensi yang sama untuk bekerja, kamu membuka kunci yang kuat dalam hidupmu. Setiap rupiah yang dihemat adalah seperti seorang karyawan.

Seiring berjalannya waktu, dengan membuat karyawanmu bekerja keras, mereka akan menghasilkan cukup uang untuk memperkerjakan lebih banyak pekerja yang dalam kasus ini adalah uang tunai. Ketika kamu telah menjadi benar-benar sukses, kamu tidak lagi harus menjual tenaga kerja sendiri, tetapi dapat hidup dari tenaga kerja aset yang kamu miliki.

Contohnya adalah pebisnis dunia Richard Bronson yang kini mengisi kegiatannya dengan agenda konservasi dan kegiatan amal tanpa khawatir kekurangan. Sebabnya ia tela membangun perusahaan dengan aset pekerja yang luar biasa sehingga tetap menghasilkan baginya meski tidak lagi terus duduk di kantor.

# Dengan Setiap Rupiah yang Disimpan, Kamu Membeli Kebebasanmu Sendiri

Ketika memasukkannya ke dalam istilah-istilah ini, kamu melihat bagaimana menghabiskan 200 ribu di sini dan 400 ribu rupiah di sana dapat membuat perbedaan besar dalam jangka panjang. Mengingat bahwa uang memiliki kemampuan untuk bekerja, semakin banyak uang yang digunakan, semakin cepat dan besar peluang untuk tumbuh.

Seiring dengan lebih banyak uang, semakin banyak kebebasan-kebebasan yang kamu miliki untuk tinggal di rumah bersama keluarga, kebebasan untuk pensiun dan bepergian ke seluruh dunia, atau kebebasan untuk keluar dari pekerjaan. Uang menjadi alat untuk mendapatkan kebebasan dan waktu yang lebih banyak lagi.

Jika kamu memiliki sumber pendapatan, kamu dapat mulai membangun kekayaan hari ini. Mungkin hanya 50 ribu atau 100 ribu pada satu waktu, tetapi masing-masing investasi adalah batu fondasi kebebasan finansialmu. Kamu bisa memilih produk investasi yang cocok dengan modal yang kamu miliki. Apalagi kini sudah banyak kemudahan karena tersedia berbagai platform yang menawarkan investasi dengan cara yang ringkas dan kekinian.

# Sadarilah bahwa Lebih Banyak Uang Bukan Jawabannya

Lebih banyak uang akan memberikan daya beli yang lebih besar tentu saja, namun tidak akan menyelesaikan masalahmu. Uang adalah seperti kaca pembesar, uang akan mempercepat dan mengungkap kebiasaan Anda yang sebenarnya. Pada beberapa kasus, seseorang yang menghasilkan pendapatan 1 milyar rupiah setahun masih hidup dari gaji ke gaji dan tidak mengerti mengapa hal itu bisa terjadi.

Masalahnya bukanlah pada ukuran pendapatan mereka, namun masalah terletak pada cara mereka menggunakan uang mereka untuk memenuhi kebutuhannya dan mengalokasikannya dengan baik. Banyak orang yang menaikkan gaya hidup mereka ketika pendapatannya naik dalam jumlah yang tidak seberapa.

Inilah sebabnya kenaikan penghasilan seringkali tidak selalu menyebabkan orang tersebut berhasil mencapai kemapanan finansial yang diinginkan. Lebih banyak uang tidak akan berarti apa-apa jika kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik.

# Kamu Bertanggung Jawab atas Di Mana Kamu Berada dalam Hidupmu

Seseorang pernah mengatakan bahwa dia tidak ingin berinvestasi saham karena dia tidak ingin menunggu sepuluh tahun untuk menjadi kaya. Dia lebih suka menikmati uangnya sekarang. Ada satu hal yang harus diingat, di mana kamu berada sekarang adalah hasil dari keputusan yang dibuat pada masa lalu.

Hidupmu mencerminkan bagaimana kamu menghabiskan waktu dan uangmu selama ini. Karena itu, mengapa tidak mengatur masa depan mulai dari sekarang? Ubah arah konvensional uangmu selama ini menjadi lebih potensial meskipun beresiko dengan investasi.

Keajaiban hidup adalah bahwa tidak masalah di mana pun kamu berada, itu penting ke mana kamu pergi. Setelah membuat keputusan untuk mengendalikan hidupmu kembali dengan membangun kekayaan bersih, jangan pikirkan “bagaimana jika”. Setiap saat, kamu tumbuh semakin dekat dan semakin dekat dengan tujuan akhir – kontrol dan kebebasan. Jika konsep ini diterima secara utuh pasti semua orang akan mudah mencapai kemapanannya.

Setiap rupiah yang melewati tanganmu adalah benih bagi masa depan finansial yang seharusnya lebih baik. Yakinlah, jika rajin dan bertanggung jawab, kemakmuran finansial adalah hal yang tak terhindarkan. Hari itu akan tiba ketika kamu melakukan pembayaran terakhir cicilan mobil, rumah, atau apa pun yang kredit yang diambil. Sampai saat itu, nikmati prosesnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait