Kode BRI dan Cara Top-up Dompet Digital Melalui Rekening BRI

kode bri
kode bri

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang ingin top-up dompet digital melalui rekening BRI jangan khawatir. Karena, berikut ini adalah berbagai kode BRI yang dibutuhkan untuk melakukan beragam transaksi keuangan bagi nasabah BRI. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini.

Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRI termasuk salah satu bank terbesar di Indonesia. Bahkan, berdasarkan total aset per quartal III 2019, bank BRI merupakan bank dengan total aset terbesar di Indonesia yakni Rp. 1.238,65 Triliun. Di posisi kedua ada Bank Mandiri dengan Rp. 1.097,65 Triliun dan disusul Bank BCA dengan total aset Rp. 875,67 Triliun. Maka tidak mengherankan jika nasabah Bank BRI tersebar di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke pedesaan.

Fasilitas Bank BRI juga kian beragam, mulai dari tarik tunai di ATM BRI, transfer ke sesama bank BRI atau menerima transfer dari bank lain. Untuk melakukan transaksi dari bank lain di luar BRI, maka diperlukan kode bank BRI yang tepat. Nasabah juga dapat melakukan top-up dana di berbagai jenis dompet digital dengan menggunakan virtual akun BRI.

Berikut ini adalah berbagai kode BRI yang dibutuhkan untuk melakukan beragam transaksi keuangan bagi nasabah BRI.

Kode BRI untuk Transfer antar Bank

Saat ini transfer dana tidak hanya dapat dilakukan bagi nasabah dari bank yang sama. Ada beberapa jaringan ATM yang memungkinkan transfer antar rekening bank yang berbeda. Jaringan tersebut adalah:

  • Jaringan ATM Bersama
  • Jaringan ATM Prima
  • Jaringan ATM Link

Setiap jaringan ATM tersebut, memiliki anggota bank yang berbeda-beda. Saat ini bank BRI merupakan anggota ketiga jaringan ATM tersebut.

Kode Transfer antar Bank untuk BRI

Untuk mentransfer ke rekening BANK BRI dari bank lain anggota jaringan ATM Bersama, ATM Prima atau ATM Link, kodenya adalah: 002.

Jadi untuk mentransfer dana dari bank lain ke rekening bank BRI adalah dengan cara memasukkan 3 kode BRI (022) + nomor rekening penerima.

Kode BRI untuk Pencairan Paypal

Salah satu aplikasi rekening virtual yang paling terkenal adalah Paypal. Popularitas Paypal sudah mendunia, bahkan bisa digunakan dalam melakukan pembayaran berbagai marketplace internasional. Untuk dapat mencairkan dana atau saldo paypal ke Bank BRI, selain nama dan nomor rekening penerima, juga diperlukan kode bank BRI.

Untuk mencairkan saldo paypal ke rekening BRI, maka akun rekening bank BRI kamu harus sudah terhubung dengan Paypal. Untuk menghubungkannya, kamu harus kamu isikan untuk menghubungkan rekening BRI kamu dengan Paypal adalah :

  1. Nama Bank (pilih PT. Bank Rakyat Indonesia, TBK.)
  2. Kode Bank. Masukkan 7 kode BRI: 0020307
  3. Nomor rekening BRI yang kamu miliki.
  4. Nama lengkap pemilik rekening (Harus sama persis dengan yang tertera di rekening BRI)

Pastikan semua data benar, karena jika ada kesalahan maka uang akan tertolak dan kamu bisa dikenakan biaya/denda atas penolakan tersebut. 7 kode tersebut adalah gabungan antara kode bank BRI (002) dan kode kliring BRI kantor pusat (0307).

Untuk keperluan kliring ke BRI cabang lain, maka setiap cabang memiliki 4 kode masing-masing yang berbeda satu sama lain. Tapi untuk pencairan saldo Paypal, kamu bisa menggunakan kode kliring BRI kantor pusat tersebut.

Setelah terhubung, kamu bisa mencairkan dana Paypal yang tersedia ke rekening Bank BRI milikmu. Minimal pencairan adalah US$ 10. Proses pencairan dana akan memakan waktu sekitar 2-4 hari.

Kode SWIFT untuk Transfer Internasional

Transaksi antar bank internasional dikenal dengan sebutan SWIFT (Society for Worldide Interbanking Financial Telecommuniation). Untuk kebetuhan transaksi internasional, maka setiap bank memerlukan kode SWIFT atau disebut juga dengan sebutan Bank Identifier Code (BIC).

Kode SWIFT setiap bank berbeda-beda, dan terdiri dari 7 kode alphanumerical. Untuk kode SWIFT BRI adalah : BRINIDJA. Sehingga, saat akan melakukan transaksi ke bank BRI dari jaringan keuangan internasional, akan diperlukan kode SWIFT Bank BRI (BRINIDJA) + nomor rekening BRI tujuan.

Top-up Menggunakan Rekening BRI

Nasabah BRI juga dapat melakukan top-up dana berbagai dompet digital atau aplikasi digital. Untuk melakukan top-up melalui rekening BRI, maka akan diperlukan kode perusahaan yang terdaftar di Bank BRI serta nomor rekening virtual akun setiap nasabah perusahaan tersebut.

Top-up Dana

Untuk melakukan Top-up Dana melalui bank BRI, maka diperlukan rekening virtual bank BRI yang diperlukan. Rekening tersebut terdiri dari:

nomor kode untuk perusahaan (88810)+nomor ponsel pemilik akun dana yang terdaftar.

Top-up Gopay

Salah satu dompet digital terbesar saat ini adalah Gopay dari perusahaan Go-jek. Untuk melakukan top-up saldo Gopay melalui rekening Bank BRI, diperlukan rekening virtual (BRIVA) dengan kombinasi:

Kode perusahaan gojek di BRI (301341)+nomor HP akun yang terdaftar pada aplikasi Gojek.

Top-up OVO

Bekerja sama dengan aplikasi transportasi online Grab, dan tergabung pada jaringan bisnis Lippo, OVO juga memiliki banyak pengguna setia. Namun sayangnya, nasabah bank BRI belum bisa melakukan top-up langsung melalui BRIVA karena OVO belum bekerja sama dengan Bank BRI.

Namun demikian, kalau kamu memiliki aplikasi grab, maka kamu bisa melakukan top-up dana e-wallet OVO melalui top-up OVO balance di Grab. Nomor rekening BRIVA untuk top-up Ovo Balance pada Grab adalah:

Kode perusahaan Grab di BRI (88099)+nomor HP yang terdaftar di Grab.

Top-up LinkAja

LinkAja adalah aplikasi e-money yang merupakan produk BUMN. Sebelumnya, LinkAja bernama T-Cash yang merupakan e-money dari perusahaan Telkomsel. Untuk top-up saldo LinkAja dapat dilakukan melalui BRIVA (BRI Virtual Akun) yang terdiri dari:

5 angka kode LinkAja di BRI (91188)+nomor ponsel pemilik akun yang terdaftar di LinkAja.

Itulah daftar kode BRI yang perlu diketahui untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, baik transfer antar bank atau pengisian dana dompet digital. Pastikan untuk memasukkan kode dan nomor rekening dengan seksama jangan sampai keliru, karena bisa menghambat proses transaksi yang diinginkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait