Apa itu Paypal, Kegunaan dan Cara Membuat Akunnya

apa itu paypal
apa itu paypal

Ajaib.co.id – Masih bingung dengan apa itu Paypal? Melalui ulasan ini, redaksi Ajaib akan menguraikan mengenai apa itu Paypal sampai kegunaannya. Oleh karenanya, ada baiknya kamu simak penjabaran berikut ini.

PayPal adalah sebuah layanan pembayaran atau juga bisa dikatakan layaknya rekening bank, untuk melakukan pembayaran, mengirim dan menerima uang tetapi secara elektronik atau non-cash.

Apa itu Paypal Secara Lengkap

Jika ini baru pertama kali bagi kamu mendengar istilah PayPal, wajar sekali apabila kamu bertanya-tanya apa itu PayPal dan apa kegunaannya. PayPal adalah sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang. Bila kamu mempunyai PayPal, maka kamu berasa seperti mempunyai rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima ragam dana dari orang yang mempunyai akun PayPal ataupun kartu kredit.

Adapun beberapa hal yang membuat PayPal begitu sangat disukai oleh penggunanya adalah, kamu dapat dengan mudah mengakses akun di manapun dan kapanpun, selain itu kamu bisa melakukan pembayaran dengan sumber dana baik dari kartu kredit, kartu debit ataupun rekening bank milik kamu.

Meskipun ini rtidak secara khusus ditujukan untuk para penjual online, namun PayPal mempermudah pengelola toko yang melakukan bisnis online, orang atau penjual jasa dan lain-lain untuk menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka yakni menggunakan PayPal.

Selain manfaat itu, dengan PayPal kamu juga dapat mengirim uang ke pengguna akun PayPal lainnya dengan email yang kamu miliki untuk sebagai pengganti nomor rekening. Saat ini, PayPal sudah banyak digunakan oleh lebih dari 179 juta orang pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan juga 100 jenis mata uang di seluruh dunia.

Adapun sejarah pembayaran dengan metode PayPal ini diawali dari sebuah perusahaan keuangan yang bernama Confinity. Perusahaan keuangan ini yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada tahun 1998 lalu. Seca resmi, PayPal sudah mulai diluncurkan sebagai layanan sistem pembayaran baru di tahun 1999 yang didanai oleh seorang pengusahan bernama John Malloy dari BlueRun Ventures. Setelah setahun kemudian perusahaan berjalan, maka pada bulan Maret 2000, Confinity bergabung dengan X.com yang merupakan perusahaan milik pengusaha kendaraan listril Tesla, Elon Musk.

Pada saat bulan Juni tahun 2000, PayPal terus berupaya dan melakukan banyak hal dalam rangka melakukan pengembangkan diri dengan memperkenalkan raga bentuk dan juga tipe akun baru untuk pengguna PayPal yang diperuntukkan bagi pengguna bisnis. Beragam jenis akun ini terkhusus bagi seorang pengguna yang membukukan volume dengan transaksi tinggi dan juga dengan biaya fee untuk setiap transaksinya. Tepatnya pada akhir tahun 2001, lebih dari seperlima dari 12,8 juta akun PayPal sudah menjalani upgrade ke tipe akun bisnis.

Perusahaan sembari terus menapaki rencana perluasan bisnisnya yang semakin menjanjikan dengan prospek user semakin tinggi, Elon Musk dan juga para jajaran tinggi di perusahaan kemudian melakukan pengubahan nama perusahaan dari yang awalnya haya PayPal saja menjadi PayPal Inc. Perusahaan keuangan ini juga secara resmi mulai menginjak kaki di lantai bursa saham Wall Street pada tahun 2002 dengan nilai jugal saham per lembarnya adalah 13 dollar AS per lembar saham. Perusahaan juga berhasil dalam mengumpulkan investasi sebesar 61 juta dollar AS atas sahamnya.

Tidak perlu meunggu lama, setelah perusahaan IPO, PayPal secara langsung dilamar oleh perusahaan penjualan online terkemuka eBay pada bulan Juli 2002 dengan kesepakatan awal sebesar 1,5 miliar dollar AS. Saat ini ada lebih dari 70% persen lapak atau penjual online di eBay menggunakan jasa PayPal sebagai alat pembayaran transaksi perdagangann atau jual belinya..

Setelah menjelaskan apa itu PayPal, mungkin kamu cukup bingung bagaimana melakukan pengaplikasian penggunaan PayPal atau apa saja keuntungan dari PayPal. Nah, bagi penjual, PayPal merupakan sebuah alternative pembayaran dari pelanggan yang mana ini dapat ditambahkan ke halaman situs market place yang kamu pilih.

Dengan menggunakan pembayaran PayPal, ketika kamu menggunakan pembayaran melalui kartu kredit, kamu tak perlu khawatir karena transaksinya dipastikan dilakukan secara aman tanpa kamu harus melewati proses pengajuan merchant ke bank lokal. PayPal akan melakukan verifikasi sendiri dengan mengajukan detai data kamu untuk melindungi kamu dari serangan maleware.

PayPal juga sangat bermanfaat tidak hanya pada pembeli, namun juga kepada penjual. Dengan kamu menjadi seorang member dari PayPal atau menggunakan alat pembayaran dengan sumber dana PayPal, maka ini akan lebih fleksibel atau memudahkan, dimana ini bisa dari rekening bank, kartu kredit ataupun dari kartu debit kamu.

Dengan menjadi alat pembayaran yang aman di eBay dengan jutaan merchant di internet, bagi kamu nasabah perorangan penggunaan PayPal akan menjadi sebuah alat pengiriman uang ke teman kamu, keluarga kamu dan juga kerabat dekat kamu di belahan bumi manapun. Selanjutnya PayPal juga bisa menjadi sebuah alat penghimpun dana, misalnya dalam melakukan kegiatan amal atau pendanaan yang bersiat sosial.

Adapun cara membuat akun PayPal, tidak sulit. Dalam membuat akun PayPal, maka kamu harus memenuhi beberapa syarat wajib, seperti misalnya kamu mempunyai alamat email yang valid dan bisa diakses, selanjutnya kamu harus memiliki kartu identitas, dalam rangka untuk melakukan persiapan apabila kamu diminta untuk melakukan verifikasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai PayPal, untuk melihat dan membaca artikel menarik lainnya kamu bisa mengunjungi situs Ajaib. Kamu juga bisa belajar banyak hal soal investasi. Untuk lebih mudah, aplikasi Ajaib bisa ditemukan di App Store dan Google Play Store, selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait