Ketahui Yuk Contoh Soal Psikotes dalam Seleksi Kerja

contoh soal psikotes
contoh soal psikotes

Takut gagal saat menghadapi soal tes psikotes? Biar kamu makin percaya diri dan tak gagal mengerjakannya, ada baiknya kamu intip tujuh contoh soal psikotes berikut

Tes psikotes wajib dilalui oleh para calon pekerja yang ingin berkarir di sebuah perusahaan, tahapan psikotes umumnya akan dijumpai ketika kamu telah mengirim CV atau lamaran kerja ke bagian departemen HRD, dan lolos untuk tahap selanjutnya, yaitu tes psikotes dan interview HRD.

Seperti diketahui, banyaknya tahapan proses rekrutmen yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Ternyata, tes psikotes dianggap sebagai momok paling menakutkan yang membuat kamu gagal lolos ke tahap berikutnya.

Soal tes psikotes yang kamu kerjakan tentu saja beragam dari soal matematika, kemampuan verbal, logika aritmatika, dan lain-lain. Yang mana, untuk bisa diterima di perusahaan impian kamu, mau tidak mau kamu harus bisa melewati tes untuk mengetahui kemampuan kamu.

Nah berikut ini Ajaib punya contoh soal tes psikotes yang sudah disiapkan buat kamu, biar kamu memiliki peluang untuk lolos seleksi kerja ke tahap berikutnya.

Soal Tes Psikotes Menggambar Pohon atau Orang

Saat menjawab soal psikotes, kamu biasanya disuruh untuk menggambar pohon atau orang, dan kamu diminta untuk mendeskripsikan apa yang kamu gambar tersebut. Tes ini untuk mengetahui karakter dan kepribadian kamu.

Soal Tes Psikologi untuk Kemampuan Verbal

Kalo contoh soal tes psikotes yang satu ini, kamu akan disuruh untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda. Yang mana, pertanyaan soal untuk tes psikotes jenis ini, yaitu seputar anonim dan sinonim kata, misalnya:

Insomnia = …….

A. Tidak bisa tidur

B. Mudah tidur

C. Cemas

D. Sedih

Jawaban benar dari soal tes psikotes ini adalah a. Tidak bisa tidur

Soal Tes Psikotes untuk Logika Aritmatika

Pertanyaan seputar soal psikotes ini berhubungan dengan matematika, misalnya:

2,4,6,8,…

A. 10

B. 3

C. 5

D. 7

Jawaban yang benar adalah a.10, karena deretan angka tersebut setiap angka + 2.

Soal Tes Psikotes Wartegg

Jenis soal psikotes lainnya yang perlu kamu kerjakan, yaitu melanjutkan gambar yang ada, dimana terdapat 8 urutan gambar, kamu hanya perlu melanjutkan gambar dari masing-masing gambar tersebut. Urutan 1-8 dimulai dari kiri ke kanan, jangan memulai kotak nomor 5 ya untuk kaum adam! Karena penguji menilai bahwa kamu punya kelainan seksual.

Tes Psikotes Logika Deretan Gambar

Tes berupa gambar yang berderet atau berurutan dalam 3 dimensi atau 2 dimensi, dimana kamu perlu menjawabnya dan perhatikan dengan benar pola-polar gambarnya seperti penempatan titik dan perpindahan warna. Kunci dari menjawab soal psikotes ini adalah kosentrasi.

Tes Psikotes Pauli (Koran)

Kamu akan menghitung barisan angka dari bawah keatas, biasanya penguji akan memberikan batasan waktu pengerjaan untuk setiap baris. Dalam pengerjaan tes ini, kamu membutuhkan konsistensi, yaitu kecepatan tempo pengerjaan.

Tes Psikotes EPPS

Untuk tes ini, usahakanlah kamu menjawabnya dengan jujur. Mengapa? Karena jika kamu berbohong pasti juga akan diketahui oleh penguji melalui tes ini yang berisikan banyak pertanyaan yang diulang-ulang.

Tes ini dilakukan untuk mengetahui, apakah kamu cocok untuk mengisi posisi yang dilamar, dan juga cocok dengan budaya kerja di perusahaan tersebut.

Itulah tujuh jenis soal psikotes yang biasa menjadi momok menakutkan bagi calon pekerja saat mengerjakan ujian psikotes saat proses lamaran kerja di perusahaan, tetapi setelah kamu membaca artikel ini, apakah kamu masih takut untuk menghadapi soal tes psikotes tersebut?

Sebenarnya, dalam mengerjakan tes psikotes tidak ada yang salah dan benar, melainkan hanya untuk mengetahui apakah kamu layak untuk mengisi posisi yang kamu lamar tersebut atau tidak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait