Asuransi & BPJS

Kenali 7 Fakta Asuransi Daring Ini Sebelum Ikut-ikutan

Ajaib.co.id – Ada paling tidak 7 fakta asuransi daring yang harus Anda pahami sebelum memutuskan memilihnya. Asuransi daring atau online merupakan produk jaminan yang bisa dibeli lewat internet dan pemrosesan klaimnya pun bisa dilakukan secara daring atau online juga. Namun sebelum Anda ikut-ikutan memilihnya, ada beberapa hal yang harus Anda pahami dulu. 

Adanya asuransi atau jaminan daring seperti ini merupakan perkembangan dari produk jaminan yang dipengaruhi oleh kemajuan internet dan kemajuan sistem transaksi. Meskipun, jika dibandingkan dengan negara-negara maju, asuransi daring di Indonesia belum terlalu banyak. 

Efek Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah wajah berbagai bisnis selama satu dekade terakhir. Misalnya saja produk jaminan yang dulunya hanya bisa diakses secara konvensional, kini bisa dibeli secara online. Dalam hal ini asuransi menjadi salah satu produk yang kini bisa diakses secara online

Istilah yang umum digunakan untuk merujuk ke produk proteksi yang ditawarkan lewat kanal digital ialah jaminan daring. Sementara itu, beberapa produk jaminan yang kini sudah mulai ditawarkan secara online adalah jaminan mobil, rumah, kesehatan, perjalanan, dan jiwa.

Mengingat jalur distribusi online sangat berbeda dengan jalur yang konvensional seperti lewat agen, maka produk yang dijual pun sangat berbeda. Umumnya produk jaminan online menjadi lebih sederhana. Selain itu secara proses pun menjadi lebih mudah. 

Fakta Asuransi Daring yang Harus Diketahui

Tadi sudah sedikit disinggung bahwa ada cukup banyak perbedaan antara produk asuransi online dan konvensional. Tahu hal paling mendasar seperti ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Utamanya untuk Anda yang ingin mencoba memanfaatkan produk jaminan online

Calon pembeli harus proaktif

Dalam hal ini sikap proaktif untuk mencari informasi produk harus dilakukan. Tujuannya agar produk yang dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya tidak akan ada penjual yang menjelaskan secara aktif berkenaan dengan detail produk. 

Selain itu dalam proses pembelian, para calon pembeli juga harus melengkapi seluruh informasi dan data yang dibutuhkan. Umumnya nanti akan ada formulir yang harus diisi. Anda juga diharuskan untuk mengunggah beberapa dokumen yang dibutuhkan. 

Persyaratan lebih sederhana 

Asuransi daring juga mendorong penyedia untuk merancang produk dengan persyaratan yang lebih sederhana. Hal ini sesuai dengan karakter jalur distribusi online yang terbuka agar lebih bisa menjangkau banyak calon pembeli. 

Salah satu contoh persyaratan yang lebih sederhana untuk jaminan kesehatan dan jaminan jiwa daring adalah tidak adanya persyaratan untuk melakukan tes kesehatan. Meskipun demikian, Anda tetap harus mengisi formulir secara jujur. Jika tidak jujur, bisa menjadi bumerang di kemudian hari. Utamanya ketika Anda mengajukan klaim jaminan. 

Pada beberapa kasus, perusahaan sering menolak klaim nasabah karena dianggap tidak jujur saat mengisi formulir pendaftaran. Meskipun produk jaminan tersebut ditawarkan secara online, tetaplah produk dari industri asuransi yang didasari dengan niat baik atau utmost good faith.  

Manfaat lebih kecil

Sesuai dengan karakternya yang tidak memerlukan persyaratan yang rumit, maka produk jaminan online umumnya menawarkan manfaat yang lebih kecil jika dibandingkan dengan produk konvensional. 

Contohnya Anda bisa memiliki jaminan jiwa dengan uang pertanggungan atau UP hingga Rp5 miliar pada jaminan konvensional. Namun, pada asuransi online Anda bisa menemukan jaminan mikro yang menawarkan manfaat UP berkisar puluhan juta rupiah dengan membayar premi puluhan ribu rupiah per bulan. 

Premi asuransi daring lebih murah

Dikarenakan manfaat yang ditawarkan asuransi daring umumnya tidak sebesar produk konvensional, maka premi yang dibayar oleh para nasabah juga tidak sebesar premi produk konvensional. 

Sebenarnya premi lebih murah pada asuransi online ini mencerminkan efisiensi saat Anda memilih membeli produk secara digital. Dibandingkan proses yang normal melalui agen. 

Bantuan dalam bentuk digital

Meskipun asuransi online tidak melibatkan para agen pemasar, bukan berarti para nasabah tidak bisa mendapatkan informasi tambahan selain yang sudah tertera pada website maupun brosur. 

Nah, untuk membantu para nasabah asuransi online, perusahaan jaminan pun tetap menyediakan call center yang siap membantu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para nasabah. Call center pada jaminan online biasanya berbentuk chat box yang akan muncul setelah Anda berkunjung ke website jaminan. 

Selain itu, bantuan lain yang bisa dimanfaatkan oleh para calon nasabah asuransi digital adalah kalkulator simulasi produk. Kalkulator ini berguna untuk menghitung nilai manfaat UP dan premi yang perlu dibayarkan. Dengan demikian, Anda bisa membandingkan antara produk satu dengan produk lainnya secara lebih mudah. 

Ada program reward untuk menjaga loyalitas

Seperti halnya produk-produk lain yang juga ditawarkan lewat aplikasi, pada asuransi online juga memiliki program membership, reward, dan point. Nah, reward dan point ini bisa Anda tukar untuk membeli barang di merchant tertentu. 

Proses mudah dan lebih cepat

Fakta lain yang paling terlihat dari asuransi online adalah waktu pemrosesan yang lebih cepat. Hal ini bisa terjadi karena baik proses pembelian maupun proses klaim dilakukan secara online

Dengan demikian, para calon nasabah tidak perlu mencetak formulir dan mengirim dokumen hardcopy ke perusahaan jaminan pada saat ingin membeli produk. Hal yang sama juga berlaku pada saat Anda sudah menjadi nasabah. Anda tidak perlu lagi mengisi dan mengirim dokumen hardcopy pada saat ingin mengajukan klaim. 

Itulah beberapa fakta menarik dari asuransi online yang harus Anda ketahui. Dan jika melihat potensi ke depannya, keberadaan asuransi daring secara perlahan akan menggantikan asuransi konvensional. 

Artikel Terkait