Bisnis & Kerja Sampingan

Karakter Konsumen Beragam, Begini Cara Melayaninya

Ajaib.co.id – Karakter konsumen sudah pasti berbeda-beda. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan mengenali apa saja macam-macam karakter konsumen serta bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Bantulah mereka ketika berada dalam kesulitan dan tanyakan apa keperluan dan yang mereka cari dari bisnismu. Konsumen adalah raja, jadi selalu utamakan mereka.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Konsumen Secara Psikologis

Untuk dapat mengambil hati konsumen, pelaku usaha perlu melakukan sejumlah tindakan. Semuanya perlu perencanaan matang dan mendalam, termasuk mengaitkan produkmu pada  karakter konsumen tertentu, lalu memasarkannya secara tepat.

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi konsumen adalah stimulus strategi pemasaran. Strategi stimulus ini akan didasarkan pada cara pendistribusian produk atau jasa ke konsumen. Biasanya, hal ini akan ditunjukkan melalui plang-plang atau pun tanda-tanda. Misalnya, kamu tengah merencanakan strategi pemasaran produk kosmetik, maka pasanglah baliho atau sejenisnya di sekitar pasar yang kamu tuju. Niscaya mereka akan merasa tergerak dengan hal tersebut.

Faktor selanjutnya adalah lingkungan. Karakter konsumen bisa dikategorikan berdasarkan lingkungannya. Lingkungan di sini berarti merujuk pada pola perilaku konsumen di lingkungan tersebut. Misalnya, lingkungan tertentu adalah kawasan elit maka konsumen akan cenderung memilih barang atau produk-produk yang bermerek serta dengan harga jual tinggi. Sedangkan lingkungan yang sederhana berbeda lagi kebutuhannya, mungkin mereka sudah cukup hanya belanja bahan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, tentukan pula lingkungan tempatmu menjual produkmu.

Macam Karakter Konsumen

Konsumen Perorangan

Konsumen perorangan adalah konsumen yang membeli produkmu secara mandiri. Ia biasanya berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari atau jika tidak, ia menggunakan jasa yang kamu jual.

Konsumen Kelompok

Konsumen jenis ini biasanya membeli barang untuk keperluan kantor atau organisasi yang ia jalankan. 

Konsumen Potensial Atau Berpotensi

Konsumen potensial adalah konsumen yang memiliki kecenderungan mirip dengan konsumen dari bisnis yang kamu jalankan. Konsumen potensial adalah konsumen yang harus kamu sasar. Karakter dari konsumen jenis ini adalah mereka belum membeli produk yang kamu jual tetapi konsumen jenis ini sudah menaruh ketertarikan pada produk yang kamu jual atau yang kamu tawarkan. Cara menarik perhatiannya adalah dengan menawarkan produk yang mereka cari dan butuhkan.

Konsumen Baru Atau Pemula

Konsumen baru adalah konsumen yang benar-benar baru dan belum mengenal sama sekali produk yang kamu tawarkan. Cara menarik konsumen jenis ini adalah dengan menawarkan diskon maupun promo agar mereka tertarik membeli produkmu.

Konsumen Gemar Diskon

Konsumen diskon adalah konsumen dengan karakter musiman. Ia datang jika produk yang kamu jual menawarkan diskon besar-besaran. Cara menarik konsumen jenis ini adalah dengan memberikan harga spesial hingga diskon member.

Konsumen Hemat

Konsumen jenis ini adalah konsumen yang menggemari sesuatu barang dengan harga ekonomis. Maka tariklah perhatian konsumen jenis ini dengan harga murah dan banyak keuntungan.

Konsumen Loyal Atau Setia

Konsumen loyal adalah konsumen setia yang tidak akan meninggalkanmu. Mereka yakin dengan produkmu dan percaya dengan kualitasnya. Konsumen jenis ini bisa kamu tarik perhatiannya dengan cara memberinya tawaran untuk menjadi member atau anggota. Tentunya dengan dijanjikan keuntungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan nonmember.

Cara Melayani Konsumen dengan Baik

Meski jenis konsumen ada bermacam-macam, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk melayani semua jenis konsumen. Pada umumnya, konsumen akan senang jika ditanya kebutuhannya atau apa yang tengah mereka cari. Tunjukkanlah informasi atau produk yang dicari dengan sabar.

Layani konsumen dengan bahasa yang baik dan sopan dan perlakukan mereka layaknya raja. Bantulah konsumen sebisa mungkin, jika perlu carikan bantuan dari pihak lain untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jangan lupakan senyum yang ramah agar konsumen semakin tertarik untuk tahu lebih lanjut mengenai produkmu. Selain itu, konsumen juga tak pernah lepas dari keluhan atau komplain. Tanganilah segala keluhan mereka dengan baik beserta solusi yang tepat.

Setelah pelayanan yang baik, selanjutnya adalah menjaga loyalitas konsumen, dengan cara:

Tingkatkan Pelayanan dengan Lebih Baik

Agar loyalitas pelanggan meningkat, kamu perlu melatih karyawanmu untuk meningkatkan pelayanannya. Dengan meningkatkan pelayanan, maka konsumen akan tertarik melihat produkmu dan tertarik untuk membelinya.

Tingkatkan Kualitas Produk

Produk akan memiliki nilai jual tinggi bila memiliki kualitas. Oleh karena itu, jaga selalu dan tingkatkan kualitas produkmu ya. Hal ini akan menjaga pelanggan tetap bertahan dengan produkmu. Kamu bisa meningkatkan kualitas produkmu dengan membuat varian baru atau jenis baru dari produk yang kamu jual.

Buatlah Acara yang Menarik Konsumen

Buatlah acara yang menarik bagi konsumen. Kamu bisa mengadakan bazar, talkshow, maupun kegiatan menarik lainnya. Jangan lupa untuk menghadirkan bintang tamu untuk menarik konsumen menghadiri acara yang menawarkan produkmu. 

Kirimi email maupun pesan pribadi

Kamu bisa mengirimkan pesan personal atau pribadi kepada konsumen yang kamu tuju. Pesan tersebut berisi tawaran menarik berupa diskon khusus, keuntungan menjadi member, dan sebagainya.

Maksimalkan Pemasaran Online

Kamu bisa menarik perhatian konsumen yang kamu tuju dengan memaksimalkan pemasaran online atau penjualan secara online. Kamu bisa membuat rubrik-rubrik yang bermanfaat untuk dibaca oleh sasaran konsumenmu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan media sosial atau membuat konten di YouTube. Buat konten sekreatif mungkin misalnya dengan film pendek inspiratif dan iklan-iklan kreatif. 

Lakukan Survei Loyalitas Pelanggan

Ajaklah pelanggan yang sudah menjadi membermu. Lakukan survei singkat untuk mengukur kepuasannya. Agar menarik, kamu bisa memberikan souvenir untuk dibagikan kepada para peserta survei. 

Membuat Giveaway

Kamu yang melakukan promosi di media sosial bisa membuat kuis maupun memberikan giveaway. Cara ini akan menarik konsumen setiamu hingga konsumen potensialmu. Giveaway bisa berupa bingkisan produkmu ataupun souvenir menarik lainnya. 

Buat Jajak Pendapat Atau Survei di Media Sosial

Jajak Pendapat ini berfungsi untuk memberikan pilihan kepada konsumen, manakah produk yang lebih mereka sukai. Ajak pula konsumen untuk memberikan saran untuk pengembangan produkmu. 

Itu tadi bahasan tentang karakter-karakter konsumen dan bagaimana cara melayani konsumen dengan baik. Konsumen memang memiliki karakter yang berbeda-beda maka dari itu pahamilah mereka dan berikan yang mereka butuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

———————————————————————————————

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait