Bisnis & Kerja Sampingan

Inspirasi Bisnis Artis Sukses yang Memotivasi Pengusaha Pemula

Sumber: Twitter @RealGeprekBensu

Ajaib.co.id – Artis Indonesia yang berbisnis cukup banyak. Mereka terjun ke dunia bisnis bukan tanpa alasan. Mereka memang mendapatkan penghasilan dari pekerjaan di dunia hiburan cukup banyak, tapi job itu tidak selalu ada, sehingga mereka memutar otak agar tetap bisa menghasilkan uang ketika sedang tidak ada job. Bisnis artis di bawah ini contoh hasil kerja keras mereka yang ditekuni secara serius.

Rata-rata dari mereka awalnya tidak tahu cara berbisnis, tapi karena niat yang besar, mereka pun belajar dari nol dan mempraktekannya dengan terjun langsung.

Bisnis artis ini terdapat di berbagai macam bidang. Ada yang berbisnis di bidang kuliner, properti, ada yang investasi saham dan forex, serta yang lainnya. Di antara mereka ada yang pernah mengalami kegagalan dan tidak melanjutkan bisnisnya. Ada yang gagal, lalu bangkit lagi sampai bisnisnya menjadi besar hingga sekarang.

Bisnis artis di bawah ini bisa menjadi inspirasi untukmu yang ingin membangun bisnis sendiri dari nol.

Inul Vizta

Inul Vizta merupakan bisnis artis yang dimiliki oleh Inul Daratista. Inul dikenal sebagai penyanyi dangdut dengan goyangannya yang khas. Tidak hanya bernyanyi, ternyata ia juga cukup mahir berbisnis. Sebagian besar pendapatnya bisa dikatakan berasal dari bisnis ini. 

Inul Vizta merupakan bisnis karaoke keluarga yang sudah Inul jalankan selama bertahun-tahun. Karaokenya sangat terkenal dan sudah memiliki 125 cabang di seluruh Indonesia. Tentu  hal itu adalah prestasi bisnis yang membanggakan. Kamu juga pasti akan senang memiliki bisnis dengan banyak cabang karena dengan begitu pemasukan yang kamu dapatkan akan selalu melimpah.

Inul sangat cocok mendirikan bisnis karaoke karena ia sendiri adalah seorang penyanyi, dan tahu bagaimana bisnis karaoke bekerja. Orang Indonesia juga ternyata cukup senang berkaraoke, terutama bareng teman dan keluarga.

Malesbanget.com

Malesbanget.com merupakan start up unik yang dimiliki oleh Christian Sugiono. Ia jarang terlihat di layar kaca karena sibuk mengurusi kerajaan bisnisnya. Sebenarnya Christian Sugiono juga melakukan bisnis lainnya, dan Malesbanget.com adalah salah satunya.

Situs tersebut menyediakan segala informasi dan konten yang menarik, dan isinya menghibur karena akan mampu membuatmu tertawa. Malesbanget.com dikenal memiliki konten yang kekinian dan kocak. Tidak mengherankan jika anak-anak muda menyukainya. Perusahaan ini juga mendapat dana suntikan dari banyak investor karena konsepnya yang unik dan memiliki penggemar setia. 

Bisnis start up seperti ini juga bisa kamu bangun dari awal, asalkan kamu punya konsep yang unik dan jelas. Lalu kamu coba mencari investor dengan mengikuti banyak seminar.

Winona Residence

Winona Residence merupakan bisnis artis Nikita Willy. Tidak hanya pandai berakting, ia juga ternyata masuk ke dunia properti yang tantangannya cukup besar. Hasil dari kerja kerasnya selama ini ia kumpulkan untuk membangun sebuah cluster perumahan. Cluster tersebut pun dibangun tidak main-main karena melibatkan arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung.

Tidak hanya itu. Nikita Willy juga memilih bahan bangunan berkualitas yang digunakan untuk mendirikan cluster-nya. Hasilnya, cluster tersebut bisa terjual sesuai dengan target, dan ia mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Memang untuk melakukan bisnis properti ini membutuhkan modal yang begitu banyak, dan keseriusan untuk menjaga kualitas bangunannya.

Resor Nusa Dua Bali

Resor ini dimiliki oleh Raffi Ahmad yang sebenarnya memiliki bisnis lain juga yang mendatangkan cuan untuknya. Ia memang dikenal memiliki berbagai macam bisnis dan sukses menjalankannya dengan baik. Hal itu karena Raffi Ahmad yang memantau bisnisnya secara rutin. Selain sibuk tampil di layar kaca, ia juga mengelola bisnis resor yang punya keindahan tersendiri di Bali.

Kenapa Raffi Ahmad memilih Bali karena Pulau Dewata sejak dulu memang dikenal sebagai lokasi wisata yang tidak hanya menarik minat wisatawan domestik, tapi wisatawan asing juga banyak yang berkunjung. Jadi, pemilihan resor sudah sangat tepat di Bali. Ia tidak ragu menggelontorkan modal miliaran rupiah untuk mendirikan resor yang membawa pemasukan melimpah padanya.

Aurelloly Cosmetics

Tidak hanya endorse Instagram, Aurel Hermansyah merupakan sosok anak muda yang pintar berbisnis. Hal ini terbukti dengan bisnis kosmetiknya yang ada sejak tahun 2017. Aurel yang sangat melek soal kosmetik, memilih membuka bisnis tersebut karena cukup tahu kosmetik apa saja yang biasanya dipilih oleh kawula muda. Inilah yang bisa memberikanmu inspirasi bahwa kamu perlu menjalankan bisnis yang kamu sukai atau minimal kamu kenali.

Kosmetik yang ia produksi bermacam-macam. Ada lipcream, produk yang paling diminati oleh pelanggan. Lalu, pensil alis, blush, dan body mist. Ia menjual produk-produk tersebut melalui toko online sehingga mudah dijangkau para pembeli. Memang kehadiran toko online saat ini cukup membantu penjualan kosmetik yang saat dulu hanya bisa dilakukan di toko saja.

Tidak hanya Aurel, Ashanty juga punya merk kosmetik sendiri. Ibu dan anak ini memang sering melakukan bisnis bersama-sama. Kedua bisnisnya pun sukses besar.

Geprek Bensu

Meski sekarang tengah bermasalah, tidak bisa dipungkiri bahwa Geprek Bensu merupakan bisnis kuliner artis Ruben Onsu yang cukup sukses. Geprek Bensu memiliki target pasar menengah ke bawah. Kedainya pun ada di tempat-tempat strategis seperti di kawasan kampus, perumahan, bukan di lokasi di tengah kota. Target pasarnya pun sudah tepat. Belum lagi kamu juga bisa memesannya via ojek online dan hal itu lebih memudahkanmu untuk membeli tanpa harus ke kedainya lebih dulu.

Artikel Terkait