Jurus Jitu Berinvestasi di Reksa Dana bagi Para Investor Pemula

Tak kenal maka tak sayang. Peribahasa ini bisa mempengaruhi minat seseorang, terutama dalam hal berinvestasi. Banyak orang tahu manfaat investasi namun tetap ragu untuk memulainya. Hal ini karena mereka tidak punya bekal yang cukup alih-alih jurus jitu berinvestasi agar mendapatkan untung.

Mungkin kamu banyak membaca kisah insipirasional mengenai orang yang sukses dalam dunia investasi karena keberuntungannya. Namun hal ini sebenarnya tidak akan terwujud jika tidak punya pengetahuan yang memadai sehingga bisa membuat keputusan investasi yang tepat.

Cara terbaik untuk menjadi investor handal adalah pengalaman dan niat untuk terus belajar. Bisa dengan mengambil kursus investasi atau khusus belajar untuk hal tersebut. Menjadi investor adalah soal data dan perhitungan sehingga kamu bisa terus mengikuti fluktuasi pasarnya.

Untuk berbagai jenis instrumen investasi yang berbeda maka tentunya kamu butuh pendekatan yang berbeda. Investasi di era sekarang bisa dilakukan dengan banyak model dan bentuk, bisa berupa pendanaan dalam bentuk uang, emas, ataupun reksa dana.

Misalnya kamu berinvestasi pada emas batangan maka tidak perlu banyak pusing karena harganya relatif stabil. Sedangkan jika berinvestasu pada saham maka kamu harus terus mengawasi naik turunnya harga saham tersebut.

Setiap jenis investasi menawarkan peluang keuntungan yang berbeda. Namun hal ini sebanding dengan risiko yang harus diambil pula. Berbeda jenis produk investasinya perlu jurus jitus berinvestasi yang berbeda pula.

Panduan Jurus Jitu Berinvestasi Reksa Dana

Untuk punya hubungan jangka panjang, kita harus punya impresi yang positif. Demikian pula dalam soal berinvestasi. Bagaimana kita bisa optimis untuk menanamkan uang kita jika sejak awal sudah pesimis dan belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan alasan ini lah maka investasi reksa dana adalah solusi sempurna untuk pemula. Produk investasi ini cocok untuk langkah awalmu dalam dunia investasi. Kamu bisa mendapatkan kentungan secara perlahan namun pasti dengan jenis investasi ini.

Kelebihan lainnya adalah investasimu akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman maupun memiliki pengetahuan akan hal tersebut dengan baik. Mereka akan membantu investor untuk mengelola uang yang disimpan di bank kustodian untuk dikembangkan dengan hasil terbaik.

Untuk diketahui, investasi yang kamu miliki nantinya akan diurus dan dicatat oleh bank kustodian yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian maka investasi yang kamu lakukan aman dan legal adanya.

Sembari menikmati hasil investasi reksa dana milikmu kamu bisa terus menambah pengetahuan akan investasi lainnya. Apalagi jika kamu terus membuka kemungkinan untuk menambah portofolio investasimu di kemudian hari. Kamu bisa terus belajar dengan mengobservasi berbagai langkah yang dilakukan oleh manajer investasimu.

Seperti diketahui, reksa dana merupakan wadah yang digunakan masyarakat untuk berinvestasi di pasar keuangan. Kegiatan investasi dengan membeli reksa dana sudah diatur dalam peraturan Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi kamu tidak perlu khawatir berinvestasi karena produk investasi ini sudah terdata di pemerintah dan beroperasi secara resmi.

Jika sudah memahami, kamu harus mengetahui tujuan berinvestasi yang akan kamu lakukan. Apakah tujuan tersebut untuk jangka waktu pendek atau panjang? Sebenarnya, karena reksa dana ini bersifat sangat luas, jadi kamu harus fokus untuk mempersempit ruang geraknya.

Bila kamu sudah mantap untuk berinvestasi di reksa dana, maka selanjutnya harus menentukan pemilihan produk keuangan. Tentunya, harus melihat juga bagaimana kondisi keuangan yang ada di saku kamu.

Jika kamu ingin untung yang lebih tinggi maka potensi risiko yang harus dihadapi pun akan semakin tinggi. Keberanian dan pertimbangan yang kamu buat sebelum mengambil keputusan sangat menentukan imbal hasil akhir dari investasi, apakah akan berujung pada kerugian atau keuntungan.

Langkah selanjutnya dalam jurus jitu berinvestasi di reksa dana adalah, memilih produk dengan mempelajari rekam jejak serta keuntungan yang dihasilkan selama 3 tahun terakhir. Selain itu cari tahu juga bagaimana tanggapan nasabahnya, apakah mereka merasa puas?

Hal-hal seperti ini bisa menjadi acuan dan juga pembelajaran untuk kamu, yang memang bingung atau belum tahu harus memilih berinvestasi di reksa dana yang seperti apa dan di mana. Kamu bisa menentukan akan berinvestasi melalui produk keuangan bank ataupun non bank. Bahkan membeli produk investasi sekarang sudah bisa dilakukan secara online (daring).

Sebagai gambaran, agar kamu lebih mengerti mengenai reksa dana, kamu harus melakukan sebuah simulasi. Misalnya, kamu punya uang sebanyak Rp1 juta dan ingin menggunakannya sebagai modal dengan nilai ambang batas (NAB) per UP (Unit Pernyataan) 1.000, maka kamu akan mendapatkan: Rp1 juta/1.000= 1.000 UP.

Nantinya, setelah lima bulan, ternyata NAB per UP dari investasi yang kamu lakukan bisa naik menjadi 2.000. Apabila kamu ingin menjual seluruh UP, maka sudah dipastikan bakal untung besar.

Begini perhitungannya:

2.000 (perubahan UP) x 1.000 (Nilai Ambang Batas dari UP awal) = Rp2 juta (hasil dari perubahan UP)

Rp2 juta (hasil dari perubahan Unit Pernyataan) x Rp1 juta (modal) = surplus (+) Rp1 juta Dengan simulasi rincian di atas, apakah kamu sudah siap berinvestasi? Walau termasuk dalam kategori investor pemula, kamu tetap bisa percaya diri untuk mulai berinvestasi.

Tidak ada alasan untuk takut dan ragu berinvestasi melalui instrumen keuangan. Jangan biarkan uang kamu idle (menganggur) padahal bisa dikembangkan dengan baik dan meraup keuntungan lebih. Kamu bisa membeli reksa dana lewat agen penjual investasi salah satunya Ajaib. Bahkan Ajaib memberikan kemudahan dengan berinvestasi mulai dari Rp 10.000, hal yang tidak ditemui di agen lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait