Bisnis & Kerja Sampingan

Mengenal Jenis Perdagangan Internasional Adalah Hal Penting!

perdagangan internasional adalah

Perdagangan internasional adalah perdagangan antar warga dari suatu negara dengan warga negara lain. Hal ini dilakukan atas kesepakatan dari setiap negara tersebut. Kesepakatan dalam perdagangan internasional dapat bersifat perorangan, kelompok, dan individu.

Transaksi yang dilakukan perdagangan internasional bisa memberikan dampak positif bagi perekenomian negara. Di mana, tingkay perdagangan internasional yang dilakukan individu atau kelompok individu negara juga menjadi indikator pertumbuhan ekonomi yang bersangkutan juga salah satu penyebab inflasi suatu negara.

Terjadinya perdagangan ini menjadi salah satu bentuk dan sifat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin bertambahnya penduduk dan meningkatnya persaingan bisa membuat banyak orang memilih untuk melakukan perdagangan internasional.

Fungsi Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan dari setiap negara, dan mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan pendapatan negara. Umumnya, pengusaha mengincar perdagangan internasional yang bergerak di industri digital, seperti online atau e-commerce.

Rincian bisnis dari perdagangan internasional adalah:

  • Ekspor
  • Impor
  • CurrencyI
  • nternational freight forwarding
  • Pajak internasional

Jenis-jenis Perdagangan Internasional

Setelah mengetahui penjelasan mengenai perdagangan internasional, kamu juga harus memahami jenis-jenisnya. Jenis-jenis perdagangan internasional adalah

a. Ekspor

Ekspor merupakan kegiatan untuk menjual barang ke luar negeri. Misalnya, Indonesia mengekspor pakaian ke Amerika Serikat.

Artinya, Indonesia menjadi negara yang telah melakukan penjualan atau perdagangan pakaian. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan ekspor, yaitu Ekspor Biasa dan Ekspor Tanpa L/C.

Perbedaan dari kedua cara tersebut adalah penggunaan letter of credit (L/C) sebagai alat pembayarannya.

Ekspor Biasa merupakan proses penjualan barang ke luar negeri dengan ketentuan yang berlaku, kemudian diarahkan ke pembeli menggunakan L/C.

Sementara itu, Ekspor Tanpa L/C akan terjadi jika adanya izin khusus yang diberikan oleh Departemen Perdagangan.

b. Impor

Merupakan kegiatan pembelian barang dari luar negeri. Mengimpor barang sendiri adalah kebalikan dari ekspor. Misalnya, Amerika Serikat membeli pakaian dari Indonesia, maka Amerika Serikat telah melakukan kegiatan impor pakaian.

c. Barter

Transaksi dengan cara menukar barang satu sama lain. Barter dilakukan dengan menentukan nilai barangnya terlebih dahulu. Kemudian, dibayar kembali dengan barang yang nilainya sesuai dan telah disepakati.

d. Consignment

Jika kamu mengetahui, bahwa ada brand yang menitipkan bajunya untuk dijual di berbagai distro, maka hal itu adalah consignment.

Dalam lingkungan internasional, barang-barang yang ingin dijual dan dititipkan di pasar internasional, harus menunggu adanya pembeli. Penjualan tersebut bisa dilakukan melalui pasar bebas atau pun bursa dagang dengan sistem lelang.

e. Package Deal

Package Deal merupakan perdagangan internasional yang bertujuan untuk memperluas pasar dari suatu produk. Sistem ini dilakukan dengan membuat perjanjian dagang antara suatu negara.

Isi dari perjanjian dagang adalah jumlah barang yang ingin diekspor atau diimpor ke negara lain.

f. Border Crossing

Border Crossing merupakan perdagangan yang terjadi antara negara yang berbatasan dengan perjanjian tertentu. Tujuan dari jenis perdagangan ini adalah memudahkan penduduk di negara perbatasan agar mudah ketika berbelanja. Ada dua cara yang bisa dilakukan dari border crossing, yaitu sea border crossing dan overland border crossing.

Bentuk Perdagangan Internasional

Selain memiliki beberapa jenis, perdagangan internasional juga memiliki bentuk yang berbeda, seperti:

Bilateral

Jenis dagang yang dilakukan oleh dua negara.

Regional

Jenis dagang yang dilakukan oleh negara-negara yang berada di ruang lingkup tertentu, seperti ASEAN dan Uni Eropa.

Multilateral

Jenis dagang antar negara tanpa dibatasi oleh ruang lingkup kawasan tertentu.

Teori Perdagangan Internasional

Ada beberapa penyebab terjadinya perdagangan internasional. Di bawah ini adalah teori perdagangan internasional menurut ahlinya.

1. Teori Keunggulan Mutlak dari Adam Smith

Teori ini adalah teori perdagangan internasional paling dikenal. Di mana, dalam teori ini Adam Smith menyatakan bahwa keuntungan mutlak adalah keuntungan yang didapatkan negara karena berhasil membuat biaya produksi barang dengan harga lebih murah dari negara lainnya. Jika biaya produksi antar negara tidak berbeda, perdagangan internasional tidak bisa dilangsungkan.

2. Teori Keunggulan Komparatif dari David Ricardo

Teori ini dikeluarkan pada tahun 1817 dan lebih melihat kepada keuntungan dan kerugian perdagangan internasional dengan perbandingan relatif. Hingga saat ini, keunggulan komparatif menjadi dasar dalam pelaksanaan perdagangan internasional. Pada teori ini, David mengatakan bahwa sebuah negara tidak memiliki keunggulan mutlak dibandingkan negara lain dalam hal memproduksi barang tertentu, sehingga perdagangan internasional antar negara bisa saling menguntungkan

3. Pandangan Kaum Merkantilisme

Merrkantilisme adalah kelompok masyarakat yang memiliki ideologi kapitalisme komersial yang merupakan ciri-ciri ekonomi pasar. Dimana adanya politik pandangan terhadap kemakmuran lebih tinggi dibandingkan dengan kemakmuram perseorangan. Teori ini mengembangkan ekonomi nasional dan pembangunan ekonomi yang mengusahakan jumlah ekspor harus lebih besar dari pada impor.

4. Teori Permintaan Timbal Balik dari John Stuart Mill

Teori ini mencari titik keseimbangan antara pertukaran barang antar dua negara untuk memenuhi kebutuhan negara dengan perbandingan pertukarannya atau dengan menentukan Dasar Tukar Dalam Negeri (DTD). Teori ini menekankan kesembangan antara permintaan dan penawarannya, di mana, permintaan dan penawaran menjadi penentu jumlah barang yang akan diekspor dan diimpor.

5. Teori Mazhab NeoKlasik 

Teori ini mengubah pandangan dan teoriperdagangan internasional, di mana, pandangan ini tidak lagi didasarkan pada tenaga kerja, atau biaya produksi, namun beralih pada tingkat kepuasan. Pendekatan ini adalah salah satu cara mengungkapkan teori ekonomi.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait