Milenial, Perencanaan Keuangan, Teknologi

iPhone Terbaru Bisa Jadi Milikmu dengan Tips Menabung Ini!

iPhone terbaru dengan harga tinggi

Ajaib.co.id. Menabung menjadi cara banyak orang untuk menambah cadangan dana yang yang dimilikinya. Banyak pula yang menerapkan tips menabung untuk membeli barang yang diidamkannya. Cara ini biasanya dipakai untuk anak muda guna memenuhi gaya hidup terkini.

Ada teori umum yang kerap dipakai untuk mengatur keuangan secara rutin. Cara ini khususnya mudah untuk kamu punya penghasilan bulanan rutin. Alokasinya ialah 50% untuk membayar biaya pengeluaran bulanan, menyimpang uang 30% untuk keinginan dan 20% sisanya gunakanlah untuk tabungan.

Pengaturan di atas adalah prinsip ideal yang bisa diterapkan namun sebenarnya kamu bisa mengalokasikan sendiri dengan tujuan keuangan yang ingin dicapai. Hal terpenting ialah menyisihkan uang untuk simpanan dana darurat misalnya harus dilakukan dengan rutin setiap bulan. Simpanan ini hanya bisa diakses untuk kebutuhan darurat misalnya saja kesehatan. Namun faktanya tetap banyak yang kerap tergoda untuk menggunakan dana tidak sesuai alokasinya.

Cara menyimpan uang ini terkesan mudah namun praktiknya ada saja yang menjadi halangan. Misalnya ketika keinginan kita membutuhkan biasa lebih besar daripada yang bisa dialokasikan dalam satu bulan. Misalnya saja keinginan berlibur ke luar negeri atau membeli gadget terbaru yang sekarang sudah menjadi gaya hidup milenial seperti Iphone.

Smartphone ini sudah lekat menjadi dambaan anak muda dengan segala fiturnya yang canggih. Sayangnya untuk setiap rilisan baru harganya terus saja meroket. Rasanya keinginan untuk memilikinya tiap tahun semakin sulit saja.

5 Tips Menabung Agar Bisa Beli Iphone Baru Tanpa Hidup Menderita.

Kamu bisa membeli iPhone terbaru atau barang apapun yang kamu inginkan asalkan bisa menerapkan tips menabung yang tepat. Apalagi jika memang pembelian tersebut bisa membuatmu bahagia. Setiap orang memang memiliki caranya sendiri-sendiri dalam memaknai ‘kebahagiaan’. Hanya saja jangan sampai kebahagianmu itu mengganggu kebutuhan utama.

Ada yang cukup bahagia dengan berkumpul bersama orang-orang tersayang di akhir pekan yang hangat, ada pula yang menemukan kebahagiaan dalam petualangan-petualangan memacu adrenaline ke tempat-tempat yang tidak biasa. Tidak sedikit juga yang kebahagiaannya tercapai ketika berhasil memiliki gadget-gadget terbaru.

Apa pun pilihan kamu dalam mencapai kebahagiaan, baik itu sederhana atau mewah, kamu akan selalu membutuhkan rencana yang matang agar kebahagiaanmu tidak hanya lewat sesaat saja. Nah, khusus buat kamu yang suka banget sama gadget dan lagi mengincar untuk punya iPhone keluaran terbaru, wajib banget loh punya perencanaan yang matang.

Kenapa? Pertama, hal yang kamu inginkan tidak murah dan membutuhkan uang yang banyak. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap produk iPhone keluaran terbaru memang selalu dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk iPhone 11 saja harganya berkisar antara Rp15 juta hingga Rp17,5 juta.

Sedangkan untuk tipe iPhone 11 pro bahkan mencapai nominal Rp20 juta. Harga jualnya tergantung dari kapasitas memori internal dari masing-masing iPhone. Namun sefantastis apapun harganya bagi penggemar gadget ini tetap saja layak untuk ditebus.

Alasan kedua, meskipun kamu benar-benar menyukai gadget terbaru tapi kamu juga harus ingat bahwa memiliki gadget terbaru bukanlah kebutuhan primer. Selama gadget yang kamu miliki sekarang masih bisa berfungsi dengan baik, sebenarnya sudah cukup kok. Namun jika kamu benar-benar menginginkannya maka bersiaplah melakuka penyesuaian dalam pengaturan keuanganmu.

Untuk itulah diperlukan skala prioritas dalam perencanaan keuangan kamu. Jika skala prioritas ini sudah mantap, baru deh kamu mulai langkah pertama untuk menabung demi barang impianmu ini.

Berikut ini adalah tips-tips menabung buat bantu kamu mendapatkan gagdet impian:

1. Buat Kalkukasi yang Rinci Terkait iPhone Terbaru

Sebelum kamu memutuskan membeli sesuatu, sangat penting untuk melakukan penelitian dan perbandingan sendiri terhadap produk yang akan kamu beli. Misalnya saja, kamu sangat menginginkan iPhone terbaru, tentu saja kamu harus mengetahui dengan rinci spesifikasi dari gadget yang kamu inginkan itu.

Dalam melakukan penelitian dan perbandingan ini, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kamu membeli gadget yang spesifikasinya terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk kebutuhan harianmu. Sebelum membeli, kamu harus tahu betul gadget canggihmu nanti akan digunakan untuk apa.

Tentu saja kebutuhan gadget seorang desainer dan seorang musisi akan berbeda, kan?

Nah, setelah memahami betul mengenai spesifikasi dari model gadget yang kamu taksir, jangan lupa untuk meneliti juga tentang harganya. Bandingkan gadget yang harganya paling sesuai dengan budget atau kemampuan kamu.

Jika kamu sudah mengetahui dengan rinci harga dari gadget yang kamu inginkan, kamu bisa tahu juga berapa banyak uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya untuk ditabung. Misalnya saja, dalam 3 bulan kamu sudah bisa ingin membeli iPhone 11 dengan harga Rp15.000.000, berarti dalam sebulan kamu harus menyisihkan setidaknya Rp5.000.000 kan?

Nah, dalam hal ini kamu harus menyesuaikan dengan pendapatan bulananmu. Ingat loh, pendapatan bulananmu masih harus dipakai untuk memenuhi kebutuhan primer, simpanan dana darurat, hingga investasi untuk stabilitas keuangan di masa depan.

2. Atur Pengeluaran Harian

Jika kamu sudah bulat memutuskan untuk bisa memiliki iPhone terbaru, mulailah menabung dengan mengencangkan ikat pinggang. Maksudnya, atur sedemikian rupa pengeluaran harian kamu agar kamu bisa memenuhi jumlah nominal minimum yang harus dipenuhi untuk tabungan setiap bulannya.

Buat kamu yang terbiasa makan siang di luar, cobalah untuk mulai membawa bekal makan siangmu sendiri. Begitu juga dengan menu makan malam. Memasak makanan sendiri bisa sangat mengurangi pengeluaran harianmu loh.

Salah satu faktor yang bisa sangat signifikan dalam mengurangi biaya hidup harianmu adalah dengan menekan jajan-jajan minum kekinian. Entah itu kopi anak indie atau bobba milk tea, jika kamu konsumsi satu gelas saja setiap hari, bisa membuat pengeluaranmu membengkak juga loh. Mengurangi konsumsi minuman kekinian seperti ini tidak hanya akan berguna bagi kesehatan dompetmu, tapi juga bagi kesehatan tubuhmu juga.

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pengeluaran harian adalah memangkas biaya transportasimu sehari-hari. Dibandingkan membawa kendaraan sendiri, pilih moda transportasi publik paling murah yang bisa membantumu dalam menabung.

Memang ada yang harus korbankan, entah kamu harus rela berjalan kaki sedikit atau berangkat lebih pagi agar untuk menyesuaikan jadwal transportasi publik. Tapi, semua akan terbayar ketika kamu berhasil mendapatkan gadget terbaru idaman kamu, kan?

3. Konsisten Terhadap Skala Prioritas

Seperti telah disinggung sebelumnya, skala kamu harus memantapkan skala prioritasmu dulu. Artinya jika kamu sudah memutuskan menabung untuk mendapatkan iPhone terbaru, kamu harus rela mengurangi aktivitas yang akan menguras dompetmu, setidaknya sampai gadget impianmu ada di tangan.

Agar kamu bisa memenuhi target dalam menabung, tahan dulu deh keinginan untuk travelling atau membeli barang-barang lain yang kamu inginkan. Istilahnya sih, ‘no pain no gain’. Konsistensi terhadap skala prioritas ini adalah tips yang tidak hanya berguna ketika kamu ingin membeli gadget terbaru, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Akan lebih baik lagi kalo kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dan mengurangi pengeluaran selama menabung. Dengan cara ini, kamu tidak hanya bisa mengikuti trend dengan memiliki iPhone terbaru tapi juga bisa menyelamatkan kondisi keuanganmu di masa depan.

4. Jangan Mudah Tergoda Pinjaman

Saat ini ada banyak sekali tawaran kredit untuk pembelian gadget baik itu lewat aplikasi pinjaman online atau sistem cicilan kartu kredit. Meskipun terasa sangat mudah dan ringan, ada baiknya kamu menghindari membeli kebutuhan tersier seperti gadget lewat berhutang.

Pasalnya, ada bunga pinjaman yang harus tanggung setiap bulannya dan sebenarnya itu bisa meningkatkan harga beli barang itu sendiri. Meskipun memang prinsip mencicil terasa memudahkan. Lebih baik kamu menerapkan cara menabung lebih dulu yang juga sebenarnya mirip dengan mencicil kan?

Bedanya adalah kamu mencicil kepada diri sendiri. Setelah dananya tercukup baru membeli barang tersebut.

5. Berinvestasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Tersier

Mungkin ini tips menabung yang lebih baik yakni dengan memiliki penghasilan tambahan untuk membeli barang yang diinginkan. Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakoni di luar aktivitas utamamu. Selain sekedar untuk membeli iPhone, kamu juga bisa mendapatkan uang lebih banyak dari pekerjaan tambahan ini.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain dengan bekerja lebih keras agar memperoleh uang lembur atau side job, bisa juga dengan menginvestasikan uang kamu. Enaknya, dengan berinvestasi kamu bisa merasakan efek compounding yang membuat kamu menikmati bunga yang berbunga dari aset yang kamu investasikan.

Sama sekali belum mengerti investasi? Tenang saja, bisa konsultasi gratis bersama Ajaib, aplikasi reksa dana yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (PJK)!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang!

Artikel Terkait