Apakah Gadget Baru Senilai dengan 50 Hari Gaji Anda?

test alt text
Apa sebetulnya motivasi Anda bekerja? Untuk beberapa orang, penghasilan mereka pada dasarnya untuk dua hal, kelangsungan hidup dan kebahagiaan mereka. Segala sesuatu yang mereka lakukan dengan uang mereka didasarkan pada dua hal ini. Dalam kasus beberapa orang, kebahagiaan adalah membelikan hadiah untuk pasangannya dan membayar sewa tempat tinggal adalah biaya hidup.
Secara umum, mudah untuk mengetahui hal-hal mana yang penting untuk dibelanjakan, kebanyakan Anda tidak memiliki pilihan untuk masalah biaya hidup. Namun, ketika menyangkut pengeluaran terkait kebahagiaan, hal-hal menjadi lebih membingungkan.
Ada terlalu banyak biaya yang saling bersaing untuk kita belanjakan. Daftar ini tampaknya semakin panjang setiap tahun. Menonton film yang baru saja keluar, jalan-jalan ke luar negeri, membeli smartphone yang baru rilis kemarin, hobi kita, dan masih banyak lagi.
Dengan berkembangnya teknologi, nampaknya sudah biasa melihat orang selalu bermain dengan smartphone mereka dimana pun dan kapan pun. Menurut survei, penduduk Indonesia menggunakan smartphone mereka sampai 8 jam sehari. Maka tidak mengherankan jika mereka rela mengeluarkan uang begitu banyak untuk membeli smartphone.
Namun, mari renungkan pertanyaan berikut. Apakah membeli smartphone tersebut sepadan dengan waktu Anda? Bagaimana jika Anda harus membayar sesuatu dengan waktu Anda alih-alih uang? Simak artikel berikut.
Mari kita ambil Ana sebagai contoh. Ana adalah wanita berusia 25 tahun yang menghasilkan sekitar 10 juta setiap bulan sebagai gaji pulang. Ana menghabiskan 4 juta untuk hal-hal penting seperti membayar sewa kos, utilitas dan tagihan telepon, serta makanan sehari-hari.
Ana memiliki 6 juta tersisa untuk hal-hal lain. Sekarang ini berarti bahwa setiap hari dalam sebulan bernilai 200 ribu. Jika Raj memutuskan untuk membeli smartphone seharga 10 juta, Ana akan secara efektif membayar smartphone nya dengan 50 hari hidupnya.
Perhitungan di atas berdasarkan atas penghasilan per hari sama dengan sisa gaji setelah biaya bulanan dibagi 30 hari. Formula di atas dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu barang bernilai sesuai dengan jumlah hari yang dibutuhkan untuk membeli suatu barang tersebut.
Contoh lain, sepeda motor bernilai 15 juta, berarti 750 hari dalam hidup Ana. Makan malam bintang 5 untuk Ana berarti 3 sampai 4 hari hidupnya. Kita semua memberikan nilai yang berbeda untuk pengalaman dan pembelian yang berbeda, dan dengan demikian apa yang mungkin bermanfaat bagi saya mungkin tidak untuk Anda. Oleh karena itu, pendekatan ini adalah cara realistis untuk memutuskan untuk apa Anda membelanjakan uang Anda.
Jika sepadan dengan waktu Anda, maka itu sepadan dengan uang Anda. Namun, jika menurut Anda tidak sepadan, Anda masih bisa memutuskan untuk membeli smartphone baru dengan harga yang lebih murah. Saat ini, banyak sekali smartphone yang cukup terjangkau namun menawarkan fitur-fitur yang bersaing dengan smartphone harga mahal. Apakah Anda membeli smartphone mahal itu hanya supaya Anda bisa memamerkannya di hadapan kawan-kawan Anda? Jika jawabannya ya, mungkin Anda harus berpikir dua kali.
Jika Anda masih menginginkan smartphone baru itu, Anda bisa melakukan hal cerdas dengan menunggu berapa bulan setelah smartphone itu rilis untuk menunggu harganya turun. Jangan lupa untuk memeriksa ulasan tentang daya tahan dan kualitasnya. Atau Anda juga bisa membeli smartphone tersebut dari orang lain yang sudah cukup bosan dengan smartphone itu dan menjualnya dengan harga yang lebih murah.
Jangan lupakan tujuan-tujuan finansial Anda yang lebih besar. Misalnya, membeli rumah, menikah, memiliki anak, dan uang pensiun Anda. Dengan mengingat tujuan finansial Anda, Anda mungkin bisa melupakan keinginan impulsif Anda untuk fokus pada tujuan yang lebih besar.
Dengan membeli smartphone yang lebih murah, Anda memiliki sisa uang yang bisa Anda tabung lebih banyak. Jika Anda belum membuat anggaran, mulailah membuatnya. Jangan lupa untuk menyisihkan uang Anda untuk menabung. Jangan seperti kebanyakan orang yang menabung sisa dari anggaran Anda, tapi belanjakanlah yang tersisa setelah Anda menabung. Jika Anda belum memiliki dana darurat yang bisa menutupi kebutuhan hidup Anda selama 3 sampai 6 bulan ke depan, mulailah menyiapkannya. Yang paling penting, jangan lupa untuk menginvestasikan uang Anda. Mulailah menata keuangan Anda dan dapatkan kebebasan finansial Anda segera.
Di dunia yang didukung oleh teknologi, orang-orang terus menginginkan gadget terbaru dan terhebat. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone terbaru itu, pikirkan dulu baik-baik. Sama seperti mobil baru, barang elektronik akan kehilangan nilai dalam waktu yang cukup singkat.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com