Mana yang Harus Dipilih: Kartu Kredit Atau Kartu Debit?

kartu kredit atau kartu debit
kartu kredit atau kartu debit

Berada di antara dua pilihan kartu kredit atau kartu debit? Wah pasti membingungkan. Namun jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan informasi agar kamu bisa memilih antara kartu kredit atau kartu debit.

Kartu debit dan kartu kredit itu beda. Beda dalam segala halnya. Namun dua jenis kartu ini selalu ada di dalam dompet kantong kita. Nah, jika dilihat dari segi manfaat dan risikonya, sudah jelas keduanya mempunyai manfaat dan risiko bagi para penggunanya.

Baiklah, kita ulas satu persatu di bawah ini. Antara kartu kredit atau kartu debit.

Kartu debit ini merupakan kartu “sakti” yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Saldo di rekening pemegang kartu akan otomatis berkurang sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan dalam kegiata ekonomi tertentu.

Manfaat Kartu ATM/Debit

Kartu ini bisa memberikan kemudahan dan kecepatan bagi kita bertransaksi via ATM untuk penarikan tunai, transfer antar rekening dan/atau antarbank.

Selain itu khusus untuk Kartu debit, memberikan kemudahan melakukan transaksi berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai.

Risiko dari Kartu Debit

  • Ada risiko kartu dapat digunakan oleh pihak lain, karena penggguna kartu tersebut melakukan kelalaian dalam penyimpanan kartu dan PIN.
  • Risiko fraud yang sengaja dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dengan mencuri data nasabah pengguna yang tersimpan dalam kartu.

Mekanisme Penggunaan Kartu Debit

Terdapat 2 (dua) mekanisme penggunaan Kartu debit untuk transaksi belanja yang saat ini masih menggunakan teknologi magnetic stripe, yaitu:

Menggunakan Tanda Tangan

  • Kartu debit yang kamu serahkan ke kasir akan diproses dengan cara menggesekan kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu.
  • Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.
  • Transaksi selesai.

Menggunakan PIN

  • Kartu debit yang kamu serahkan ke kasir akan diproses dengan cara menggesekan kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, kasir akan meminta pengguna untuk mengisi PIN pada mesin EDC. Apabila PIN pengguna benar, akan terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu.
  • Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.
  • Transaksi selesai.

Kartu Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit.

Kartu kredit yang Sesuai Kebutuhan

Saat ini kamu memiliki kemudahan untuk membandingkan penawaran penerbit kartu kredit yang satu dengan yang lain. Adapun beberapa hal yang dapat menjadi perhatian kamu dalam memilih penerbit kartu kredit adalah:

  • Tingkat bunga yang harus dibayarkan
  • Besaran biaya dan denda
  • Perhitungan minimum pembayaran tagihan setiap bulannya

Bagaimana Cara Membayar Kartu Kredit

Tips yang paling penting dalam melakukan pembayaran kartu kredit adalah bayarlah tagihan kamu sebesar mungkin setiap bulannya secara tepat waktu.

Sebelumnya, jagalah pengeluaran kamu sesuai dengan kemampuan keuangan kamu sehingga kamu dapat mengelola pembayaran tagihan kartu kredit kamu dengan baik. Pastikan limit kartu kredit kamu telah sesuai dengan kebutuhan kamu dan dapat dikelola dengan baik.

Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Pantau Pengeluaran

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang dapat memberikan kemudahan bagi kamu dalam melakukan transaksi namun demikian kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Kamu dapat saja dengan mudah terjebak dalam utang kartu kredit yang sulit untuk kamu lunasi sehingga berpotensi untuk memberikan kamu kesulitan di kemudian hari. Jadi, kendalikan pengeluaran kamu sesuai dengan kemampuan pembayaran kamu dan selalu melakukan pengecekan terhadap tagihan kartu kredit bulanan kamu.

Bayarlah Kartu Kredit Tepat Waktu

Ketika kamu memperoleh tagihan kartu kredit , periksalah tanggal jatuh tempo dan pastikan kamu membayar secara tepat waktu. Hal ini akan menghindarkan kamu dari biaya keterlambatan (late charge fee) dan bunga.

Maksimalkan Pembayaran

  • Apabila kamu hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulannya, maka kamu akan membayar mahal untuk bunga dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi tagihan kamu.
  • Sebaiknya kamu membuat rencana pembayaran kartu kredit melebihi jumlah minimum pembayaran sehingga dapat segera melunasi utang kartu kredit kamu.
  • Tentukan batas pagu kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan kamu.
  • Mintalah limit kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan kamu untuk membayar. Jangan tergoda untuk menggunakan seluruh limit kartu kredit kamu dan menggunakan kartu kredit melebihi kemampuan kamu.

Limit kartu kredit kamu bukanlah untuk kamu habiskan. kamu harus memastikan bahwa limit kartu kredit kamu berada dalam batas kemampuan kamu. Jangan tergoda untuk menghabiskan limit kartu kredit kamu untuk berbelanja.

Apabila kamu ingin mengurangi limit kartu kredit, kamu dapat menghubungi penerbit kartu kredit kamu.

Harus diketahui bahwa Penerbit tidak bisa menaikkan limit kartu kredit kamu tanpa persetujuan pemegang kartu kredit. Apabila kamu ingin menaikkan limit kartu kredit kamu untuk keperluan tertentu (misalnya bepergian ke luar negeri), ingatlah untuk segera menurunkan kembali limit kartu kamu sesuai dengan kebutuhan.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait