Rumah Tangga Masa Kini

Inspirasi Taman Dalam Rumah Tanpa Modal Besar dan Tetap Asri

Taman Dalam Rumah

Semua orang bermimpi memiliki rumah dengan halaman yang luas nan asri. Sayangnya rumah dengan taman kerap mustahil diwujudkan dengan tingginya harga tanah di perkotaan saat ini. Jangan untuk membuat taman, mewujudkan desain ruangan fungsional yang utama pun rasanya sulit karena sempitnya lahan.

Sebenarnya kamu tetap bisa muwujudkan rumah yang asri dengan taman dalam rumah. Konsep taman indoor ini bisa diaplikasikan di ruangan yang terbatas atau dikombinasikan dengan ruang yang sudah ada. Kamu tetap bisa mendapatkan fungsi ruangan sekaligus kesegaran lewat cara ini.

Kunci dari taman indoor adalah ukuran dan jenis tanaman yang dipakai. Jika taman luar ruangan lebih fleksibel untuk tanaman yang berukuran besar maka tidak demikian dengan taman indoor. Pilihanmu terbatas pada tanaman berukuran kecil dan sedang dan tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak. Bisa pula memilih jenis tanaman yang tidak butuh sering disirami kalau kamu sibuk beraktivitas.

Biaya yang harus dikeluarkan juga jauh lebih murah dibandingkan taman biasa. Aspek biaya ini tentunya penting bagi pekerja muda seperti kamu yang harus efisien menggunakan uangnya. Apalagi jika saat ini kamu sedang membangun atau mendekorasi rumah pertamamu. Terapkan tips mewujudkan taman indoor yang murah meriah ala Ajaib ini agar uangmu tetap tersisa.

1.   Gunakan rak gantung dari kayu

Tren home decor saat ini banyak menggunakan rak gantung kayu berbagai bentuk untuk beragam fungsi. Kamu bisa memilih beberapa jenis rak gantung yang sesuai selera dan tempatkan berbagai tanaman hias kecil di atasnya. Letakkan rak gantung itu di berbagai sudut rumah agar nampak asri dan segar. Pastikan kekuatan rak itu sesuai dengan jumlah tanaman yang dipajang agar tak rusak atau ambrol.

2.   Pilih sukulen dan kaktus

Kalau kamu punya segudang aktivitas dan sering bepergian ke luar kota maka sukulen dan kaktur akan jadi pilihan tepat. Selain sedang tren dan digemari banyak orang saat ini, kedua jenis tanaman ini juga tidak butuh sering disiram. Tanaman mini ini hanya butuh disiram satu sampai dua minggu sekali dengan sedikit air.

3.   Taman gantung

Taman gantung adalah solusi klasik untuk mewujudkan taman dalam rumah dengan luas terbatas. Buatlah taman gantung di ruang makan, agar saat makan bersama keluarga semakin nyaman. Pasang atap yang tembus cahaya agar ruangan semakin terang.

Kamu bisa memilih tanaman hijau dengan ukuran sedang seperti pakis hias atau puring. Kombinasikan dengan pot dari tanah liat dan batu hias agar kesan alami makin terasa.

Kekurangan memiliki taman dalam rumah adalah butuh perawatan yang lebih rumit. Kamu perlu rutin membersihkan rumah dari tanah dan daun yang layu atau rontok. Selain itu, taman indoor juga berisiko meningkatkan kelembaban dalam rumah jika tidak diatur benar.

Risiko tersebut sebenarnya sebanding dengan nikmatnya memiliki taman di rumah. Kesegarannya bisa menghilangkan penat kegiatan sehari-hari.

Ketiga tips di atas bisa membantu mewujudkan taman indoor yang murah meriah. Sisa anggaran dekorasi rumah bisa dialokasikan untuk berinvestasi reksa dana bersama Ajaib. Hasil investasimu ini mungkin saja bisa jadi sumber dana di kemudian hari untuk membeli lahan untuk mewujudkan taman impianmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait