Model subscribe atau berlangganan menjadi suatu model yang bisa menguntungkan untuk bisnis. Mengapa Bisa begitu? Simak ulasan Ajaib berikut ini.
Setiap pengusaha menginginkan pendapatan bulanan yang konsisten untuk mendorong arus kas dan tujuan bisnis mereka. Namun, antara siklus ekonomi dan perubahan minat pelanggan, pendapatan reguler itu mungkin sulit dicapai.
Model pendapatan ini memberikan lonjakan dimuka dalam arus kas bersama dengan prospek jangka panjang untuk pendapatan yang stabil. Selain itu, kamu akan lebih memahami volume produk untuk perencanaan dan manajemen inventaris.
Tidak ada waktu seperti sekarang untuk model bisnis subscribe bulanan untuk menaiki gelombang yang menguntungkan. Berikut cara meluncurkannya:
Tentukan Jenis Model Subscribe
Ada tiga sub-model utama yang dapat membingkai bisnis bulanan kamu dalam model subscribe. Model kurasi melibatkan pembuatan kotak pribadi untuk pelanggan berdasarkan minat yang mereka bagi saat mendaftar. Ini mungkin termasuk versi sampel ukuran produk yang berkaitan dengan hobi atau gaya hidup.
Model pengisian ulang adalah yang paling sering digunakan. Ini menawarkan aliran reguler produk yang digunakan pelanggan. Misalnya, Amazon menawarkan ini dengan nama, “Subscribe dan Simpan,” untuk banyak makanan, persediaan pembersih, vitamin, dan banyak lagi.
Model akses memberikan perasaan eksklusivitas bagi pelanggan yang mendapatkan produk dan pengalaman yang tidak tersedia bagi siapa pun tanpa subscribe. Sekali lagi, mari referensi Amazon. Program Perdananya memberikan diskon, penawaran, dan produk khusus kepada anggota yang tidak dapat diakses oleh pengguna yang bukan anggota.
Pertimbangkan Model Subscribe yang Berorientasi Layanan
Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana menemukan pangsa pasar kamu. Pertimbangkan keahlian yang berorientasi layanan yang kamu miliki yang dapat disesuaikan dengan pendekatan ini. Misalnya, jika kamu berspesialisasi dalam desain grafis, pengembangan web, atau menulis, pertimbangkan model ini untuk bisnis bulanan kamu.
Berbeda dengan model pengikut bulanan, model subscribe berbasis layanan memberikan pendapatan dimuka sambil memberi klien kesempatan untuk memilih tingkat harga dengan layanan yang menyertai yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Lanjutkan Seperti Startup Bisnis
Banyak pendiri startup yang tidak melakukan hal-hal mendasar. Pastikan kamu melakukan penelitian, menentukan kebutuhan atau minat pasar, pikirkan seperti apa produk baru itu, keluarkan semua pesaing, dan tentukan harga.
Buat rencana bisnis yang menguraikan model bisnis bulanan kamu, rencana pemasaran, jadwal peluncuran, anggaran, dan perkiraan profitabilitas. Jelajahi teknologi yang membantu mengotomatiskan aspek pemesanan, pemrosesan, dan pembayaran langganan kamu. Selain itu, pelajari bagaimana merek subscribe lainnya menggunakan alat dan platform pemasaran untuk meluncurkan dan menumbuhkan bisnis mereka.
Ketika kamu siap untuk membagikan bisnis subscribe kamu dengan audiens kamu, pertimbangkan uji coba tanpa kewajiban. Ini membujuk orang untuk mencobanya dengan syarat mereka dan bersemangat untuk mendaftar untuk periode yang lebih lama. Selain itu, pastikan situs web atau promosi media sosial kamu memiliki panduan penetapan harga langganan transparan yang menjelaskan apa yang diterima pelanggan di setiap tingkatan harga.
Mengambil semua langkah ini sebelum diluncurkan dapat membuat bisnis subscribe bulanan kamu sukses. Kamu ingin tahu bahwa kamu dapat menarik pelanggan dan kemudian memberikan pengalaman yang luar biasa sehingga mereka mempertahankan langganan mereka dan menyebarkan berita.
Tawarkan Metode Pembayaran Otomatis Berulang
Sebagai bagian dari membangun bisnis subscribe yang sukses, sangat ideal untuk menawarkan pelanggan lama dan baru cara untuk memilih pembayaran otomatis berulang untuk layanan subscribe bulanan mereka. Mereka dapat memilih dari mana uang itu dikurangi – rekening bank atau kartu kredit. Bisa juga melalui dompet digital yang tersedia di Indonesia.
Model ini berfungsi karena menyelamatkan mereka dari keharusan mengingat untuk melakukan pembayaran setiap bulan. Sebagai gantinya, mereka dapat mengatur metode pembayaran dan menerima layanan dengan nyaman secara teratur.
Itu dia beberapa model subscribe yang bisa kamu terapkan di bisnis kamu. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui metode subscribe dalam bisnis. Jadi, sudah kamu pilihkah metode subscribe untuk bisnismu?
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bisnis dan startup, kamu bisa membuka artikel lainnya di bagian ‘Belajar’ di situs Ajaib.
Bacaan menarik lainnya:
Prentice Hall. Kurtz, D. & L.E. Boone. (2006). Principles of Marketing. London: Thomson
Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.