Milenial, Rumah Tangga Masa Kini, Teknologi

Ini Dia Perbedaan TV Digital dengan TV Analog

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.idPemerintah Indonesia merencanakan penyetopan siaran televisi analog, dan akan diubah menjadi siaran tv digital. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia perlu menyesuaikan televisi yang dimilikinya apakah bisa digunakan untuk siaran tv digital atau hanya bisa untuk siaran analog.

Apabila tidak memiliki fitur siaran televisi digital, mau tidak mau kamu harus mengganti televisimu dengan yang baru atau membeli perangkat tambahan agar bisa menangkap siaran dari stasiun-stasiun televisi nasional Indonesia.

Lalu, mengapa Indonesia begitu gencar merencanakan perubahan dari tv analog ke digital ini? Apa perbedaan siaran tv analog dan digital? Di sini kamu akan lebih mengetahui tentang hal itu.

Mengapa Harus Pindah ke Siaran TV Digital?

Siaran televisi digital merupakan teknologi terbaru dari siaran televisi yang lebih efisien dibandingkan siaran televisi analog. Siaran ini akan mampu mengosongkan frekuensi yang nantinya akan digunakan untuk peningkatan teknologi internet 4G dan jalur komunikasi yang akan sangat bermanfaat ketika terjadinya bencana.

Kamu pasti sudah mengetahui ketika terjadinya bencana, komunikasi sering terputus karena sinyal yang hilang. Sementara itu komunikasi sangat penting dan diandalkan untuk lebih banyak mendatangkan bantuan pada wilayah yang terkena bencana. Apalagi bencana alam tidak hanya satu atau dua kali terjadi di Indonesia.

Apabila saluran komunikasi untuk bencana diperluas, maka sinyal akan lebih mudah didapat. Wilayah terkena bencana pun akan lebih mudah mendapatkan bantuan. Pengurangan frekuensi siaran tv analog memang perlu dilakukan mengingat siaran ini yang paling banyak memakan frekuensi yang ada di wilayah Indonesia.

Sementara itu untuk layanan internet 4G pun akan lebih meningkat. Kalau kamu lebih sering menggunakan internet dibandingkan menonton televisi, hal ini pun akan kamu senangi. Frekuensi untuk internet 4G yang lebih luas akan membuat kecepatan internet naik berkali lipat. Kamu pun tidak akan mengeluh lagi soal internet yang lambat.

Pemerintah sudah memberikan perintah pada stasiun-stasiun televisi nasional untuk bermigrasi ke siaran digital. Stasiun tv nasional pun sedang menyiapkannya. Proses perpindahan ini ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang.

Perbedaaan Siaran TV Analog dan TV Digital

Sekarang, kamu perlu tahu perbedaan siaran tv analog dan digital. Kamu pun akan tahu mengapa siaran televisi digital lebih unggul dibandingkan tv analog yang sudah kita manfaatkan selama puluhan tahun.

  • Dari sinyal yang disalurkan

Perbedaan pertama antara siaran tv analog dan tv digital adalah penggunaan sinyalnya. Tv analog menggunakan sinyal radio yang bentuknya ada dua, yaitu video yang disalurkan dalam gelombang AM dan audio yang memanfaatkan gelombang FM.

Lalu, format televisi digital adalah bit atau data yang biasa kita lihat dalam format film yang dulu kita tonton di CD atau DVD. Seluruh bentuk transmisi dari gambar hingga suara memanfaatkan transmisi bit sehingga lebih praktis.

  • Kualitas gambar dan suara

Siaran tv analog sangat bergantung pada jarak. Apabila jarak rumahmu sangat jauh dari menara transmisi, maka kualitas gambar dan suara yang televisi kamu terima pun tidak akan bagus. Misalnya, suara yang putus-putus dan gambar video yang seperti dipenuhi dengan semut-semut.

Kesimpulannya, pengembangan kualitas suara dan gambar tv analog tidak akan bisa dikembangkan karena sangat bergantung pada jarak transmisi. 

Sedangkan  siaran tv digital tidak bergantung sama sekali dengan jarak transmisi. Seberapa jauh jarak rumahmu dengan pemancar, kualitas suara dan gambar yang kamu terima pun bisa tetap bagus.

Selain itu, kualitas gambar televisi digital lebih jernih karena mendukung teknologi HD hingga 4K.  

Kesimpulannya, bisa dipastikan bahwa siaran tv digital kualitas gambar dan suaranya lebih baik dibandingkan tv analog. Hal ini tentu akan kamu sukai.

Cara Mengetahui Televisi Milikmu Mendukung Siaran Digital atau Tidak

Tv analog bisa juga menjadi televisi digital. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini.

  • Menemukan siaran televisi tertentu

Beberapa stasiun televisi Indonesia sudah mempunyai channel digital tersendiri, contohnya adalah TVRI. Kamu bisa mengecek apakah televisi kamu menangkap siaran digitalnya dengan menemukan channel TVRI Sport HD dan TVRI 3 Budaya. 

Apabila kamu berhasil menemukan channel itu, berarti televisi milikmu mendukung siaran digital. 

  • Dari stiker di televisinya

Cara mudah yang bisa kamu manfaatkan selanjutnya adalah menemukan stiker di televisimu yang menunjukkan bahwa televisimu adalah televisi digital. 

  • Lakukan pengecekan manual

Apabila kamu tidak menemukan stikernya, kamu bisa melakukan pengecekan manual dengan melihat di buku panduan. Di buku panduan itu pasti ada keterangan yang menjelaskan apakah televisi milikmu mendukung televisi digital atau tidak.

Jika televisi milikmu tidak mendukung televisi digital, tenang saja karena kamu bisa mengusahakannya. Kamu tinggal membeli alat bernama STB DVB-T2 yang bisa membantu televisimu menampilkan siaran televisi digital. Kamu tinggal memasang alat ini dengan benar dan mengaktifkan fitur AV yang sudah tersedia di televisi milikmu. 

Atau kamu juga bisa membeli tv yang menyediakan siaran digital di toko elektronik di sekitarmu. Tenang saja, sudah banyak jenis televisi digital yang dijual, kamu akan mudah menemukannya. Harganya juga cukup beragam, disesuaikan dengan ukuran dan kualitasnya. Kamu pun bisa memilih televisi digital yang sesuai dengan budget-mu. 

Dari keterangan di atas, tidak ada salahnya untukmu memilih siaran televisi digital. Penggantian siaran tv yang kamu lakukan akan berdampak baik tidak hanya untukmu, tapi juga untuk masyarakat Indonesia. Yuk, segera pindah ke siaran digital untuk siaran televisi yang lebih baik dan efisien. 

Artikel Terkait