Saham

6 Harga Saham Termahal di Indonesia, Sudahkah Kamu Miliki?

Harga Saham Termahal

Ajaib.co.id – Di dunia modern, hampir semua orang akrab dengan konsep “saham”. Saham (stock) merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling populer. Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan.

Pada sisi yang lain, saham merupakan instrumen investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik. 

Mereka yang melakukan investasi saham di sebuah perusahaan, dapat memperoleh uang dengan baik jika mereka berinvestasi di perusahaan yang sedang tumbuh atau berkembang.

Misalnya, jika kamu membeli saham seharga Rp90 di bursa saham hari ini, dan harganya naik menjadi Rp135 dalam setahun, laba yang kamu dapatkan adalah Rp45 atau tepatnya 50% dari dana yang diinvestasikan. Jadi, kamu akan mendapatkan laba ketika harga saham naik. Dipercaya juga bahwa harga saham perusahaan-perusahaan paling berharga selalu meningkat harganya. Tentunya bisa memiliki harga saham termahal di bursa.

Nah, pada artikel ini, Ajaib akan memberikan informasi mengenai harga saham termahal di Indonesia. Apa saja itu? Berikut saham paling mahal menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) per 6 Januari 2023.

PT Metripolitan Kentjana Tbk. (MKPI)

MKPI merupakan saham perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan real estate, penyewaan dan pengelolaan pusat perbelanjaan, apartemen, perkantoran, perumahan dan jasa perawatan, pembersihan dan pengelolaan. Perusahaan ini beroperasi pada tahun 1975 dan melakukan IPO pada 10 Juli 2009.

Perusahaan dan anak perusahaan MKPI ini telah memiliki dan mengelola pusat perbelanjaan Pondok Indah I dan II, Wisma Pondok Indah I, II, dan III, Apartemen Golf Pondok Indah I, II dan III, proyek perumahan real estat Pondok Indah, Garden Shangril La di Batam dan Perhotelan di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

MKPI menjadi saham termahal di Indonesia dengan harga tertinggi Rp38.000 per 6 Januari 2023 lalu dengan volume 2.100 dan nilai 78.775.000.

PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG)

ITMG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produsen batubara yang telah diakuisisi oleh Banpu Group Thailand pada tahun 2007. Pada tahun 2010, ITM tercatat sebagai eksportir batu bara terbesar keempat di Indonesia. Pada tahun 2014-2016, ITM juga mendirikan sejumlah anak usaha seperti PT ITM Energi Utama, PT ITM Indonesia dan PT Tambang Raya Usaha Tama, dan pada 2017-2020 telah mengakuisisi PT Sentral Mutiara Energy, PT Nusa Persada Resources, PT Tepian Indah Sukses dan beberapa perusahaan lainnya untuk memperluas usahanya. Meski, kebanyakan dari perusahaan itu adalah perusahaan yang berkaitan dengan batu bara, namun ada juga yang terjun di usaha pembangkit listrik tenaga surya.

Saat ini, ITM memiliki enam tambang, lima pelabuhan, dan dua titik pemuatan batu bara. Enam tambang yang dimiliki ITMG berada di bawah perusahaan masing-masing, seperti:

  • PT Jorong Barutama Greston (Kalimantan Selatan),
  • PT Bharinto Ekatama (Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur),
  • PT Trubaindo Coal Mining (Kalimantan Timur),
  • PT Kitadin (Kalimantan Timur), dan
  • PT Indominco Mandiri (Kalimantan Timur)

Per Januari 2023, harga saham ITMG berada di level tertinggi Rp36.125 dengan volume 3.838.200 dan nilai 136.263.980.000.

PT United Tractors Tbk. (UNTR)

UNTR adalah distributor alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia yang menyediakan produk dari merek-merek terkenal di dunia seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Komatsu Forest. Perusahaan ini beridi pada 13 Oktober 1972 dan melakukan IPO pada 19 September 1989, dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sebagai PT United Tractors Tbk (UNTR), dengan PT. Astra International Tbk sebagai pemegang saham mayoritas.

Perusahaan ini menjalankan usahanya melalui tiga unit bisnis utama yang dikenal dengan Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Pertambangan. Per 6 Januari 2023 ini, harga saham UNTR berada di level tertinggi Rp25.200 per lembar saham dengan volume saham 3.662.700 dan nilai saham 91.530.330.000.

PT Bayan Resources Tbk. (BYAN)

BYAN adalah produsen batu bara di Indonesia yang berlokasi di kalimantan timur dan selatan. Perusahaan ini memproduksi batubara mulai dari batu bara kokas semi lunak hingga batu bara sulfur ramah lingkungan, batu bara sub-bituminous. Perusahaan beroperasi di berbagai industri mulai dari perusahaan induk, perdagangan besar, pertambangan dan jasa pertambangan, transportasi hingga pergudangan.

Perusahaan yang mampu mengintegrasikan operasi penambangan, pengolahan dan logistik melalui anak perusahaannya ini juga masuk ke dalam saham dengan harga termahal di 2023. Di mana, per 6 Januari 2023, BYAN memiliki harga saham Rp21.550 dengan volume sebesar 1.286.700 dan nilai saham 26.766.910.000.

PT Indointernet Tbk. (EDGE)

EDGE merupakan perusahaan penyedia layanan infrastruktur digital yang menawarkan solusi dan layanan untuk bisnis. Perusahaan ini menyediakan solusi, seperti HSX (HyperScale conneX), layanan manajemen jaringan, layanan manajemen Teknologi Informasi (TI), layanan cloud Alibaba, dan layanan pusat data.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 sebagai pelopor dalam layanan ini dan beroperasi di Tangerang Selatan, Banten. Perusahaan yang berhasil go public per Februari 2021 lalu ini berhasil masuk ke dalam 5 besar harga saham termahal per Januari 2023. Di mana, harga saham EDGE per 6 Januari 2023 berada di level Rp19.500 dengan volume 100 saham dan nilai Rp1.950.000. Saham ini memiliki kapitalisasi pasarnya sebesar Rp7.878.975 Juta.

PT Gudang Garam Tbk (GGRM)

Siapa yang tidak kenal dengan Gudang Garam? Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan yang menjual rokok terkemuka di Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 1958 di kota Kediri, Jawa Timur. Hingga saat ini Gudang Garam telah dikenal luas di dalam dan luar negeri sebagai produsen rokok kretek berkualitas tinggi. Merek rokok Gudang Garang yang paling terkenal adalah Surya dan GG.

Harga saham PT Gudang Garam per 6 Januari 2023 berada di level Rp17.900 per lembar saham dengan volume 1.231.100 saham dan nilai Rp21.587.972.500.

Itulah keenam daftar perusahaan dengan harga unit saham termahal di Indonesia. Selain menjadi perusahaan yang besar, perusahaan-perusahaan ini telah dipercayai oleh banyak orang dan diperkirakan akan terus berkembang seiring waktu.

Nah, untuk membeli saham di perusahaan publik Indonesia, kini kamu bisa membelinya dengan mudah lewat aplikasi Ajaib! Di Ajaib kamu bisa memulai investasi saham dengan modal mulai dari Rp100 ribu. Namun, jika kamu ingin membeli saham di atas, tentu kamu perlu mengocek dana yang lebih besar ya.

Selain itu, di Ajaib kamu juga bisa mendapatkan layanan eksklusif dengan bergabung ke dalam layanan Ajaib Prme. Di mana, dengan Ajaib Prime kamu bisa mendapatkan konsultasi portofolio gratis dengan Relationship Manager, bebas biaya broker, hingga promo saham hanya untuk kamu.

Jadi tunggu apalagi? Yuk download sekarang dan dapatkan return terbaikmu mulai hari ini lewat aplikasi Ajaib!

Artikel Terkait