Banking

Ini Cara Membuka Tabungan BCA Tahapan Xpresi dengan Mudah

tahapan bca xpresi

Ajaib.co.id – Tabungan BCA Tahapan Xpresi kerap jadi produk simpanan pilihan pelajar dan mahasiswa. Salah satu alasannya karena produk ini dilengkapi dengan desain kartu ATM BCA yang beragam dan kreatif. Say no more untuk kartu debit yang membosankan dan kaku dengan membuka tabungan ini.

Memiliki rekening tabungan di era seperti saat ini memang sangat dianjurkan. Mengapa? Karena, rekening tabungan yang kamu miliki dapat membantumu dalam mempermudah transaksi keuangan seperti pengiriman uang, pembayaran tagihan, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu, pembuatan rekening tabungan di bank kian mudah saja untuk dilakukan. Salah satunya adalah biaya setoran awal yang tergolong kecil seperti ketika kamu membuka rekening bank di BCA Tahapan Xpresi.

Sesuai dengan nama produk ini, salah satu produk unggulan dari BCA ini mengedepankan ekspresi dari calon nasabah. Menyadari anak muda yang masih penuh dengan kreativitas dan dinamis maka dihadirkan produk yang bisa mengakomodirnya. Kamu bisa memilih lebih dari 50 desain kartu Paspor BCA untuk Xpresi diri yang unik dan berbeda.

Tahapan Xpresi didesain dalam berbagai macam gaya yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu suka, mulai dari traveling, fashion, retro, dan nature. Bank BCA menyadari benar bahwa gaya yang dianut menjadi ekspresi dan identitas tersendiri bagi anak muda. Karena itu kamu diberikan pilihan yang amat banyak.

Memang kamu tidak bisa meng-custom sendiri desain kartu debitmu. Namun kamu bisa mengajukan agar Paspor BCA-mu dilengkapi dengan foto. Meksipun layanan ini belum tersedia di semua kantor cabang namun paling tidak debit card milikmu akan lain daripada yang lain. Tak perlu bingung tertukar atau hilang karena ada ciri khas tersendiri.

Ingin punya tapi sudah tak lagi berstatus pelajar atau mahasiswa? Jangan khawatir karena BCA Tahapan Xpresi adalah salah satu jenis tabungan yang bisa kamu miliki di Bank BCA yang diperuntukkan untuk semua kalangan. Ketika kamu ingin membuat rekening tabungan ini, kamu tidak perlu memusingkan batasan umur.

Cara dan Syarat untuk Membuat Tabungan BCA Tahapan Xpresi

Tabungan BCA Tahapan Xpresi bisa dikatakan merupakan jenis produk simpanan yang paling ramah bagi semua kalangan selain juga dilengkapi dengan berbagai kelebihannya. Misalnya saja setoran awal yang amat terjangkau sebesar Rp50.000 dan Rp6.000 untuk biaya materai jika kamu diminta untuk membayarnya.

Berbeda halnya, jika kamu ingin membuat jenis tabungan BCA lainnya seperti Tahapan BCA, kamu perlu menyiapkan setoran awal minimal sebesar Rp500.000 dan membawa identitas lengkap di antaranya KTP dan NPWP.

Bagi kebanyakan orang, setoran awal sebesar Rp500.000 untuk membuat rekening tabungan di sebuah bank dirasa masih memberatkan mereka. Oleh karena itu, Tahapan Xpresi milik bank BCA bisa menjadi opsi atau pilihan terbaik bagi kamu yang ingin membuka sebuah rekening tabungan baru dengan biaya setoran awal yang kecil.

Selain itu, produk ini juga tidak dilengkapi dengan buku tabungan. Hal ini jadi kelebihan dan kekurangan sekaligus. Pasalnya, buku tabungan kini seringkali tidak terpakai dan bahkan sering terlupakan atau hilang. Namun bagi sebagian kalangan masih dianggap penting.

Penggantinya, kamu bisa melakukan pengecekan saldo, mutasi atau transaksi hanya dengan digital banking BCA saja. Pasalnya dengan membuka tabungan ini, nasabah akan langsung mendapatkan fasilitas KlikBCA dan m-BCA, selanjutnya bisa memakai e-Banking BCA seperti: BCA Mobile, SMS Top Up atau SMS banking BCA.

Kemudian banyak manfaat lainnya misalnya promo atau diskon yang banyak tersedia dimerchant berlogo Debit BCA. Selain sistem pembayaran yang mudah di kasir, juga bisa digunakan untuk menarik dana di ribuan ATM BCA, merchant berlogo Tunai BCA, ATM Prima, dan ATM jaringan Cirrus di seluruh dunia.

Proses pembuatan rekening BCA Tahapan Xpresi via Bank sama halnya ketika kamu membuka tabungan baru di sebuah bank. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Kamu perlu datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat yang sesuai dengan domisilimu
  • Jika kamu sudah berada di kantor cabang BCA, kamu bisa mengambil nomor antrian untuk customer service.
  • Ketika kamu sedang menunggu nomor antrianmu dipanggil, kamu bisa menyempatkan waktu untuk mengambil formulir dan mengisinya untuk pembukaan rekening tabungan.
  • Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, customer service yang melayani kamu tersebut akan meminta formulir pembukaan rekening tabungan yang telah diisi sebelumnya. Kamu juga tidak boleh lupa untuk membawa persyaratan dan dokumen pendukung lainnya.

Syarat Dokumen yang Perlu Kamu Bawa Saat Membuat Tabungan BCA Xpresi

Tabungan BCA Tahapan Xpresi merupakan tabungan yang bisa dipakai oleh semua umur. Hanya saja untuk syarat pembukaannya diberlakukan berbeda sesuai usia calon nasabah. Berikut uraiannya:

Untuk usia di atas 17 tahun (perorangan dewasa)

  • KTP
  • NPWP (jika ada)

Untuk usia 12 tahun – 17 tahun (perorangan belum dewasa yang tidak diwakili)

  • Kartu pelajar
  • Identitas salah satu orang tua (KTP atau Paspor)
  • NPWP dari salah satu orang tua
  • Surat keterangan persetujuan pembukaan rekening oleh salah satu orang tua
  • Jika salah satu orang tua belum memiliki rekening tabungan BCA, maka harus mengisi formulir data nasabah perorangan untuk salah satu orang tua saja.

Umur di bawah 12 tahun (perorangan belum dewasa yang diwakili)

  • KTP asli dari salah satu orang tua
  • Akte Kelahiran Anak atau Kartu Identitas Anak atau Kartu Keluarga
  • NPWP salah satu orang tua (Jika ada)

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuka rekening tahapan xpresi via bank BCA yakni pastikan bahwa formulir atau syarat dokumen yang diperlukan sudah sesuai dengan golongan usia.

Cara Membuat Tahapan BCA Xpresi via Online

Di masa pandemi ini, banyak perbankan memaksimalkan layanan online termasuk membuka tabungan. Namun Bank BCA sudah lama menerapkannya termasuk untuk membuka rekening BCA Tahapan Xpresi.

Selain dengan cara datang langsung ke kantor bank BCA, kamu juga bisa membuka jenis tabungan BCA ini secara online saja dengan mudah dan praktis di ponsel pintarmu sebagai berikut:

  1. Kamu bisa unduh aplikasi BCA Mobile di ponsel pintarmu di Google Play Store dan App Store
  2. Setelah berhasil mengunduh BCA Mobile di ponsel pintarmu, kamu bisa buka aplikasi tersebut dan kemudian pilih menu Buka Rekening Baru
  3. Pilih jenis tabungan Tahapan Xpresi, namun kamu perlu pastikan bahwa nomor teleponmu belum pernah didaftarkan sebelumnya di BCA Mobile
  4.  Kamu akan diminta untuk melengkapi seluruh syarat dan dokumen yang sudah Ajaib jelaskan sebelumnya
  5. Pilih fasilitas produk yang ingin kamu dapatkan
  6. Kemudian, kamu akan melakukan video call untuk proses verifikasi datamu
  7. Aktivasi mobile banking dan internet banking dengan memilih nomor pin yang akan nantinya digunakan oleh kamu dalam mengakses Tahapan Xpresi-mu
  8. Jika sudah selesai dilakukan, rekening Tahapan Xpresi milikmu sudah bisa digunakan

Selain kamu mengakses tabungan Xpresi BCA-mu secara online, kamu juga bisa meminta kartu debitmu dengan datang langsung ke kantor bank BCA Intinya, bagi kamu yang ingin membuka rekening baru yakni Tahapan Xpresi, proses pembuataan rekening tabungan baru ini bisa dilakukan secara online ataupun langsung melalui bank yang bersangkutan. Namun, baik itu online ataupun offline pembuatan salah satu tabungan BCA ini sama-sama mudah untuk dilakukan.

Biaya-biaya dan Limit Transaksi untuk Pemegang Rekening Tahapan BCA Xpresi

Selain setoran awal saat pembukaan rekening baru tergolong rendah, kamu juga perlu tahu biaya-biaya lainnya yang akan dibebankan kepada kamu sebagai pemilik Tahapan Xpresi BCA:

  • Biaya pembuatan/ganti kartu = Rp25.000
  • Biaya administrasi bulanan = Rp7.500
  • Biaya penutupan rekening = Rp5.000
  • Biaya tarikan tunai di Counter ­= Rp15.000/transaksi
  • Biaya transfer beda bank = Rp6.500/transaksi
  • Saldo minimum yang ditahan = Rp10.000
  • Biaya setoran di counter = gratis
  • Saldo minimum selanjutnya = Rp50.000

Limit transaksi Tahapan Xpresi

  • Tarikan tunai = Rp7 juta
  • Transfer sesama rekening BCA = Rp25 juta
  • Transfer beda bank = Rp10 juta
  • Debit = Rp25 juta
  • Setoran tunai = Rp15 juta

Tahapan BCA Xpresi Sangat Cocok bagi Generasi Milenial

Produk ini adalah solusi kalau kamu keberatan dengan besarnya setoran awal dan biaya administrasi setiap bulannya ketika kamu membuka sebuah rekening di bank. Jenis tabungan milik BCA seperti Tahapan Xpresi sangat cocok bagi generasi milenial. Di mana, bagi kamu yang suka hangout bareng teman ke mal, kartu Tahapan Xpresi dari bank BCA yang kamu miliki ini bisa kamu gunakan di Starbuck, Burger King, Dunkin Donut, dll.

Selain itu, kini akses yang bisa dinikmati semakin banyak selama pandemi ini. Dengan meningkatnya transaksi digital, BCA akan melanjutkan kerjasama dengan perusahaan fintech dan e-commerce, mengkoneksikan sistem BCA dengan ekosistem digital yang ada agar nasabah semakin dimudahkan bertransaksi.

Adapun, pembukaan rekening secara online di BCA juga diketahui meningkat selama masa Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) lalu. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya melayani pembukaan rekening baru secara online hampir mencapai 5.000 setiap harinya selama pandemi. Apakah kamu salah satunya?

Demikianlah cara mudah untuk membuat Tahapan BCA Xpresi melalui online ataupun offline beserta syarat dokumen yang perlu kamu lampirkan saat proses pembuatan rekening Xpresi BCA.

Artikel Terkait