Ini Cara bisnis Online dari Nol Agar Dapatkan Banyak Pembeli

cara bisnis online
cara bisnis online

Adanya berbagai macam media sosial bisa memberikan keuntungan bagi kamu yang bisa memanfaatkan peluang. Apalagi dengan menjamurnya bisnis online, membuktikan bahwa membuka usaha saat ini tidak perlu memiliki lapak resmi secara fisik. Kamu bisa menggunakan rumahmu sebagai media penyalur atau gudang untuk stok barang-barang jualan. Namun, sebelum itu kamu harus cari tahu dulu cara bisnis online supaya bisa mendapatkan banyak pembeli.

Walaupun bisa menggunakan media sosial sebagai wadahnya, seringkali orang bingung bagaimana memulainya. Banyak orang yang tergiur untuk berbisnis online tetapi karena tidak paham caranya, pada akhirnya bisnis tersebut berhenti di tengah jalan.

Jika kamu pelajari dengan tekun dan konsisten, bisnis online ini bisa mendatangkan keuntungan besar. Ada beberapa cara bisnis online yang bisa dipelajari siapapun, khususnya untuk pemula. Cara-cara ini yang akan mempengaruhi bisnis kamu ke depannya, maka sebelum memulainya yakinkan pada diri kamu sendiri terlebih dahulu.

Supaya lebih jelas, langsung saja disimak penjelasan cara bisnis online dari nol berikut ini.

Tentukan dan Pahami Apa yang Akan Dijual

Cara bisnis online yang pertama yaitu menentukan apa yang ingin dijual, dan setelah itu pahami setiap detail dari item tersebut. Kalau kamu tidak mengerti barang jualanmu sendiri, dijamin bisa kerepotan dan akhirnya malah rugi besar. Ini penting untuk menentukan hasil dari bisnis online yang kamu jalankan.

Akan banyak calon pembeli yang bertanya-tanya tentang produk jualanmu dan disinilah pemahamanmu akan diuji. Kamu harus bisa meyakinkan calon pembeli untuk membeli produkmu, bagaimana kualitasnya, berapa harga jualnya, dan apa yang keunggulannya. Selain itu kamu harus paham selera pasar yang sedang tren, model seperti apa yang sedang dicari.

Pertimbangkan juga untuk mencoba menjual varian produk yang unik dan jarang dijual oleh orang lain, tetapi banyak diminati.

Lakukan Riset Pasar

Namanya jualan pasti ada pesaingnya, maka dari itu harus tahu kompetitormu. Caranya dengan meriset bagaimana mereka menjual produknya. Kamu bisa mencari tahu di toko-toko online seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya.

Perhatikan apa saja yang mereka tawarkan sehingga banyak yang membeli. Melihat testimoni dan rating memang cukup berpengaruh, tapi tidak selamanya itu berlaku. Karena tidak sedikit pembeli yang merasa kecewa lalu memberikan ulasan dan rating jelek.

Di poin ini, kamu bisa belajar menawarkan keunggulan dari bisnismu yang jadi kelemahan pesaing. Misalnya, pembeli ingin barang pesanannya dikemas dengan aman dan baik. Kekurangan dari pesaing tersebut bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan penjualan bisnismu Kamu juga harus memberikan respon yang cepat jika ada calon pembeli yang bertanya.

Lalu untuk soal harga jual sesuaikan saja dengan nilai produknya dan kompetitif. Karena tidak selamanya barang yang dijual lebih murah dari penjual lainnya bisa mendatangkan banyak konsumen.

Mencari Supplier

Cara usaha online berikutnya adalah mencari supplier. Kamu bisa mencarinya di pusat grosir, namun kamu akan kesulitan mengambil dari produk yang akan dijual. Cari supplier dimanapun, bahkan sampai ke luar negeri. Jika tidak ingin jauh-jauh, coba untuk datang ke sentra pengrajin di daerah-daerah dan tawarkan kerjasama dengan mereka.

Contohnya brand sepatu lokal Brodo, yang sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu di daerah Cibaduyut Bandung. Apabila ingin bekerja sama dengan supplier di luar negeri, bisa mencarinya melalui marketplace Alibaba. Disitu ada banyak berbagai macam produk beserta supplier-nya yang bisa dipercaya.

Namun, akan lebih enak jika kamu bisa menjalin kerjasama sebagai reseller atau dropshipper. Nama-nama seperti Supplier, Dusdusan, dan Bandros menawarkan kerjasama untuk kamu yang tertarik menjadi reseller atau dropshipper.

Buat Brand Sendiri yang Mudah Dikenal dan Dipercaya

Banyak orang memulai bisnis dengan asal-asalan karena tidak paham cara usaha online yang tepat. Sangat penting dalam memberi nama brand untuk bisnis kamu beserta logonya. Dengan begitu, citra bisnis akan meningkat seiring kepercayaan dari orang-orang yang membeli produk kamu. Carilah nama brand dan juga logo yang unik tapi bisa melekat di pikiran orang.

Coba tengok brand-brand terkenal, misalnya Nike atau McDonald. Nama dan logo mereka mungkin terkesan biasa saja, namun orang dengan mudah mengingatnya. Ditambah lagi dengan kualitas yang ditawarkan semakin membuat orang percaya produk yang dijual itu terpercaya.

Buat Promosi

Setelah keempat poin di atas berjalan, cara usaha online selanjutnya adalah membuat promosi. Kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial, baik itu yang gratisan maupun berbayar. Meskipun sama-sama bisa membantu meningkatkan volume penjualan kamu, versi yang berbayar lebih efektif karena lebih terarah kepada target konsumenmu.

Misalnya Facebook dan Instagram yang menawarkan ads atau iklan berbayar bagi yang ingin produknya dikenal lebih luas. Biaya beriklan di Facebook antara Rp72 ribu sampai Rp72 jutaan per minggunya. Makin besar biaya iklannya, semakin besar peluang produkmu untuk dikenal.

Memang terlihat mahal, tapi kamu juga bisa lakukan sendiri lewat yang gratisan. Tak menutup peluang mendatangkan banyak keuntungan buat kamu, asalkan kamu gencar dan konsisten mempromosikan brand yang sudah kamu buat dengan baik.

Butuh usaha, ketekunan, dan kerja keras untuk bisa mengikuti cara usaha online di atas. Jika kamu menerapkan cara-cara tersebut, peluangmu mendapatkan banyak untung makin besar. Selamat mencoba dan sukses!

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait