Milenial

Harga Sampai Miliaran Rupiah, Berikut Alasan Tas Hermes Mahal

Sumber: CHRISTIE’S

Ajaib.co.id – Baru-baru ini Juli 2020, dunia dibuat geger oleh Hermes, merek tas mahal dari Perancis. Tas tangan miliknya, model Birkin, terjual dengan harga Rp4,3 miliar. Hal ini turut menciptakan rekor baru untuk tas tangan termahal di dunia.

Memang sudah bukan rahasia umum lagi jika tas Hermes dijuluki sebagai tasnya para pesohor dan orang-orang kaya. Bahkan digadang-gadang, tas ini bisa menjadi ciri kelas sosial seseorang. Karena harganya yang kerap lebih fantastis dari perhiasan atau mobil mewah

Bagi yang belum tahu, sejarah Hermes awalnya hanya sebuah rumah bengkel khusus bangsawan yang membuat sadel kuda dengan dengan tas kecil dilengkapi tali pada tahun 1930. Tak ada yang mewah, hanya dimaksudkan untuk para wanita energik pada saat itu. Pembuatnya ialah Robert Dumas (cucu Emile-Maurice Hermes).

Kemudian pada tahun 1956, tas Hermes mulai dikenal ke seluruh dunia. Alasannya karena seorang Putri Monako, Grace Kelly, yang menggunakan tas Hermes untuk menutupi kehamilannya dari para wartawan dan paparazzi yang memburu berita putri tersebut. Akhirnya tas Hermes dimuat di banyak majalah dan membuatnya terkenal sampai saat ini. 

Lalu jika kamu bertanya, “mengapa harga tas Hermes bisa sebegitu mahalnya?”

Nah, berikut ini ulasan dan rahasia mengapa tas Hermes harganya begitu sangat menakjubkan. 

1. Sebagai Simbol Kelas Sosial dan Mode Eksklusif bagi Pemiliknya

Populer dan kerap digunakan oleh golongan kelas atas termasuk artis dunia seperti Victoria Beckham dan Lady Gaga, membuat tas Hermes memiliki kesan kemakmuran bagi seseorang. Di Indonesia, artis yang dikabarkan memakai tas glamor Hermes adalah Syahrini, Sarwendah hingga Nagita Slavina.

Jadi bisa dikatakan pastinya bukan orang kelas biasa yang menenteng tas mewah ini. Seringkali juga calon pembeli diharuskan memiliki riwayat catatan pembelian tas Hermes sebelumnya. 

Maka jika ia orang yang baru pertama kali membeli, harus siap sedia menunggu antrean yang begitu lama sampai tahunan. Di satu sisi memang karena jumlah stoknya yang terbatas. Di sisi lain pembeli langganan lebih diutamakan. 

2. Punya Karakteristik Seni yang Memikat

Barang yang kita miliki punya karya seni tersendiri, memikat bukan bagi pemiliknya? Benar, inilah rahasia Hermes mampu menjual tas sampai harga selangit.

Misalnya aksesori tas ini seringkali menggunakan perhiasan asli seperti emas murni, berlian, maupun logam langka sehingga tampak lebih mewah dan berbeda dari tas merek lainnya. 

Keunikan lainnya, satu buah tas dibuat dalam waktu yang lama contohnya setahun. Karena pengerjaannya yang dibuat langsung oleh tangan (handmade), sehingga membutuhkan keseriusan tingkat tinggi dan waktu lama dari para pengrajin bersertifikasi Hermes.

Dan kelebihan Hermes lainnya yang bikin tercengang adalah semakin kecil ukuran tasnya, maka akan membuat harganya semakin mahal.

3. Selain Karya Seni Tinggi, Kualitas Juga yang Terbaik

Hermes berkomitmen dan tidak mau asal jadi dalam pembuatan setiap tas yang mereka produksi. Pemilihan bahan dasar seperti kualitas kulit tas harus yang terbaik. Harus paling top dari seluruh dunia.

Kulit yang digunakan biasanya dari burung unta, rusa, banteng, anak sapi. Bahkan untuk tas Hermes model Birkin seri Himalaya terbuat dari buaya putih (albino) dan 200 berlian sebagai aksesorinya.

4. Karya Luar Biasa dari Para Pengrajin Professional Hermes

Setiap tas adalah hasil kelihaian tangan para pengrajinnya. Sebelum diterima bekerja, Hermes mewajibkan mereka untuk mengikuti pelatihan kursus khusus selama kurang lebih satu tahun untuk bisa dikatakan layak bekerja

Untuk satu tas, proses pembuatan yang terdiri dari pemotongan, penjahitan sampai pewarnaan, rata-rata membutuhkan waktu 18-25 jam, tergantung tingkat kerumitan. 

Pewarnaan tas juga menggunakan teknik khusus tersendiri hingga memakan waktu berjam-jam. Dan bila kamu menginginkan warna tas yang terang, maka prosesnya akan semakin sulit.

Hermes menggunakan kulit dari hewan asli, sehingga tidak boleh ada sedikitpun kesalahan. Semuanya harus benar-benar dipertimbangkan dan direncanakan.

 5. Ketersediaan Terbatas, Peminat Tinggi

Dengan segala kualitas dan kelebihan yang Hermes miliki, permintaan tas Hermes dapat dikatakan cukup tinggi, namun total barang yang disediakan sangat minim. Untuk model Birkin, tercatat hanya sekitar 200 tas per tahun. Sedikit bukan untuk permintaan dari seluruh dunia?

Belum lagi dalam pemesanan, pelanggan harus menunggu sampai bertahun-tahun. Sehingga hal inilah yang kemudian otomatis membuat harganya melambung tinggi. 

Toko yang menjual tas Hermes juga tidak sembarangan. Sudah harus berlisensi dan resmi.

Jadi sudah tahukan alasan tas Hermes harganya bisa mahal banget. Nah, karena tas ini bagi sebagian orang nilainya melebihi perhiasan dan mobil mewah, bisa loh jadi salah satu pilihan untuk investasi dengan memiliki tas ini. Harga tas bekasnya saja bisa naik berkali lipat dari harga baru. Biasanya dicari oleh mereka yang tidak ingin terlalu lama menunggu tas baru. Kamu tertarik? Pastikan untuk membeli di tempat jual beli yang terpercaya.

Namun risiko dari investasi barang mewah seperti tas Hermes cukup tinggi. Jika nilai tukar dolar turun dari harga beli, maka kita akan rugi. Ditambah juga dengan pemikiran bagaimana jika tas kamu tidak laku di pasaran.

Jadi jika menurut kamu tas mahal belum menjadi salah satu list impian untuk berinvestasi saat ini, Ajaib punya jawaban lain untuk berinvestasi, seperti saham dan reksa dana. Harga yang tertera terpercaya dan up to date, ditambah dengan pelayanan terbaik yang membuat kamu nyaman dan tidak risau untuk segera melakukan investasi di Ajaib. 

Investasi rutin reksa dana bagi pemula juga memiliki keuntungan tersendiri. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan tingkat risiko yang cukup rendah dan dengan dana yang tak terlalu besar, yaitu mulai dari Rp10.000 saja. Dengan berinvestasi kamu sudah menyiapkan masa depan yang indah dari sekarang. Yuk, mulai berinvestasi bersama Ajaib!

Artikel Terkait