Hal-Hal Penuh Bahaya yang Bisa Ditanggung Asuransi

ditanggung asuransi
ditanggung asuransi

Kehidupan kita tidak lepas dari hal-hal yang terjadi di luar kendali. Ada saja hal penuh bahaya yang terjadi di kehidupan kita. Karena itu tidak ada salahnya berjaga-jaga dari segala bahaya dan musibah yang terjadi itu dengan memiliki asuransi.  Lalu apa saja yang ditanggung asuransi? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya asuransi di kehidupan mereka. Mungkin karena banyak juga kasus asuransi yang tidak bertanggung jawab yang malah mengambil uang nasabah seenaknya. Inilah pentingnya melakukan riset yang cukup teliti untuk memilih asuransi. Meski di luar sana ada asuransi yang tidak bertanggung jawab, asuransi yang bertanggung jawab sebenarnya jauh lebih banyak.

Asuransi yang paling umum dimiliki oleh masyarakat Indonesia adalah kesehatan karena untuk sehat sendiri memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Karena itu kamu sangat disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan. Namun, selain asuransi kesehatan kamu bisa memiliki asuransi lain yang risikonya berdekatan dengan kegiatanmu sehari-hari. Hal itu sebagai persiapan, takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat ditanggung asuransi.

Saat ini perusahaan asuransi di mana saja menyediakan asuransi yang cukup beragam. Apalagi asuransi-asuransi tersebut ada yang bersedia menanggung hal-hal penuh bahaya yang bisa saja menimpa kita. Contoh hal-hal berbahaya yang ditanggung asuransi adalah sebagai berikut:

Kecelakaan

Kecelakaan itu bisa terjadi di mana, di udara, di darat. Maupun di laut. Dan di sinilah pentingnya asuransi jiwa, terlebih untuk kamu yang sehari-hari bekerja tidak jauh dari bahaya. Misalnya saja pilot, nakhoda, supir truk yang mengantar barang antarprovinsi, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang punya risiko terjadinya kecelakaan. Ketika berada di pesawat, bisa saja terjadi kecelakaan. Ketika di kapal, bisa saja kapal tersebut tenggelam di laut. Ketika menyupir truk yang muatannya besar, bisa saja truk tersebut tiba-tiba terbalik.

Biasanya pekerjaan yang melibatkan alat berat itu mengharuskan juga para pekerjanya untuk memiliki asuransi risiko kecelakaan kerja. Asuransi memang tidak bisa membuat kecelakaan mengerikan itu tidak terjadi, tapi asuransi bisa meringankan beban seseorang yang membutuhkan biaya pengobatan agar bisa sembuh sedia kala setelah mengalami kecelakaan penuh bahaya tersebut.

Kebakaran Bangunan atau Gedung

Gedung atau bangunan yang kamu miliki tidak ada salahnya memiliki asuransi untuk risiko kebakaran. Terutama jika bangunan yang kamu miliki tersebut digunakan untuk restoran atau usahamu yang berkaitan dengan makanan. Biasanya restoran punya risiko terjadinya kebakaran karena setiap harinya ada kegiatan memasak yang memerlukan api untuk melaksanakannya. Meski hal itu tidak diinginkan untuk terjadi, sebaiknya kamu tetap melakukan persiapan dari jauh hari. Sudah cukup banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perlindungan rumah dan gedung dari ancaman kebakaran.

Pencurian Kendaraan Bermotor Karena Begal

Begal saat ini cukup merajalela dan bisa menyerang siapa saja. Dan beruntungnya kamu karena musibah pembegalan saat ini bisa mendapatkan klaim asuransi. Kamu yang mengalami kerugian dan mungkin trauma, pasti bisa sedikit terobati dengan adanya asuransi ini.

Apalagi ketika kamu kehilangan kendaraan bermotormu karena begal-begal tidak bertanggung jawab itu ada perasaan takut dan juga gelisah. Ketika kamu kehilangan kendaraan bermotormu dalam masa masih menyicil, karena punya asuransi kamu bisa tetap mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi yang membayar cicilanmu dan juga memberikan santunan padamu karena telah kehilangan kendaraan bermotor. Dengan uang itu kamu bisa menyicil kendaraan bermotor yang baru.

Sering Melakukan Kegiatan ekstrem

Sekarang untuk kamu yang hobi melakukan kegiatan ekstrempenuh bahaya pun bisa mendapatkan asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi tertentu. Kegiatan ekstremtersebut bisa berupa mengendarai motor di hutan dengan medium jalan yang naik-turun, melakukan panjat tebing di sebuah tebing yang sangat tinggi, dan melakukan terjun paying, berbagai macam kegiatan berbahaya lain yang bisa menghilangkan nyawa. Apabila kamu mengalami kecelakaan, kamu bisa klaim asuransi ini untuk proses penyembuhanmu.

Banjir

Banjir adalah bencana alam yang sering tidak bisa diprediksi tapi juga ditanggung asuransi. Kamu bisa melakukan persiapan dengan memiliki asuransi risiko banjir apabila rumahmu rentan terkena banjir. Biasanya asuransi kendaraan bermotor juga bisa diklaim ketika kendaraan bermotormu terseret banjir dan mengalami kerusakan.

Pihak asuransi akan menyediakan mobil derek untuk membawa mobil tersebut ke bengkel dan memperbaikinya sehingga kamu bisa kembali menggunakan kendaraan bermotor milikmu itu.

Atau biasanya petani juga rentan terkena banjir di kebunnya. Dan hal itu tentu merugikan para petani karena mereka tidak bisa melakukan panen. Kerugiannya pun dipastikan saat banyak. Saat ini ada asuransi yang menyediakan perlindungan bagi para petani agar tidak mengalami kerugian terlalu banyak karena banjir yang menerjang kebun miliknya.

Pencurian Rumah Ketika Pemilik Rumah sedang Traveling

Sekarang ada asuransi perjalanan yang mengcover ketika kamu mengalami kejadian pencurian di rumah karena rumahmu kosong selama kamu melakukan perjalanan di tempat yang jauh. Padahal kamu sudah berusaha untuk mencegah hal itu terjadi, semisal mengunci seluruh pintu dan jendela dengan rapat, tapi biasanya ada hal-hal yang memang tidak bisa kita hindari. Namun, tenang saja dengan asuransi yang kamu miliki, kamu bisa melakukan klaim sehingga kamu mendapatkan ganti rugi yang cukup sepadan.

Itulah hal-hal penuh bahaya yang bisa ditanggung oleh asuransi. Masih banyak lagi risiko lain yang ditanggung asuransi, yang penting kamu bisa memilih asuransi tepat dengan kebutuhanmu. Agar tidak salah pilih, jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu, kamu tetap bisa mendapatkan perusahaan yang tepat. 

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait