Milenial

Gengsi Tidak Melulu Sikap Negatif! Ini Buktinya

Ajaib.co.id – Secara sederhana gengsi adalah kehormatan atau harga diri yang dimiliki seseorang. Gengsi yang sehat justru bisa memberikan dorongan dan motivasi diri agar menjadi lebih baik. Sebaliknya, gengsi yang berlebihan hanya akan menyulitkan diri Anda sendiri serta hubungan Anda dengan orang lain. 

Sayangnya selama ini banyak yang memandang negatif sifat gengsi ini. Sehingga banyak yang beranggapan jika gengsi selalu berorientasi dengan sikap negatif karena terlalu berlebihan. Padahal jika Anda tahu cara untuk mengendalikan dan mengatasi nya, bisa saja sangat bermanfaat untuk Anda. 

Semua orang pasti memiliki sifat gengsi. Artinya ada yang bisa mengelolanya dengan baik dan sebaliknya ada yang belum bisa mengelolanya. Maka dari itu, belajar bagaimana cara mengelolanya adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. 

Efek Gengsi yang Berlebihan

Di atas sudah sedikit disinggung apabila gengsi atau harga diri dimiliki dalam porsi yang tepat bisa saja bermanfaat untuk Anda. Pasalnya selain bisa meningkatkan kepercayaan diri, ini bisa membangun kekuatan serta identitas tertentu dalam diri Anda. Sayangnya masih banyak orang yang memiliki rasa gengsi yang berlebihan. 

Menurut ilmu Psikologi, gengsi dibentuk oleh manusia sebagai benteng terluar untuk menjaga harga diri dan menutupi berbagai kelemahan serta kekurangannya. Maka dari itu, tidak jarang orang dengan rasa gengsi yang tinggi terbiasa berbohong. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar ia merasa lebih baik di hadapan orang lain. 

Jika dibiarkan, selain merugikan dirinya sendiri juga akan merugikan orang lain. Oleh sebab itu, kelola gengsi Anda dengan baik sehingga bisa berdampak positif untuk diri Anda sendiri dan lingkungan yang ada di sekitar Anda. 

Cara Mengendalikan Gengsi

Penting sekali untuk tahu cara mengendalikan gengsi. Sebab jika Anda mampu mengendalikannya, ini justru akan memberikan banyak pengaruh positif untuk diri Anda dan lingkungan yang ada di sekitar. 

Nah, untuk Anda yang merasa belum bisa mengendalikan gengsi dengan baik, berikut ini ada beberapa tips mengendalikan gengsi yang bisa Anda coba: 

Tetap menjadi diri sendiri

Kebanyakan orang dengan rasa gengsi yang berlebihan tidak ragu berbohong tentang dirinya sendiri. Contoh yang paling dekat adalah berbohong soal status, harta, atau prestasi yang dimiliki. Bahkan tidak jarang mereka selalu memaksakan diri mengikuti atau meniru orang lain. 

Padahal semua yang dilakukannya belum tentu sesuai dengan kepribadian atau keadaannya yang sebenarnya. Semua itu dilakukannya agar ia dipandang ”lebih”. Selain itu biasanya untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ia miliki. 

Padahal dengan menjadi diri sendiri dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki akan mendatangkan banyak hal positif. Terlebih lagi pada kesehatan mental Anda. Selain itu rasa gengsi berlebihan yang membuat Anda selalu ingin lebih dari orang lain hanya akan membuat diri Anda lupa rasa bersyukur dengan apa yang selama ini sudah Anda miliki. 

Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Rasa gengsi tak jarang akan membuat diri Anda merasa tidak cukup. Kemudian Anda hanya melihat apa yang orang lain miliki. Contoh sederhananya Anda selalu membandingkan prestasi dan pencapaian yang Anda miliki dengan orang lain. 

Apa yang Anda lakukan tersebut hanya akan membuat diri Anda selalu terlihat lebih dari orang lain. Yang terjadi kemudian adalah Anda tidak akan pernah merasa puas dengan diri Anda sendiri. 

Padahal yang harus selalu Anda ingat sampai kapanpun adalah harga diri setiap orang bersifat objektif. Sehingga tidak bisa dibandingkan satu dengan lainnya. Sayangnya fakta inilah yang justru sering dilupakan oleh orang-orang dengan gengsi yang berlebihan. 

Dengan demikian, cara paling mudah untuk mengendalikan atau mengatasi nya adalah dengan merasa bersyukur serta tidak membandingkan apa yang Anda miliki dengan orang lain. 

Hindari sikap keras kepala

Menghindari sifat keras kepala termasuk cara efektif lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi harga diri yang berlebihan. Orang yang keras kepala seringnya meyakini jika pendapatnya adalah yang paling benar. Akhirnya ia menganggap jika pendapat maupun pandangan orang lain salah. Sikap inilah yang kemudian menyebabkan diri Anda akan sulit menerima kritik. 

Untuk menghindari sikap seperti itu, ada baiknya Anda belajar memahami dan mendengarkan orang lain. Selain itu belajarlah untuk memiliki pola pikir yang lebih terbuka. Dengan demikian, perlahan sikap keras kepala pada diri Anda akan hilang dengan sendirinya. 

Tidak ragu minta maaf dan berterima kasih

Beberapa orang yang memiliki harga diri berlebihan, menganggap kata “maaf” hanya menunjukkan kelemahannya. Padahal kata “maaf” mengajarkan Anda untuk menjadi pribadi yang rendah hati. Jika Anda merasa berbuat salah, jangan pernah gengsi untuk meminta maaf. 

Ingat dengan meminta maaf bukan berarti mengurangi harga diri Anda. Justru orang yang Anda mintai maaf akan semakin respek dengan diri Anda. Apalagi jika secara usia lebih muda dari Anda. Sayangnya selama ini hanya karena rasa harga diri berlebihan, banyak yang enggan melakukannya. 

Hal yang sama pun berlaku ketika Anda mendapatkan bantuan dari orang lain. Jangan lupa untuk ucapkan “terima kasih” setiap Anda mendapatkan kebaikan atau pertolongan. Apa yang Anda lakukan ini menunjukkan jika Anda menghargai orang lain. Selain itu bisa memberikan emosi positif pada orang lain dan diri Anda sendiri. 

Ingat jika gengsi bukan melulu berdampak negatif. Artinya tergantung bagaimana kemampuan Anda dalam mengelolanya. Jika cara-cara mengatasi gengsi di atas selalu Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dijamin pikiran Anda akan lebih tenang dan damai. Sebab harga diri adalah sikap manusiawi yang semua orang pasti memilikinya.

Artikel Terkait