Gagal Registrasi Pajak? Begini Solusi yang Bisa Dilakukan

gagal registrasi pajak
gagal registrasi pajak

Ada beberapa penyebab dari gagal registrasi pajak yang kamu alami. Untuk lebih tahu lebih jelasnya, simak ulasan yang telah dihimpun redaksi Ajaib ini.

Mengajukan pendaftaran NPWP online memang lebih mudah dilakukan dibanding cara manual. Registrasi pajak melalui online bisa dilakukan dalam beberapa menit, dan pemberitahuannya akan dikirim melalui e-mail.

Jika kamu terkendala gagal registrasi pajak, maka konfirmasinya akan ditolak oleh pihak pajak. Kemungkinan ada kesalahan di dalam registrasi pajak.

Menjelang batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), biasanya para Wajib Pajak melakukan registrasi pajak melalui DJP Online.

DJP Online merupakan salah satu aplikasi pajak yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Fungsi dari DJP adalah memberikan fasilitas kepada Wajib Pajak untuk melaporkan SPT Pajak atau pembayaran secara online lewat aplikasi e-Filing dan e-Billing Pajak.

Cara Registrasi Pajak Lewat Online

Untuk melakukan registrasi pajak secara online, ada tiga tahapan yang harus kamu lakukan, yaitu:

  • Kamu diharuskan untuk melakukan pendaftaran akun NPWP di portal online. Jika sudah mendaftarkan akun tersebut, isilah formulir NPWP online.
  • Mengisi formulir NPWP online. Isilah dan lengkapi formulir NPWP online yang sudah diberikan.
  • Mengajukan formulir NPWP online yang sudah diisi sebelumnya.

Penyebab Gagal Registrasi Pajak

Ada beberapa penyebab mengapa registrasi pajak kamu gagal. Berikut ini adalah penyebab yang sering terjadi:

Tidak Konfirmasi atau Aktivasi E-mail

Saat melakukan registrasi pajak online, pastikan kamu telah melakukan konfirmasi alamat e-mail yang benar. Nantinya, kamu akan mendapatkan link aktivasi dan token untuk memperoleh NPWP.

Kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan alamat e-mail yang salah atau sudah tidak aktif. Bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai Wajib Pajak, harus klik link aktivasi untuk melanjutkan prosedur NPWP.

Salah Menulis Password

Pastikan juga password untuk registrasi pajak online mudah diingat, tetapi tingkat keamanannya tidak mudah diakses oleh siapapun.

Kesalahan menulis password juga menjadi salah satu penyebab kamu gagal ketika mendaftarkan NPWP.

Menulis Alamat yang Salah

Salah satu penyebab lainnya adalah kesalahan menulis ketentuan alamatnya. Kemungkinan besar kamu menulis alamat atau domisili yang tidak sesuai dengan KTP.

Tidak Memenuhi Persyaratan

Gagalnya registrasi pajak kamu juga disebabkan oleh persyaratan yang tidak sesuai. Misalnya, tidak memiliki KTP, tidak mengunggah KTP sesuai syarat, tidak memiliki penghasilan, dan tidak mengisi formulir dengan benar.

Solusi Jika Registrasi Pajak Gagal

Jika proses registrasi pajak kamu gagal, berikut ini adalah solusinya:

Mengisi Formulir dengan Lengkap

Untuk mengatasi kesalahan saat melakukan registrasi pajak, pastikan sudah mengisi formulirnya dengan lengkap.

Pastikan juga setiap kolomnya terisi dan tidak ada yang terlewatkan. Hal itu dilakukan agar kamu dapat mengetahui tujuan registrasi NPWP sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi atau Wajib Pajak Badan Usaha.

Menulis Alamat dengan Benar

Jika salah melampirkan alamat, kamu bisa kembali menulis alamat sesuai dengan KTP. Andai memiliki dua alamat yang berbeda, maka kamu bisa membuat surat keterangan domisili dan kelurahan setempat. Jika tidak ada surat keterangan, kamu bisa mengisi alamat tempat tinggal sesuai KTP.

Aktivasi E-mail

Jangan lupa juga untuk melakukan aktivasi e-mail agar proses registrasi pajak berhasil. Pastikan e-mail yang kamu tulis sudah aktif.

Demikian penjelasan mengenai solusi dari registasi pajak yang gagal. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang harus dilakukan ketika registrasi pajak kamu gagal.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait