Banking

Fungsi Kartu Kredit yang Membuatmu Perlu Memilikinya

fungsi kartu kredit

Ajaib.co.id – Fungsi kartu kredit atau credit card ada bermacam-macam dan merupakan sebuah produk yang dikeluarkan oleh bank. Hal ini ditujukan untuk memudahkan kamu melakukan transaksi dengan cara cicilan atau hutang.

Pengertian kartu kredit secara umum adalah sebuah kartu yang digunakan untuk memberikan kamu fasilitas pembayaran awal yang instan. Di mana selanjutnya kamu akan melakukan pembayaran di bulan berikutnya atau dicicil dengan tenor sesuai kemampuan kamu.

Pengertian dan fungsi kartu kredit lainnya adalah sebuah jenis penyelesaian pembayaran dari transaksi retail dan sistem kartu kredit yang berasal dari kartu yang diterbitkan oleh bank.

Pada dasarnya, fungsi kartu kredit jelas berbeda dengan kartu debit. Di mana fungsi kartu kredit untuk meminjamkan uang sedangkan kartu debit untuk mengambil uang dari tabungan. Karu kredit umumnya memiliki ukuran yang sama dengan standar ISO 7810.

Fungsi kartu kredit juga dapat didefinisikan sebagai uang elektronik yang dikeluarkan oleh instansi yang selanjutnya bisa memungkinkan pengguna kartu untuk mendapatkan kredit atau cicilan. Cicilan dalam transaksi ini pengembaliannya bisa dilakukan secara angsuran sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Lebih lanjut, fungsi kartu kredit adalah sebagai bentuk dana emergency dan tidak sama dengan dana tambaahn maupun dana cadangan. Ini artinya kamu dapat menggunakannya untuk kebutuhan yang sifatnya gawat darurat atau mendesak. Misalkan saja dana untuk melakukan pengobatan atau biaya lainnya yang berkaitan dengan masalah emergensi.

Selanjutnya, fungsi kartu kredit juga sebagai dana opportunity yang merupakan sebuah peluang dari bisnis maupun investasi yang belum tentu. Saat peluang atau kesempatan datang kita memiliki dana untuk mengambilnya.

Di sisi lain, fungsi kartu kredit sangat berguna dalam mengumpulkan seluruh bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan, sehingga bisa digunakan agar lebih efisien.

Saat ini, fungsi kartu kredit sudah ada yang mempunyai fasilitas untuk pembayaran dan pengeluaran rutin dimana kamu bisa membayar tagihan listri, telepon, air dan tagihan lainnya.

Fungsi kartu kredit berikutnya adalah bisa mencatat biaya yang kamu keluarkan dengan rutin sehingga lebih mudah dalam mengelola keuangan. Biaya yang kamu keluarkan tercantum dalam rekening giro di mana kamu bisa melakukan cross checking dirumah dan di akhir bulan.

Dari ragam jenis kartu kredit dengan logo tertentu, meka ada juga layanan seperti asuransi, pencurian, perjalanan ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu kredit. Namun demikian itu sudah seharusnya dibicarakan dengan bank di saat transaksi.

Saat pengajuan untuk menjadi pengguna kartu kredit yang harus kamu lakukan pertama kali adalah dengan mengajukan permohonan kartu kredit pada pihak yang menerbitkan kartu kredit. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara datang ke bank dan membawa persyaratan yang diminta oleh pihak bank.

Dalam peoses pengajuan kartu kredit, pihak bank akan melakukan beberapa proses terhadap aplikasi yang kamu ajukan, seperti verifikasi data dan bentuk persyaratan yang sudah kamu lampirkan untuk memudahkan verifikasi dan survey dari bank.

Pengajuan kartu kredit membutuhkan waktu lebih kuran 14 hari kerja sampai akhirnya kamu memperoleh persetujuan bank untuk memiliki kartu kredit. Selanjutnya kamu akan mengetahui perusahaan penerbit kartu, seperti MasterCard, Visa, American Express, Diners Club, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengaktifkan kartu kredit kamu melalui telepon atau sms. Kemudaian kamu sudah dapat menggunakan kartu kredit kamu dengan menggesekkan kartu pada mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang secara otomatis akan menginput data kamu dan melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pembelian kamu.

Mesin EDC merupakan mesin yang mampu membaca garis magnetic yang ada dibalik fungsi kartu kredit kamu. Misalkan nomor kartu kredit, plafon, tanggal kadaluarsa dan banyak lagi. Selanjutnya secara instan validasi pembayaran kamu akan dilakukan saat itu juga atau real time.

Selanjutnya pihak toko, akan mengirimkan bentuk tagihan terkait dengan belanja kamu baik kepada MasterCard, Visa atau American Express. Semua bergantung pada jenis kartu yang kamu gunakan.

Kemudian, pihak perusahaan dari kartu credit akan melanjutkan pengecekan mengenai validasi kartu kredit kamu pihak bank penerbit kartu kredit yang kamu pakai.

Setelah ada konfirmasi dari dari pihak bank yang kamu pakai, maka perusahaan penerbit kartu kredit akan melanjutkan informasi pembelian kamu kepada pihak bank yang dilakukan oleh toko tempat kamu berbelanja, dan selanjutnya transaksi kamu disetujui.

Keutungan dalam menggunakan kartu kredit adalah kamu bisa melakukan utang berbentuk barang atau uang tunai untuk membayar sebuah tagihan. Selanjutnya proses pembayaran bisa kamu lakukan dengan cicilan.

Sementara untuk kerugian dari penggunaan kartu kredit adalah dimana kamu akan merasa sulit untuk mengurangi sifat konsumtif, karena secara tidak sadar kamu merasa sudah memiliki sejumlah uang yang bisa kamu gunakan dimana pembayarannya bisa ditunda sampai bulan depan.

Fungsi kartu kredit memang bisa membantu kamu dalam memperoleh dana ekstra yang digunakan untuk emergency, namun jika kamu tidak mampu mengontrol pengeluaran kamu dengan mempertahankan sikap konsumtif, maka kartu kredit bisa menjadi boomerang bagi kamu.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait