Milenial

Tak Sangka, Merek Terkenal Ini Ternyata Produk Lokal Loh

Ajaib.co.id – Kualitas produk lokal asal Indonesia, ternyata tidak kalah dengan merek-merek terkenal lainnya yang berasal dari luar negeri sekalipun. Mungkin tanpa disadari oleh kamu sebenarnya produk-produk fashion yang sering digunakan setiap harinya merupakan brand lokal.

Saat ini nama-nama produk asal Indonesia semakin beragam dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan pemberian nama menggunakan bahasa Inggris dan juga bahasa asing lainnya. Hal inilah yang membuat kita sering menganggap produk-produk tersebut, bukanlah produk lokal Indonesia.

Masih banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa produk lokal adalah sebuah produk yang dibuat oleh anak bangsa yang mencerminkan budaya dan kearifan lokal Indonesia, termasuk nama produk harus berbahasa Indonesia. Padahal, pemberian nama pada sebuah produk yang menarik dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli produk dari bisnismu, serta membantu strategi pemasaran yang baik.

Oleh sebab itu, jangan heran jika saat ini banyak sekali merek-merek produk yang dijual di pasaran memiliki nama produk yang sedikit nyeleneh ataupun berbahasa asing. Ini adalah salah satu strategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh perusahaan agar bisnisnya terlihat berbeda dan mudah diingat oleh para pelanggan.

Nah bagi kamu yang masih mengira bahwa brand terkenal di bawah ini merupakan produk asal luar negeri, kamu bisa cek informasi selengkapnya yang sudah redaksi Ajaib persiapkan.

Brand Terkenal Asal Indonesia yang Mendunia

1. The Executive

Nama brand ini memang terdengar bukan produk asli Indonesia. Namun faktanya The Executive adalah produk asli karya anak bangsa bernama Johanes Farial yang didirikan pada 1979. Brand lokal ini berada di bawah naungan PT Delami Garment Industries.

Saat ini, The Executive telah merambah ke berbagai negara seperti Asia Tenggara dan lain sebagainya. Salah satu produk anyar buatan brand ini yang paling dikenal oleh masyarakat adalah produk jas.

2. Casablanca

Nama brand ini mengingatkan kita kepada salah satu daerah di Jakarta Selatan, yaitu Kasablanka bukan? Di mana Kasablanka merupakan tempat favorit dan prestius di Jakarta, ketika kamu ingin membeli brand-brand fashion mewah di sana.

Selain nama daerah di Jakarta Selatan, Casablanca juga merupakan nama kota di benua Afrika, tepatnya di negara Maroko.

Namun Casablanca yang kita akan bicarakan ini, merupakan merek parfum terkenal. Sayangnya tidak banyak yang tahu bahwa brand ini produk lokal, bukan produk asal luar negeri.

Wajar saja jika menganggap parfum ini produk luar negeri. Lantaran, kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan brand ini selalu menggunakan model-model berparas bule. Inilah yang membuat brand Casablanca dianggap oleh banyak orang sebagai produk luar negeri.

Perlu kamu tahu, Casablanca merupakan brand yang didirikan oleh Liong Juen Fat pada 1980, dan berada di bawah PT Priskila Prima Makmur.

2. Polygon

Bagi kamu yang suka bersepeda, kamu pasti tidak asing lagi dengan merek sepeda gunung Polygon. Sebab, sepeda Polygon banyak dijual di mal-mal hingga toko sepeda yang berjualan di pinggir jalan sekalipun.

Kualitas sepeda Polygon sudah tidak perlu lagi diragukan, brand ini adalah produk lokal Indonesia yang telah mendunia.

Kesuksesan merek sepeda ini diperoleh saat dipasarkan di luar negeri terlebih dahulu. Setelah itu, barulah merek sepeda Polygon memperkenalkan produknya di dalam negeri hingga sekarang menjadi produk lokal sepeda paling terkenal di Indonesia.

Perusahaan yang menaungi merek Polygon ini adalah PT Insera Sena di Sidoarjo, Jawa Timur, yang sudah berdiri sejak 1989.     

3. Lea

Bila kamu perhatikan logo Lea memang memiliki desain yang unik seperti corak bendera Amerika Serikat yang memiliki bintang. Hal inilah yang membuat produk ini disangka oleh banyak orang berasal dari negeri Paman Sam (Amerika Serikat).

Padahal, Lea adalah merek lokal yang didirikan oleh perusahaan Indonesia, yaitu PT Lea Sanent pada 1976 yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Desain celana jeans yang diproduksi oleh Lea memang memiliki gaya khas dari busana orang-orang Amerika Latin. Jadi, tak heran bila merek Lea dianggap sebagai produk asal luar negeri.

4. Wakai

Nama merek ini berasal dari bahasa Jepang Wakai yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “muda”. Ini adalah sebuah filosofi yang ingin dihadirkan bagi seluruh pelanggannya, bahwa produk Wakai memang menargetkan anak-anak muda agar bisa tampil kece dan bergaya.

Dalam proses pembuatan produk Wakai, pihak perusahaan memberikan sentuhan-sentuhan gaya fashion yang disukai oleh anak-anak muda di Jepang.

Walaupun dianggap sebagai brand asal Jepang, tetapi semua proses pembuatannya dilakukan di Indonesia dan merupakan produk lokal fashion Indonesia yang telah diakui kualitasnya secara internasional.

Produk Lokal Kekinian bagi Milenial, Biar Enggak Mati Gaya dan Ketinggalan Zaman

Sebagai generasi milenial yang mewakili kalangan anak muda di Indonesia, tentu saja pasti kamu tidak mau ketinggalan tren-tren terbaru dari gaya berpakaian anak-anak muda zaman now.

Biar kamu enggak ketinggalan tren fashion pakaian terbaru, kamu bisa membeli kebutuhan fashion-mu di brand-brand lokal berikut ini:

●      Shop At Velvet

●      Shining Bright

●      Our Clothing

●      RSCH

●      Minimal

●      Miroir Store

Enam brand lokal di atas merupakan merek-merek fashion asli Indonesia, yang direkomendasikan bila kamu ingin membeli pakaian-pakaian kekinian yang tentunya masih fresh dan sedang tren saat ini. Selain memiliki koleksi pakaian yang trendi, harga dari pakaian-pakaian darimerek lokal tersebut juga terbilang terjangkau bagi kantong anak-anak muda di Indonesia.

Demikianlah informasi terkait daftar produk lokal Indonesia terkenal yang dianggap sebagai produk asal luar negeri. Produk-produk lokal di atas merupakan brand asal Indonesia yang memiliki kualitas dan diakui secara internasional.

Setelah membaca artikel ini hingga selesai, apakah kamu masih belum percaya bahwa merek-merek lokal di atas merupakan produk buatan dalam negeri?

Artikel Terkait