Fakta Menarik Tren Pinjam Uang Online yang Digandrungi

Pinjaman Online Pinjam uang online

Era digitalisasi yang terjadi di Indonesia secara tidak langsung juga membawa berkah tersendiri bagi masyarakat Indonesia secara luas. Salah satunya dengan banyaknya startup baru yang bermunculan dan memberikan berbagai layanan berbasis digital, sebut saja salah satunya layanan fintech pinjam uang online yang dalam kurun beberapa tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Layanan fintech lain yang saat ini hadir untuk membantu akses keuangan Indonesia seperti lending, crowdfunding, e-money, investasi online dll.

Dari sekian banyaknya layanan fintech yang ditawarkan kepada masyarakat, salah satu layanan fintech yang paling berkembang adalah pinjaman online dimana masyarakat umum bisa melakukan pinjam uang secara online melalui platform yang tersedia saat ini, tentu saja yang menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam hal aksesnya.

Bermodalkan KTP saja, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman online kamu di berbagai platform yang saat ini tersedia di pasaran. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan pinjaman hingga puluhan juta.

Adanya layanan pinjaman uang secara online saat ini semakin memudahkan masyarakat khususnya mereka yang masih belum tersentuh layanan keuangan, salah satu pasar terbesarnya adalah kaum milenial.

Sehingga wajar saja, saat ini layanan pinjaman tersebut kini menjadi tren kekinian bagi kalangan anak muda di Indonesia. Sesuai dengan budaya anak muda yang mengusung konsep kecepatan dan kemudahan dalam hal akses. 

Nah berikut fakta-fakta menarik seputar tren pinjam uang online yang berkembang di kalangan anak muda yang perlu kamu ketahui, salah satunya enggak bisa bayar angsuran cicilan karena tidak bijak dalam mengelola keuangan.

Memudahkan Kamu dalam Meminjam Uang

Baik itu dianggap positif dan negatif bagi sebagian orang, tetap saja harus diakui bahwa hadirnya layanan pinjaman uang online menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang masih kesulitan dalam mengakses layanan keuangan di bank. Dalam pengajuan pinjaman di bank, mereka terkendala dengan dokumen dan administrasi pendukung lainnya.

Bagi kaum milenial, pinjaman uang online memang benar-benar mencerminkan budaya dan konsep anak muda sekali, kamu nggak perlu repot-repot harus antre di bank, kamu hanya tinggal memanfaatkan internet dan smartphone-mu untuk men-download dan mengajukan pinjaman uang online melalui aplikasi.

Mudah bukan? Ini membuat pinjaman uang menjadi mudah dan cepat untuk dilakukan melalui aplikasi saja.

Benarkah Bunga Pinjaman Uang Online Besar?

Pinjaman uang online memang membebankan bunga per hari bagi kamu yang terlambat dalam melakukan pembayaran cicilanmu tersebut.

Regulasi bunga per hari di layanan pinjaman uang online, OJK menekankan agar bunga tersebut tidak lebih dari 0,8% per harinya.

Ini menjadi bagian dari kode etik Asosiasi Fintech Indonesia Pendanaan Bersama Indonesia (AFIP). Jika ada fintech legal yang membebankan bunga lebih dari 0,8% per hari, kamu bisa melaporkan langsung kepada OJK dan OJK akan menindaklanjuti hal tersebut.

Pro dan Kontra Pinjaman Uang Online

Setiap kebijakan dan sesuatu hal yang baru pasti akan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Sebenarnya pinjaman uang online tersebut bagaikan pedang bermata dua, tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Terkadang bukan hanya bunga yang dinilai besar saja yang membuat kamu sulit membayarnya. Melainkan ada hal-hal lain, seperti belum dewasanya kamu dalam mengelola uang pinjaman online-mu tersebut yang digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif.

Namun di lain sisi, pinjaman uang online dapat menjangkau masyarakat yang belum tersentuh perbankan sama sekali.

Jadi, bagaimana tanggapanmu saat ini terkait tren pinjam uang online yang sedang menjadi tren kekininian? Setuju atau tidak?

Bacaan menarik lainnya:

Sutisna, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait