Tips Aman Dapatkan Uang Pinjaman dari Pinjol

uang pinjaman dari pinjol
uang pinjaman dari pinjol

Belakangan ini pinjol (pinjaman online) sedang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia untuk mendapat uang pinjaman. Hal itu dikarenakan syarat pengajuan yang mudah dan pencairan dana relatif lebih cepat daripada saat meminjam melalui bank. Tak heran jika uang pinjaman dari pinjol lebih diminati.

Namun, tidak sedikit pula yang merasa takut untuk mendapatkan uang pinjaman dari pinjol. Hal itu karena khawatir bernasib sama seperti nasabah-nasabah pinjaman online lain, yaitu diteror penagih utang yang sempat ramai beberapa bulan ke belakang.

Sebenarnya, ada beberapa tips aman yang bisa kamu ikuti agar bisa mendapatkan uang pinjaman dari pinjol berbasis fintech. Berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Pilih yang Resmi

Saat ini memang sudah banyak platform pinjaman online yang tersedia. Meski begitu, kamu harus selektif dalam memilih paltformnya. Sebab, jika sembarangan, yang ada kamu akan mengalami banyak masalah.

Pilih aplikasi pinjaman online yang resmi di mana platform tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK). Sebab, perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan diawasi OJK akan mengikuti prosedur yang berlaku, mulai dari penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman, dan sebagainya.

Pilih yang Bunganya Rendah

Pilih aplikasi fintech yang memberikan pinjaman online dengan bunga lebih kecil daripada platform lainnya. Dengan begitu, saat membayar utang kamu tidak akan keberatan karena bunga yang diterapkan tidak terlalu tinggi.

Ingat Jumlah Uang yang Dipinjam

Jangan lupakan jumlah yang yang kamu pinjam. Selain itu, ingat juga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Kamu bisa mencatatnya agar tidak lupa. Kalau perlu, catat pada lembar sticky notes dan tempelkan di papan yang bisa kamu lihat tiap hari.

Siapkan Uang Selekasnya

Saat gaji cair, segera sisihkan uang khusus untuk membayar pinjaman online. Jangan pernah mengganggu gugat uang yang sudah disishkan terlebih dahulu. Dengan begitu, saat tiba waktunya untuk membayar utang dari pinjaman online, maka bisa segera dibayarkan utangmu tersebut.

Catat Tanggal Jatuh Tempo

Ketika pinjaman online sudah disetujui dan cari, hal pertama yang perlu dilakukan ialah mencatat tanggal jatuh tempo. Hal itu dilakukan agar kamu tidak lupa untuk membayar utang tersebut. Kamu bisa mencatatnya di notes atau di smartphone milikmu.

Jangan Lewat dari Tempo

Batas akhir pembayaran utang adalah saat tanggal jatuh tempo. Jadi, sebaiknya kamu membayarkan utang sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak ditagih terus menerus. Selain itu, setidaknya kamu bisa terhindar dari denda jika membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Itulah beberapa tips aman yang bisa kamu lakukan saat ingin mendapatkan uang pinjaman dari pinjol yang sedang marak. Gunakan dengan cerdas dan bijak uang dari hasil pinjaman online tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal memanfaatkan platform pinjaman online tersebut.

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait