Bisnis & Kerja Sampingan

Ekspansi Adalah Kebijakan Perusahaan, Ini Strateginya

ekspansi adalah

Ajaib.co.id – Ekspansi adalah aktivitas yang dilakukan sebuah perusahaan sebagai strategi untuk mengatasi masalah keterbatasan pasar domestik dan stagnansi industrinya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ekspansi, simak ulasan berikut ini.

Bagi kamu yang menggeluti kewirausahaan dan startup, pasti pertumbuhan (growth) selalu menjadi dambaan setiap entrepreneur, baik itu pertumbuhan perusahaan maupun produk.

Kabar tentang peningkatan omzet, produktivitas, hingga ide ekspansi adalah fokus perbincangan hangat. Itu lumrah. Tak ada pemilik usaha yang ingin bisnisnya menciut. Investor pun otomatis lebih akan tertarik ketika ada pertumbuhan.

Namun ada kalanya growth dan ekspansi justru mendatangkan bahaya finansial berupa over budget proses produksi, manajemen karyawan, hingga ekspansi, yang mengakibatkannya tidak sustainable, tidak valuable, dan akhirnya tidak mampu mendanai diri sendiri. Di momen itulah penggiat growth hack harus mampu mengidentifikasi bahaya tersebut, dan berupaya menghindarinya.

Pengertian Ekspansi

Definisi dari ekspansi adalah aktivitas meningkatkan skala atau luas jangkauan sebuah usaha, yang ditandai dengan proses penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan aspek terkait lainnya.

3 Motivasi Perusahaan Melakukan Ekspansi

Mengakses Calon Pelanggan Baru

Ekspansi ke pasar dunia diyakini akan memberi potensi untuk meningkatkan pendapatan, laba dan growth jangka panjang, sehingga perusahaan dapat menjadi perusahaan domestik yang mapan.

Mengefisienkan Biaya Sambil Meningkatkan Daya Saing usaha.

Umumnya perusahaan melakukan ekspansi karena pasar domestik dan industri mereka sudah terbatas. Dengan ekspansi, daya saing perusahaan meningkat karena mengkapitalisasi kompetensi dan kapabilitas utamanya demi memperoleh keuntungan kompetitif di pasar luar negeri, seperti halnya pada pasar domestik.

Pemerataan Risiko

Ekspansi yang dilakukan perusahaan akan menyebar atau membagi risiko bisnisnya melalui perluasan jaringan pasar yang telah ada, sehingga beban per unitnya semakin ringan.

Seiring perjalanan waktu, perusahaan yang tumbuh dengan konsisten dapat menjadi pusat evolusi komunitas serta ekonomi di sekitarnya. Selanjutnya lapangan pekerjaan baru bermunculan, berbagai usaha yang berkaitan pun akan turut berkembang.

Perusahaan tersebut kemudian bahkan bisa menjadi landmark atau simbol daerah tempatnya berada. Namun, dibutuhkan persiapan dan kebijaksanaan yang matang guna mencapai tingkat pertumbuhan seperti itu, karena tanpa keduanya, pertumbuhan bisa tak terkendali dan akhirnya melampaui kemampuan perusahaan dalam mengelolanya.

Di dalam dunia politik, ekspansi adalah strategi politik yang bertujuan untuk memperluas wilayah suatu negara dengan menduduki atau menjajah negara lain. Politik ekspansi sangat umum digunakan dalam dunia usaha, di mana produk impor berupaya merajai pasar domestik sebuah negara.

4 Strategi yang Umum dalam Ekspansi

Penambahan Produk atau Layanan Baru

Riset tentang pasar dan perilaku konsumsi konsumen wajib dilakukan secara menyeluruh, sebelum mencari sumber daya finansial dan manusia tambahan demi menghasilkan produk baru atau perluasan layanan.

Mendorong Peningkatan Konsumsi Produk pada Konsumen Loyal

Identifikasi segmen konsumen mana yang paling banyak melakukan pembelian, kemudian fokuskan penjualan dan strategi pemasaran di segmen konsumen tersebut.

Perluasan Jangkauan Wilayah Segmen Baru

Jenis ekspansi bisnis yang dilakukan biasanya membuka toko atau gerai baru di wilayah yang berbeda apabila jenis usaha awal adalah ritel atau toko. Bisnis online dapat memanfaatkan fitur iklan berbayar, yang biasanya disediakan oleh platform search engine dan media sosial.

Akuisisi atau Merger dengan Bisnis Lain

Proses penggabungan 2 perusahaan atau lebih menjadi satu dengan tujuan mendapatkan keuntungan bersama disebut dengan merger. Sedangkan akuisisi adalah pembelian perusahaan lain oleh sebuah perusahaan.

7 Manfaat dari Ekspansi Adalah

Pertumbuhan dan Diversifikasi.

Untuk mencapai pertumbuhan skala, pasar saham, maupun diversifikasi usaha yang cepat, perusahaan dapat melakukan merger maupun akuisisi, karena dengan begitu perusahaan tidak memiliki risiko adanya produk baru.

Ekspansi bisnis melalui merger atau akuisisi juga menjadikan perusahaan mampu menekan pesaing, sehingga bisa lebih fokus menjalankan bisnis.

Sinergi

Sinergi yang baik paska merger atau akuisisi akan menghasilkan perpaduan biaya overhead yang mampu meningkatkan pendapatan dibanding sebelum merger.

Ketika perusahaan yang melakukan merger berada dalam kategori bisnis yang sama, efektifitas sinergi akan jelas terlihat karena fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan dapat dihilangkan. Kerjasama dan komitmen yang bagus memungkinkan usaha melanjutkan bisnis dengan lebih percaya diri.

Meningkatkan Dana

Bergabung dengan perusahaan yang punya likuiditas tinggi akan membuat daya pinjam perusahaan meningkat, dan kewajiban finansial menurun.

Meningkatkan Skill Manajemen dan Teknologi

Peningkatan keterampilan manajemen dan teknologi perusahaan akan bersumber dari perusahaan merger. Dampak positifnya terlihat pada peningkatan motivasi kerja karyawan, sehingga produktivitas kerja meningkat.

Pertimbangan Pajak

Kerugian pajak bisa membebani perusahaan hingga > 20 tahun ke depan, atau sampai kerugian pajak dapat tertutupi. Strategi perusahaan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan akuisisi terhadap perusahaan yang menghasilkan laba, untuk memanfaatkan kerugian pajak.

Peningkatan Likuiditas Usaha

Perusahaan memiliki likuiditas yang lebih besar melalui merger antar-perusahaan. Ketika skala perusahaan membesar, pasar saham akan lebih luas, lebih mudah diperoleh, sehingga lebih likuid dibandingkan ketika perusahaan masih kecil.

Proteksi dari Akuisisi (Pengambilalihan)

Proteksi ini dibutuhkan ketika sebuah perusahaan menjadi incaran akuisisi yang tidak bersahabat, seperti: Target firm dalam pembiayaan akuisisi perusahaan dengan utang, yang otomatis membuat kewajiban perusahaan menjadi terlalu tinggi untuk ditanggung oleh bidding firm yang berminat.

Jangan remehkan riset pasar dan segmen saat kamu atau kantormu akan melakukan ekspansi, agar langkah besar itu tidak menjadi salah langkah. Cermati dulu juga diversifikasi portfolio investasi kamu sebelum melakukannya. Pilih investasi berintegritas dan menguntungkan seperti reksa dana di aplikasi Ajaib.

Aplikasi Ajaib ini mudah, menu pilihan paket investasi variatif, minimum modal hanya Rp10.000, menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta diawasi penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, Ajaib tetap jadi pilihan cerdas untuk kaum milenial.

Artikel Terkait