Ekonomi

Ekonomi Digital : Pengertian dan Contoh-Contohnya

Ekonomi digital
Ekonomi digital

Ajaib.co.id – Ekonomi digital semakin berkembang dari waktu ke waktu. Orang-orang mulai terbiasa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan kegiatan ekonomi. Digitalisasi ekonomi ini disukai karena lebih praktis dan efisien.

Perkembangan ekonomi digital terus didorong ke seluruh lini bisnis dan pemerintahan. Tidak dapat dipungkiri bahwa digitalisasi ekonomi mampu meningkatkan perekonomian. Banyak lapangan kerja baru yang tumbuh dengan adanya inovasi di bidang ekonomi digital.

Ekonomi digital menjadi ujung tombak perkembangan ekonomi. Sebenarnya apa pengertian ekonomi digital dan apa contoh-contohnya? Yuk, simak uraian berikut!

Pengertian Ekonomi Digital

Pengertian ekonomi digital adalah semua bentuk aktivitas ekonomi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi agar lebih aman dan efisien. Ekonomi digital ini bukan hanya terbatas pada transaksi jual beli barang, namun mencakup digital marketing, dompet digital, pinjaman online, investasi, dan masih banyak lagi.

Keuntungan dari adanya digitalisasi ekonomi ini antara lain:

1.     Aman

Dengan ekonomi digital, transaksi keuangan menjadi lebih aman. Data keluar masuk uang disimpan dengan rapi dan dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai bukti untuk menghindari kasus penipuan.

Selain itu, orang tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai untuk melakukan transaksi. Digitalisasi ekonomi memungkinkan transaksi keuangan dilakukan secara cashless. Hal ini tentu membuat transaksi lebih aman karena terhindar dari risiko kejahatan seperti pencopetan dan sebagainya.

2.     Mudah

Aktivitas ekonomi yang biasa dilakukan secara manual sebelumnya mengharuskan kita untuk mendatangi tempat transaksi dengan beberapa prosedur yang harus dilalui. Misalnya jika ingin membeli suatu barang, kita perlu datang ke toko, mencari barang yang dicari, melakukan tawar menawar, sampai kemudian membelinya dengan uang tunai.

Dengan berkembangnya ekonomi digital, aktivitas ekonomi menjadi lebih mudah. Untuk belanja kita bisa menggunakan smartphone dan aplikasi belanja online. Untuk melakukan promosi tidak perlu lagi menyebarkan kertas brosur dari rumah ke rumah, kita melakukannya dengan cara pasang iklan di media sosial.

3.     Cepat

Dengan melakukan aktivitas ekonomi melalui smartphone secara digital, kita bisa menghemat waktu. Transaksi keuangan menjadi lebih cepat dan berlangsung secara real time. Ketika kita mengirimkan uang ke seseorang di luar kota, orang tersebut dapat langsung menerima uang tersebut.

Kegiatan belanja, pembayaran biaya bulanan, bahkan untuk investasi bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan bantuan teknologi. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu di perjalanan dan menunggu antrean.

4.     Hemat Biaya

Selain hemat, waktu, tentu saja adanya ekonomi digital juga bisa memangkas biaya. Biaya transaksi menjadi lebih murah karena tidak disertai dengan biaya transportasi dan biaya lainnya. Melakukan aktivitas ekonomi menjadi lebih hemat.

5.     Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Adanya digitalisasi ekonomi juga telah menciptakan banyak lapangan kerja baru. Di ranah media sosial, sekarang banyak profesi baru bermunculan seperti influencer, KOL management, content planner, dan masih banyak lagi.

Contoh-Contoh Ekonomi Digital

Ekonomi digital telah hadir di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Sampai saat ini, pelaku ekonomi digital terus bermunculan dengan ragam inovasi terbaru. Berikut ini contoh-contoh ekonomi digital.

1.     Ekonomi digital dalam jual beli barang

Contoh-contoh ekonomi digital dalam hal belanja atau jual beli barang antara lain adalah toko online dan marketplace. Sebut saja ada Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Sociolla, dan masih banyak lagi.

Perkembangan ekonomi digital di bidang jual beli barang ini semakin pesat. Apalagi ketika terjadi pandemi Covid-19, orang lebih memilih untuk belanja online di marketplace dibandingkan harus datang langsung ke pasar atau toko.

2.     Ekonomi digital dalam transportasi

Layanan transportasi tidak luput dari perkembangan ekonomi digital. Tentu kamu sudah akrab dengan layanan transportasi berbasis digital seperti GO-JEK dan GRAB. Layanan ini menciptakan sinergi antara penyedia jasa transportasi seperti tukang ojek dan sopir taksi dengan konsumen dengan cara yang lebih efisien.

Jika kamu ingin bepergian, kamu tidak perlu mencari pangkalan ojek atau taksi. Kamu bisa memesannya dari aplikasi di smartphone. Layanan transportasi yang kamu inginkan akan menjemputmu secepatnya. Tidak perlu menunggu lama. Asyik, ya!

3.     Ekonomi digital dalam sistem pembayaran

Contoh-contoh ekonomi digital dalam sistem pembayaran dan dompet digital antara lain ada OVO, DANA, LinkAja, dan masih banyak lagi. Selain berfungsi sebagai dompet digital untuk menyimpan uang, layanan ini juga bermanfaat untuk melakukan pembayaran rutin seperti tagihan listrik, asuransi, dan tagihan lainnya.

Menariknya, kamu bisa mendapatkan diskon dan cashback jika melakukan pembayaran secara cashless dengan aplikasi dompet digital ini. Kamu bisa mencari tahu promo yang sedang berlangsung di aplikasi dompet digital kesayanganmu.

4.     Ekonomi digital dalam investasi

Ada banyak investasi yang bisa dilakukan dengan berkembangnya ekonomi digital.  Kamu bisa menabung emas dan menyalurkan modal usaha P2P lending melalui aplikasi di smartphone. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah investasi saham dan reksa dana dengan memanfaatkan digitalisasi ekonomi.

Salah satu contoh ekonomi digital dalam bidang investasi adalah aplikasi Ajaib. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham dan reksadana dengan mudah.

Pendaftaran rekening saham di Ajaib juga sangat cepat, yaitu maksimal 1×24 jam saja pada hari kerja. Jadi kamu bisa hemat waktu dan biaya. Ada banyak promo menarik jika kamu bisa mengajak temanmu juga untuk investasi melalui Ajaib.

Demikianlah uraian tentang ekonomi digital yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui tentang pengertian dan contoh-contoh ekonomi digital, kamu tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan produk digital di sekitarmu.

Artikel Terkait