Milenial

E-Learning Adalah Belajar via Online, Ini Kelebihan-Kekurangannya

E-learning Adalah

Ajaib.co.idE-Learning adalah metode pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi dan internet sebagai sarana penyampaian materi di luar kelas tatap muka fisik tradisional. Berikut adalah definisi e-learning dari berbagai ahli yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Definisi E-Learning

E-learning adalah suatu sistem pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip di dalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi. (Chandrawati, 2010)

E-learning adalah suatu sistem pembelajaran sebagai sarana proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka antara pendidik dengan siswa/siswi. (Ardiansyah, 2013)

Walau terdengar rumit karena masih memiliki keterbatasan dalam infrastruktur teknologi, Indonesia sudah mulai mengadaptasi metode e-learning sebagai metode pembelajaran dari berbagai tingkat. Apalagi kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia belum memungkinkan proses belajar dilakukan secara efektif dengan tatap muka secara langsung.

Redaksi Ajaib merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan e-learning sebagai metode belajar mengajar yang sudah cukup efektif untuk saat ini dari berbagai sumber.

Kelebihan E-Learning

Teknologi diciptakan untuk memudahkan hidup manusia, begitu juga dengan adanya teknologi dalam pembelajaran e-learning. Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil saat menerapkan dan menggunakan metode e-learning:

1. Efektif dan Efisien

E-learning merupakan metode belajar yang tidak memerlukan tempat fisik untuk berkumpul, hanya perlu satu ruang virtual agar bisa berkumpul untuk belajar bersama. Selain itu, pembelajaran e-learning juga bisa diakses dari mana saja selama peserta didik punya internet untuk mengakses kelas dan mengunduh materi yang diperlukan untuk proses belajar.

Selain itu, e-learning adalah metode belajar yang bisa dibilang memiliki efisiensi biaya. Memang masih ada biaya yang harus dikeluarkan untuk internet dan materi pendukung lainnya, namun peserta didik dan pengajar tidak perlu mengeluarkan uang transport, uang makan, dan lainnya.

2. Bisa Diikuti Banyak Orang

Berbeda dengan kelas tatap muka yang terbatas oleh kapasitas ruangan, metode pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi ini cenderung lebih bisa diikuti lebih banyak orang, sehingga pengaturan jadwal kelas bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Berbagai aplikasi video conference bisa mengumpulkan ratusan orang dengan fitur virtual yang sangat memudahkan. Zoom, aplikasi video conferencing yang digunakan banyak orang di seluruh dunia baik untuk belajar maupun bekerja punya kemampuan menampung 500 orang jika menggunakan paket Zoom Enterprise.

Namun versi gratis dari Zoom juga bisa digunakan oleh 100 peserta. Selain Zoom, aplikasi video conference bawaan Microsoft, Microsoft Teams juga bisa menampung maksimum 250 orang, lebih dari cukup untuk menggunakan sistem pembelajaran online ini.

3. Bisa Mengatur Waktu Sendiri

Beberapa jenis pengajaran atau online training menggunakan aplikasi belajar daring yang tidak diselenggarakan secara live memungkinkan kamu untuk bisa mengatur waktu sendiri. Tentunya hal ini bisa jadi sarana bagi peserta didik untuk mengatur prioritas materi pembelajaran.

4. Pengajaran Mandiri Bagi Peserta Didik

Salah satu karakter e-learning adalah kemandirian. Jika peserta didik merasa pendidikan adalah hal yang penting, tentunya ia akan mengatur waktu agar bisa mempelajari semua materi yang diperlukan tanpa menunda atau bahkan membolos. Makin disiplin, makin banyak ilmu yang bisa dipelajari dan proses belajar makin cepat selesai.

Kekurangan E-Learning

Walau punya segudang manfaat, pembelajaran secara online ini rupanya memiliki beberapa kekurangan yang harus diantisipasi agar tidak menutupi kelebihannya. Berikut adalah beberapa kekurangan pembelajaran secara online yang harus diwaspadai oleh pengajar maupun peserta didik.

1. Kurang Interaksi Tatap Muka

Interaksi antara pengajar dan peserta didik masih menjadi kunci bagi kesuksesan pendidikan. Ada beberapa faktor komunikasi yang bisa dibangun dengan baik hanya jika melakukan tatap muka sehingga gestur, raut wajah, dan maksud ucapan bisa dimengerti dengan baik.

Hal ini sebetulnya bisa diantisipasi dengan mencampur metode pembelajaran online dengan metode tatap muka konvensional, jika kondisi memungkinkan. Beberapa kampus yang menggunakan e-learning sudah menerapkan sistem ini.

Misalnya dalam 12 kali perkuliahan, 8 kelas diselenggarakan secara online dan 4 kelas diselenggarakan secara tatap muka agar bisa membangun interaksi yang lebih baik.

2. Keterbatasan Infrastruktur

Indonesia adalah negara kepulauan yang belum memiliki pemerataan infrastruktur teknologi, bahkan listrik. Pengadaan akses ini sangat penting agar proses belajar online bisa dilakukan secara efektif.

Belum lagi akses terhadap materi digital yang masih sangat terbatas juga jadi tantangan baik bagi pengajar maupun peserta didik agar bisa menciptakan kelas e-learning yang interaktif.

3. Perubahan Fungsi Pendidikan Menjadi Pelatihan

Pendidikan memiliki arti yang sangat luas dan melibatkan proses mendidik berupa pengajaran dan pelatihan. Beberapa sistem pengajaran harus dilakukan langsung dengan metode tatap muka, misalnya untuk eksperimen sains.

E-learning belum bisa memfasilitasi hal ini sehingga perlu strategi ke depannya agar fungsi pendidikan tidak hilang.

4. Kesehatan Mental

Manusia perlu melakukan interaksi sosial secara langsung agar tidak merasa kesepian dan stres karena merasa sendiri. Ini adalah hal yang patut diantisipasi jika melakukan pembelajaran e-learning.

Baik pendidik maupun peserta didik harus mampu menjaga kondisi mental agar tidak merasa putus hubungan secara sosial dan kekurangan hiburan selama melakukan pembelajaran secara e-learning.

Itu dia beberapa hal yang jadi kelebihan dan kekurangan e-learning. Tentunya dalam kondisi pandemi COVID-19 ini semua orang harus bisa menerima situasi dan beradaptasi agar bisa melakukan e-learning dengan baik dan efektif.

Tak hanya informasi mengenai e-learning ini saja, kamu juga bisa membaca berbagai artikel mengenai pendidikan di blog Ajaib, termasuk berbagai artikel tips pengelolaan keuangan untuk mahasiswa. Ayo baca blog Ajaib sekarang juga.

Artikel Terkait