Perencanaan Keuangan, Teknologi

7 Daftar Aplikasi Pengelola Keuangan yang Mudah Digunakan

aplikasi pengelola keuangan

Ajaib.co.id – Di era digital saat ini berbagai sistem pengelolaan telah menggunakan perangkat khusus ataupun aplikasi. Kini tak terkecuali untuk aplikasi pengatur keuangan yang saat ini marak digunakan.

Aplikasi pengatur keuangan yang lebih dikenal dengan nama finansial teknologi atau fintech memiliki peran penting memudahkan kamu dalam berbagai bentuk daripada pembayaran dan pengelolaan keuangan.

Dengan memanfaatkan kemudahan dan kecanggihan teknologi telepon pintar, aplikasi pengelola keuangan saat ini terus berkembang dan berevolusi untuk mencukupi kebutuhan kamu dan para konsumen dalam berbagai transaksi keuangan.

Melalui aplikasi pengelola keuangan, berbagai sistem transaksi dan pengelolaan uang menjadi lebih mudah. Inklusi keuangan juga semakin tidak memiliki batasan, dimanapun dan kapanpun kamu bisa melakukan transaksi pengelolaan uang kamu melalui aplikasi pengatur keuangan.

Adapun hal menarik yang bisa diintegrasikan dengan beragam bidang dalam menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Aplikasi pengatur keuangan saat ini bisa dinikmati untuk mengelola keuangan kamu antara lain :

Money Lover – Money Manager

Money Lover merupakan sebuah aplikasi pengatur keuangan. Apabila kamu ingin melakukan pengelolaan keuangan mulai dari melakukan pencatatan pengeluaran harian, aplikasi pengatur keuangan Money Lover tentunya sangat sesuai untuk kamu gunakan.

Adapun kemudahan aplikasi pengatur keuangan yang ditawarkannya nantinya akan menjadi sebuah aplikasi pengatur keuangan yang membantu kamu saat digunakan. Aplikasi pengatur keuangan, selain melakukan pencatatan keuangan harian, kamu juga bisa dengan mudah melakukan klasifikasi berdasarkan kategori.

Money Lover juga dapat dibuat menjadi sebuah aplikasi pengatur keuangan yang membatasi anggaran belanja dan budget, mencatat pemasukan dan juga pengeluaran sampai dengan melakukan analisa daripada pengeluaran besar berdasarkan kategorinya.

Platform Money Lover saat ini telah tersedia, baik secara gratis ataupun secara premium. Sekaligus juga bisa diunduh melalui Playstore, Windows Store dan iTunes.

Monefy – Money Manager

Aplikasi Monefy merupakan sebuah aplikasi pengelola keuangan yang merupakan nama lain dari aplikasi pengatur keuangan Money Lover. Hanya saja yang membedakan aplikasi pengatur keuangan ini adalah tampilan dan pengalaman pengguna yang berbeda-beda.

Aplikasi pengatur keuangan Monefy pada dasarnya menawarkan kesederhanaan dalam bentuk tampilan dengan visualisasi yang bagus. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam melakukan analisa keuangan dalam bentuk visual bahkan dijadikan acuan aplikasi pengatur keuangan.

Aplikasi pengatur keuangan Monefy dilengkapi juga dengan widget dimana ini akan membuat kamu dapat dengan mudah melakukan pengaturan keuangan langsung dari home screen.

Adapun cara dalam melakukan pengaplikasian adalah dengan menata bentuk pengeluaran atau budget yang nantinya akan lebih mudah dan kamu dapat melakukan syncronize ke cloud Dropbox.

Realbyte Money Manager Expense & Budget

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Money Manager. Money manager merupakan aplikasi yang sangat populer di bidangnya, dimana dengan aplikasi pengelola keuangan ini, maka pengelolaan uang kamu tentunya tidak menjadi persoalan yang rumit.

Adapun fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini tentunya sudah lengkap dimana kamu bisa mencobanya untuk kebutuhan dasar dalam mengelola keuangan. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini sangat lengkap dan memudahkan kamu dalam menggunakannya untuk kebutuhan dasar.

Misalkan untuk menentukan anggaran dana setiap minggu atau bulan sampai dengan menentukan target uang yang harus kamu kumpulkan dalam beberapa periode.

Financius – Expense Manager

Aplikasi pengatur keuangan Financius juga merupakan aplikasi andalan yang bisa menjadi sebuah bentuk alternatif dalam memudahkan kamu melakukan pengelolaan sistem keuangan. Dengan tampilan yang minimalis dan juga sangat mudah digunakan, maka aplikasi pengatur keuangan Financius tentunya sangat cocok bagi kamu yang mempunyai beberapa akun keuangan yang ingin kamu kelola.

Jika kamu merupakan seorang pekerja sekaligus seorang pebisnis, maka dengan aplikasi pengatur keuangan Financius tentunya akan sangat memudahkan kamu dalam membagi-bagi pendapatan kamu dengan melakukan pengelolaan beberapa akun keuangan sekaligus dengan kebutuhan kamu saat ini.

AndroMoney (Expense Track)

Selanjutnya ada juga aplikasi pengatur keuangan AndroMoney (Expense Track) yang sangat populer. Aplikasi pengatur keuangan ini juga terbilang cukup lengkap karena memiliki beragam fitur yang tidak dimiliki aplikasi kompetitor.

Selain keunggulan yang terdapat dalam fitur tambahan yang lengkap, adapun tampilan yang ditawarkan juga tentunya minimalis sehingga kamu tidak harus pusing dan merasa sulit melihat angka dan jumlahnya saat menggunakan aplikasi ini. AndroMoney juga didesain sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan pengaturan keuangan.

Microsoft Excel atau Google Sheets

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Microsoft Excel atau Google Sheets yang sering digunakan dan sangat akrab bagi kamu. Pengaturan keuangan melalui aplikasi Microsoft Excel juga bisa dilakukan melalui smartphone saat ini sehingga kamu tak perlu repot membawa laptop kemana-mana. Cara mudah dalam menggunakan aplikasi pengatur keuangan Microsoft Excel di smartphone adalah mengintegrasikan penggunaan Google Sheets.

KoinWorks

Satu lagi aplikasi pengatur keuangan yang secara khusus memudahkan kamu dalam melakukan pengaturan keuangan adalah aplikasi KoinWorks. Aplikasi ini tentunya akan memudahkan kamu dalam mengalokasikan anggaran belanja kamu dan menggunakannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dan menguntungkan kamu.

Aplikasi pengatur keuangan KoinWorks juga tak hanya untuk mengatur keuangan, namun juga untuk berinvestasi dan memudahkan kamu memperoleh keuntungan. Selain itu, dana yang kamu miliki juga akan lebih bermanfaat karena digunakan untuk membantu orang lain dalam memenuhi kebutuhan pinjamannya.

Itulah beberapa aplikasi manajemen keuangan yang bisa membantu kamu dalam mencatat transaksi dan untuk memberikan laporan keuangan dengan lebih mudah. Beberapa aplikasi di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Google Play Store atau App Store.

Nah, selain mengatur pengeluaran dengan beberapa aplikasi di atas, kamu juga harus bisa mengontrol pengeluaran untuk keuangan di masa depan yang lebih baik dengan memulai investasi. Ada banyak investasi yang bisa kamu pilih, misalnya reksa dana, saham, emas, properti, dan sebagainya.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan mudah, kapan dan di mana saja kamu bisa mulai dengan berinvestasi di Ajaib. Aplikasi untuk investasi satu ini bisa membantu kamu berinvestasi reksa dana atau saham hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu. Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai instrumen yang bisa disesuaikan dengan tujuan keuanganmu di masa depan.

Bagi kamu yang menginginkan investasi dengan return tinggi dan berani ambil risiko, kamu bisa memulai investasi saham di Ajaib. Namun, bagi kamu yang ingin investasi aman dan juga memberikan risiko rendah, kamu bisa memilih instrumen reksa dana. Jadi, apapun tujuan keuanganmu, mulai investasi sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait