Bisnis & Kerja Sampingan

Deretan Ide Usaha yang Cocok Dijalankan Single Parents

single parents

Ajaib.co.id – Untuk para single parents di luar sana, kalian adalah orang kuat. Selain kamu tetap menanggung tanggung jawab sebagai orangtua tunggal dalam membesarkan anak, kamu juga harus bisa mencari uang. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan memberikan kamu deretan ide usaha yang cocok untuk single parents jalankan.

Dalam membina rumah tangga, tidak ada yang memang bernia untuk menjadi single parent. Namun, kehidupan memang tidak bisa ditebak. Jika memang sudah diharuskan untuk menjadi orangtua tunggal, kamu harus belajar untuk bertahan hidup bersama anak.

Meskipun sulit, para single parents memang harus menjalankan dua peran secara bersamaan, yakni sebagai seorang ayah dan seorang Ibu sekaligus. Karena hal ini. single parents dituntut bisa mendidik anak untuk masa depan dirinya sekaligus menjadi tulang punggung keluarga.

Demi meringankan beban single parents dalam memikirkan ide bisnis ataupun usaha, redaksi Ajaib akan memberikan deretan usaha dan bisnis yang bisa dilakukan oleh single parents.

Penitipan Anak

Ide usaha ini bisa menjadi solusi untuk kamu. Pasalnya, dengan membua penitipan anak, kamu bisa tetap di rumah, mengurus anak, sekaligus mendapatkan uang dengan menjaga anak orang lain. Keuntungan lainnya, anak kamu bisa bergaul dengan anak-anak yang dititipkan tersebut.

Peluang bisnis ini juga cukup menjanjikan mengingat sekarang ini banyak sekali ibu yang merangkap menjadi wanita karir. Dampaknya, anak mereka menjadi butuh tempat untuk dititipkan di saat kedua orang tuanya sedang bekerja.

Membuka Bimbingan Belajar

Lagi-lagi, ide usaha ini bisa menjadi solusi sempurna untuk dapat bekerja dari rumah sambil mengurus anak. Untuk para single parents, bisa menyulap rumah mereka menjadi tempat bimbingan belajar. Jadi, selain kamu bisa mengajari anak kamu sendiri, kamu juga bisa mendapat penghasilan dengan mengajarkan anak orang lain dalam satu waktu.

Jika kamu ragu untuk membuka bimbingan belajar karena sekarang ini sudah banyak lembaga bimbingan belajar profesional, jangan khawatir. Karena, target pasar kamu ini memang banyak sekali dan bisa ditemukan di mana saja.

Kamu bahkan bisa memulainya dengan membuka bimbingan belajar kecil-kecilan di lingkungan rumahmu. Tentunya, untuk mendapatkan pelanggan, kamu harus bisa menawarkan jasa yang baik dengan harga yang ramah untuk lingkunganmu tinggal.

Katering

Kalau kamu gemar memasak atau memang merasa memiliki kemampuan memasak, bisnis single parents ini sangat pas untuk kamu. Karena, bisnis ini bisa dilakukan hanya dari rumah. Jadi kamu tetap bisa memiliki waktu bersama anak sekaligus mendapatkan penghasilan.

Pemasarannya juga tergolong mudah. Kamu bisa menawarkannya pada kerabat atau teman-teman kamu terlebih dahulu. Jika sudah percaya diri, kamu juga bisa tawarkan ke tetangga di lingkungan kamu, atau ibu dari teman-teman anakmu.

Seiring waktu, jika memang masakan kamu ternyata memang lezat dan terjangkau, kamu bisa mendapat free marketing dari obrolan mulut ke mulut soal usaha kateringmu ini. Untuk single parents, bisa dibilang usaha katering ini cukup menjanjikan.

Ide bisnis yang menunjang untuk mendapatkan penghasilan buat single parent selanjutnya adalah catering. Bisnis ini sangat cocok kamu jalankan jika kamu gemar memasak.

Waralaba

Jika kamu memiliki cukup modal, model bisnis waralaba juga cocok untuk dijalankan single parents. Yang perlu kamu lakukan adalah membeli hak pemasaran sebuah brand yang memang sudah terkenal, contohnya Kebab Baba Rafi.

Nantinya, kamu bisa menjual produk dari kebab Baba Rafi meskipun kamu hanya di rumah untuk mengurus anak. Kamu tidak perlu pusing soal pemasaran, karena kamu sudah memiliki brand yang cukup dikenal di kalangan masyarakat.

Untuk awalan, kamu bisa mengadakan promosi agar orang-orang di lingkungan kamu tahu jika kamu menjual Kebab Baba Rafi. Seiring waktu, kamu bisa mendapatkan konsumen yang akan memilih untuk jajan di tempat kamu karena alasan lebih dekat dari rumah atau alasan lainnya.

Online shop

Zaman telah berkembang, kini untuk berjualan kamu tidak perlu membuka toko fisik ataupun menyewa tempat yang memakan banyak biaya. Pasalnya, sekarang ini kamu memang bisa berjualan online di berbagai marketplace yang tersedia.

Dengan membuka online shop, kamu bisa memasarkan banyak produk, baik itu produk buatanmu sendiri, reselling, maupun dropshipping. Khusus untuk dropshipping, kamu tidak membutuhkan modal banyak. Karena kamu bisa memesan barang tersebut setelah ada pesanan masuk ke kamu.

Yang bisa kamu jual pun beragam. Jika kamu mau mengikuti tren, kamu bisa mencari referensi terlebih dahulu apa yang sedang orang butuhkan atau inginkan. Dengan mengikuti tren ini, kamu bisa fleksibel dalam menjual barang, baik itu barang, makanan, hingga pakaian.

Platform untuk berjualan online pun sudah ada banyak. Untuk e-commerce yang besar, kamu bisa memanfaatkan Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga JD.ID

Demikianlah pembahasan mengenai ide usaha untuk single parents. Jika menurut kamu ide usaha tersebut masih susah untuk dilakukan, mungkin ada baiknya kamu mencoba untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih investasi rendah risiko seperti investasi reksa dana.

Bisa dibilang, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah dengan keuntungan yang cukup besar. Karena itu, untuk investor pemula, ada baiknya kamu mencoba produk investasi reksa dana.

Kini, investasi reksa dana juga lebih praktis karena hanya dengan bermodal smartphone saja, kamu sudah bisa memulainya. Untuk lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Ajaib untuk memulai investasi reksa dana. Yuk dicoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait