Milenial

Daftar Negara Tidak Butuh Visa yang Bisa Dikunjungi

Daftar Negara Tidak Butuh Visa yang Bisa Dikunjungi

Ajaib.co.id – Paspor Indonesia punya keistimewaannya sendiri bagi masyarakat yang ingin berjalan-jalan ke luar negeri. Ada sekitar 71 negara tidak butuh visa yang bisa dikunjungi. Ketiadaan visa ini tentu menguntungkan bagimu karena selain tidak perlu mengurus berkas visa, kamu juga tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar visanya.

Manfaat Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Jalan-jalan adalah hal yang paling disenangi milenial. Katanya mengumpulkan pengalaman dan memori itu lebih penting dibandingkan mengumpulkan barang. Kamu yang milenial membutuhkan jalan-jalan setelah terlalu sering bekerja. Jadi, hadiahi dirimu dengan kegiatan yang menyenangkan. Selain itu ini adalah manfaat yang kamu dapatkan dari berwisata.

1.Mampu Menghilangkan Stres

Milenial rentan mengalami stres karena masalah pekerjaan. Ini bukan sekadar pekerjaan yang menumpuk, tapi juga alasan-alasan lainnya misalnya pekerjaan yang gagal dieksekusi dengan baik, tidak mendapatkan apresiasi dari bos padahal usahanya sudah jor-joran, lalu ada konflik serius sama rekan kerja. Selain menyelesaikan hal-hal tersebut secara langsung, kamu juga bisa menghilangkan stres yang melanda dengan jalan-jalan ke luar negeri.

2. Membuatmu Punya Pengalaman Baru

Pengalaman baru akan mengajarkan banyak hal padamu, dan hal itu bisa didapatkan ketika jalan-jalan. Kamu akan berkunjung ke sebuah negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Kamu akan tahu kebiasaan-kebiasaan masyarakat setempat. Kamu juga akan menemukan bahwa negara itu berbeda dengan Indonesia, dan kamu bisa memakluminya. Pikiranmu jadi lebih terbuka bahwa dunia ini memang dipenuhi oleh berbagai macam orang.

3. Menambah Kepercayaan Diri

Percaya atau tidak, jalan-jalan ternyata bisa menambah rasa percaya diri. Berkunjung ke tempat yang sama sekali tidak kamu kenal tidak hanya akan menambah pengalaman baru, tapi kamu juga akan lebih berinisiatif. Kamu akan memaksa dirimu berjalan-jalan, walaupun sebenarnya kamu tidak tahu sedang berada di mana.

Kamu akan mengajak masyarakat tempat berbicara walaupun kamu tidak punya pengetahuan sama sekali tentang bahasa di negara tersebut. Hal ini bisa membawa efek bagus ketika kamu kembali bekerja. Rasa percaya dirimu akan lebih meningkat.

4. Melatih Manajemen Keuangan dengan Baik

Manfaat ini mungkin yang paling tidak kamu sadari. Kamu biasanya akan menekan budget agar proses jalan-jalanmu lancar. Apalagi buat kamu yang tidak terlalu mementingkan belanja, kamu lebih senang mengumpulkan memori. Yang terpenting kamu tetap bisa makan. Di sinilah kamu paling jago dalam mengatur uang agar cukup. Seharusnya kamu juga bisa mengatur uang di kehidupan sehari-hari.

Negara yang Bisa Dikunjungi Tanpa Visa

Sekarang, mari cari tahu negara-negara yang paling asyik untuk dikunjungi. Negara-negara ini memberlakukan bebas visa terhadap Indonesia karena berbagai alasan. Alasan yang pertama bisa jadi karena wisatawan Indonesia yang sangat sering berkunjung ke sana. Alasan kedua karena kerja sama dan hubungan yang begitu erat antara Indonesia dengan negara bersangkutan. Berikut ini adalah beberapa negara tidak butuh visa bagi paspor Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan untuk liburan selanjutnya.

1. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu negara tidak butuh visa bagi paspor Indonesia. Setiap tahun cukup banyak turis Indonesia yang berkunjung, jadi cukup wajar jika warga Indonesia tidak memerlukan visa untuk ke sana. Terutama karena ada Disneyland yang paling difavoritkan. Atau lokasi-lokasi wisata lainnya yang tak kalah seru. Paling asyik membawa keluarga ke sini.

2. Maladewa

Maladewa atau dikenal juga dengan sebutan Maldives merupakan negara yang punya pantai indah. Pemandangan pantainya akan membuatmu takjub. Untuk liburan di sini pun tidak memerlukan budget yang banyak, asalkan kamu bisa mengatur keuangan dengan baik. Biasanya warga Indonesia ke sini untuk berbulan madu, tapi jika kamu sendirian saja ke Maladewa pun tidak masalah.

3. Suriname

Suriname merupakan salah satu negara di Amerika Selatan. Negara tersebut punya hubungan yang unik di Indonesia karena kamu akan dengan mudah menemukan penduduknya yang memiliki keturunan Jawa. Nama-nama tempatnya pun cukup banyak yang memiliki nama Jawa.

Ketika kamu berkunjung kesini, kamu akan merasa tengah berada di kampung halaman. Suriname punya lokasi-lokasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu ingin melihat dataran Suriname dari puncak gunung kamu bisa berkunjung ke Tafelberg.

4. Singapura

Singapura merupakan negara yang cukup dekat dari Indonesia. Tidak mengherankan jika pelancong dari Indonesia berkunjung ke sana. Kamu bisa berkunjung ke Universal Studio. Lalu, berburu kuliner khas Singapura yang cukup beragam. Semua tempat itu mudah diakses karena transportasi Singapura yang sangat memadai. Kamu yang hobi belanja juga akan menemukan barang-barang unik yang kamu incar.

5. Maroko

Maroko merupakan negara di Afrika yang tidak perlu visa untuk ke sana. Banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu penasaran bagaimana rupa Gurun Sahara, Maroko adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan ke gurung terluas di dunia itu. Kamu akan banyak mendapatkan pengalaman baru di tempat ini, terutama bagaimana sebenarnya kehidupan di gurun itu.

Jalan-jalan yang kamu butuhkan sekarang, tapi sebaiknya ditahan dulu. Kamu bisa mengunjungi negara tidak butuh visa di atas setelah pandemi Covid-19 berakhir. Untuk menghiburmu yang belum bisa jalan-jalan, coba catat negara mana saja yang ingin kamu kunjungi.

Suatu saat mimpi itu mungkin akan bisa menjadi kenyataan, sekarang kumpulkan niat dan budget terlebih dahulu. Mungkin saat ini kamu tidak bisa ke mana-mana dan tidak merasa bebas, tapi percayalah suatu saat nanti pandemi ini akan segera berakhir.

Nah, sambil menunggu pandemi berakhir dan kamu bisa berjalan-jalan ke luar negeri, yuk mulai nabung untuk jalan-jalan dengan berinvestasi di Ajaib! Hanya dengan Rp10 ribu kamu bisa mewujudkan impianmu keliling luar negari lho!

Artikel Terkait