Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Profesional

contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

Butuh contoh surat pengunduran diri? Berikut redaksi Ajaib berikan contoh surat pengunduran diri yang profesional. Simak ulasannya ya.

Mengundurkan diri tidak selamanya memiliki arti jelek. Pengunduran diri bahkan cukup sering dilakukan sebagian orang karena berbagai alasan. Misalkan saja, masalah internal perusahaan, konflik dengan atasan atau rekan kerja bahkan masalah-masalah sepele.

Dalam contoh surat pengunduran diri, kamu perlu untuk memikirkan kalimat-kalimat yang baik. Mengingat selama kamu bekerja di perusahaan tersebut yang menaungi kamu, maka rangkaian kalimat dan alasan yang baik perlu kamu tuliskan.

Jika kamu mengalami masalah yang buruk selama bekerja, hal ini tidak pelru kamu sampaikan, namun kamu bisa menuliskan dengan ‘alasan pribadi’ sehingga perusahaan tidak memberikan citra buruk kepada kamu, jikalau suatu hari kamu bekerja di perusahaan baru yang membutuhkan referensi dari perusahaan lama.

Ada banyak contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu jadikan referensi membuat surat resign, namun sebelumnya ada beberapa aspek yang bisa kamu tinjau sebelum membuat surat pengunduran diri, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Alasan

Contoh surat pengunduran diri yang baik adalah dengan menuliskan alasan kamu berhenti dari pekerjaan. Adapun alasan kamu harus bersifat logis dan tidak mengada-ngada. Misalkan, akan melanjutkan studi ke luar kota, mendapatkan pekerjaan yang anda impikan atau alasan pribadi.

Kredibilitas

Setiap kalimat yang kamu tuliskan haruslah kamu pikirkan apakah menyinggung perusahaan atau tidak. Selanjutnya janganlah menuliskan surat pengunduran diri dengan emosi yang meledak-ledak yang mungkin akibat konflik internal kamu. Bersikaplah tenang dan bijaksana agar kredibilitas kamu baik di mata perusahaan.

Hubungan Baik

Meskipun kamu sudah tidak sabar untuk keluar dari perusahaan, jagalah hubungan baik kamu dengan mematuhi bentuk kesepakatan kerja sebelumnya. Misalkan surat pengunduran diri yang di serahkan satu bulan sebelum kamu berhenti. Ini akan mempermudah perusahaan untuk mencari pengganti kamu. Hubungan baik ini juga membawa nilai profesional kamu dalam bekerja yang nantinya akan menjadi referensi kamu kedepannya.

Pengunduran diri tanpa surat pengunduran adalah hal yang tidak baik, karena nantinya kamu akan di cap sebagai pekerja yang tidak professional dan kedepannya akan merugikan diri kamu. Jika kamu memberikan surat resign, maka perusahaan akan menilai diri kamu sebagai orang yang professional dan bertanggung jawab.

Nah, itu semua merupakan penjelasan mengenai surat pengunduran diri, lalu bagaimana contoh penulisah surat pengunduran diri yang baik, simak contohnya :

Jakarta 5 September 2019

Kepada

Yth. Pimpinan PT. Mawar

Di Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama             : Nirmala Anisa

Alamat            : Jalan Merdeka Nomor 20 E Jakarta Pusat

Jabatan          : Auditor

NIK                 : 100- 451NA

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan PT. Mawar terhitung tanggal 5 Oktober 2019. Sehingga sesuai dengan kontrak kerja sebelumnya, saya akan berhenti satu bulan setelah saya memberikan surat pengunduran diri ini.

Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih karena sudah memberikan kesempatan kerja untuk saya. Saya merasa senang bisa menjadi salah satu pekerja yang mendapat banyak pengalaman dan pembelajaran yang bermanfaat,

Saya memohon maaf karena saya tidak dapat lagi menjadi bagian perusahaan, dan semoga perusahaan PT Mawar bisa semakin berkembang kedepannya.

Hormat saya,

Nirmala Anisa


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait