Contoh Surat Pengunduran Diri Agar Terlihat Profesional

contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang keluar dari perusahaan. Contoh surat pengunduran diri di internet, memberikan referensi bagaimana membuat surat pengunduran diri karyawan, sehingga meskipun kamu keluar dari perusahaan, kamu tetap terlihat profesional.

Contoh surat pengunduran diri, merupakan salah satu jenis surat yang diperlukan. Dengan surat pengunduran diri yang sopan dan benar, perusahaan akan lebih memaklumi. Hal ini bukan hanya sekedar formalitas saja, namun lebih ke etika yang baik.

Jika kamu pengunduran diri tanpa surat, kamu akan dianggap seseorang yang tidak bertanggung jawab dan tidak profesional. Biasanya seseorang mencari contoh surat pengunduran diri karena berbagai hal dan pertimbangan yang panjang.

Bagian Umum dalam Surat Pengunduran Diri

Dalam membuat surat pengunduran diri, terdapat bagian yang wajib kamu cantumkan, seperti tujuan surat tersebut, nama pengirim surat termasuk sedikit profil pribadi seperti umur, sudah berapa lama kerja dan jabatan dalam perusahaan tersebut.

Selain itu, masih ada bagian lain yang harus kamu persiapkan. Kamu tidak perlu bingung karena contoh surat pengunduran diri begitu mudah di praktekkan. Beberapa perusahaan memang tidak akan langsung menerima pengunduran dirimu.

Bagian Lain untuk Surat Pengunduran Diri

Setelah selesai pada bagian awal, selanjutnya kamu bisa melanjutkan ke bagian lain dalam surat pengunduran diri. Beberapa bagian yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

Sebutkan nama atasan yang akan kamu tuju, dengan format tulisan “Kepada Yth, atau Kepada yang terhormat. Pilih salah satu saja.

Sebutkan nama lengkapmu. Tulis identitas diri dengan singkat, tulis juga jabatanmu selama bekerja di perusahaan tersebut.

Jelaskan dengan sopan singkat dan jelas alasan kamu ingin pengunduran diri. Bisa karena harus pindah keluar kota atau mengurus orang tua. Namun jika alasan pengunduran diri mu karena tidak suka dengan beberapa orang, sebaiknya tidak perlu kamu tulis.

Dalam suratmu, sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya. Baik kepada atasan juga kepada seluruh bagian dalam perusahaan. Juga doa agar kedepannya perusahaan menjadi lebih baik.

Surat pengunduran diri mu boleh kamu ketik. Namun jika kamu ingin lebih sopan lagi, sebaiknya kamu tulis tangan. Agar atasan mu merasa kamu serius ingin pengunduran diri.

Teknis Menulis Surat Pengunduran Diri

Menulis surat pengunduran diri, secara teknis hampir sama dengan surat melamar pekerjaan. Perbedaannya adalah kamu harus mempertimbangkan pemakaian bahasa dan etika penulisan. Pakailah yang formal untuk meminimalisir salah paham.

Jika kamu sudah yakin untuk pengunduran diri dari perusahaan tersebut. Berikut contoh surat pengunduran diri beserta format penulisannya.

Tempat dan tanggal saat kamu membuat surat pengunduran diri tersebut.

Nama beserta jabatan orang yang akan kamu berikan surat tersebut.

Isi dengan bahasa yang sopan, formal, padat dan singkat. Tidak perlu terlalu panjang dan mendramatisir.

Berikan tanda tanganmu agar atasanmu yakin itu adalah surat yang kamu buat sendiri.

Bila perlu. Kamu bisa menambah materai pada surat pengunduran dirimu.

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang bisa diterapkan. Kamu masuk dengan cara baik, seharusnya keluar juga dengan cara yang baik. Yang pasti, jangan terburu-buru memutuskan keluar dari perusahaan tanpa alasan yang jelas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait