Dunia Kerja

Contoh Negosiasi Upah ala Aktris Hollywood, Patut Ditiru

contoh negosiasi upah

Ingin bernegosiasi soal upah tapi tidak tahu caranya dan takut membuat runyam? Mungkin kamu perlu simak contoh negosiasi upah yang dilakukan bintang Hollywood ini.

Negosiasi menaikkan nominal gaji selalu menjadi hal yang rumit di manapun termasuk di industri perfilman Hollywood. Belakangan ini, isu selisih upah yang berlaku antara aktor pria dan wanita di sana juga semakin nyaring terdengar. Beberapa kasus menunjukkan jika para aktor dibayar lebih banyak untuk porsi peran yang sama atau bahkan lebih kecil daripada aktrisnya.

Masih ditambah dengan isu rasial yang mengatakan jika profesional yang berdarah Asia, negro dan minoritas lainnya juga mempengaruhi selisih upah yang diterima. Kasus terakhir yang ramai diberitakan adalah penulis naskah film Crazy Rich Asian 2 yang mundur karena tidak dibayar setara oleh pihak perusahaan film.

Adele Lim, penulis wanita dari Malaysia, diberitakan hanya dibayar sekitar US$100.000 sedangkan rekannya, Peter Chiarelli, penulis pria kulit putih, mendapatkan upah US$800.000 sampai US$1 juta. Padahal tanggung jawab dan porsi keduanya nyaris setara. Besaran upah yang seharusnya kita terima memang sulit dipastikan.

Tidak ada takaran pasti sedangkan pembahasan soal itu juga sangat terbatas. Kemampuan negosiasi menjadi hal yang mempengaruhi selain juga keahlian dan pengalaman kerja yang dimiliki. Berikut adalah contoh negosiasi upah yang dilakukan oleh aktris Hollywood yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi.

Julie Delpy

Mungkin kamu asing dengan namanya, namun ia adalah aktris yang membintangi trilogi romantis Before Sunset, Before Sunrises, dan Before Midnight. Pada film pertama, Julie hanya dibayar sepersepuluh dari lawan mainnya, Ethan Hawke. Kemudian meningkat menjadi separuh upah Hawke saat film kedua.

Ia kemudian menegosiasikan upahnya menjadi setara dengan si aktor pada film ketiga pada 2013. Caranya dengan mengancam tidak bersedia membintanggi film itu jika upahnya tidak setara. Kisah drama klasik ini sendiri sangat bergantung pada interaksi pasangan Hawke-Delpy, sehingga tak mungkin tanpa partisipasi si aktris. Alhasil ia berhasil mendapatkan bayaran yang layak setelah bertahun-tahun.

Emma Thompson

Aktris asal Inggris membintai banyak film sukses seperti Nanny McPhee, Love Actually, dan MIB International. Namun untuk hampir semua perannya, ia selalu dibayar kurang dari lawan main prianya. Berikutnya, ia akan mempublikasikan besaran upah yang diterimanya sebagai cara bernegosiasi.

Ia percaya jika publikasi terbuka akan memberikan tekanan kepada perusahaan untuk kemudian memberikan upah yang sama antar gender. Cara ini juga untuk mengubah stigma yang selama ini terlanjur ada bahwa membahas upah secara terang-terangan adalah hal yang tabu.

Oprah Winfrey

Presenter terkenal ini juga mengalami selisih upah karena dinilai sebagai wanita kulit hitam yang tidak punya suami atau anak. “Hanya karena tidak memiliki tanggungan dan anak, aku tidak berhak atas upah yang sama dengan presenter pria,” ujarnya.

Ia butuh waktu bertahun-tahun sampai acaranya menjadi hits nasional baru berhasil mendapatkan kenaikan upah. Oprah juga berupaya agar kenaikan gaji dialami oleh kru wanitanya karena selisih upah disadarinya terjadi di industri dan level pekerjaan manapun. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait