Dunia Kerja

Contoh Cover Letter, Jurus Ampuh Fresh Graduate Dapat Kerja

contoh cover letter

Ajaib.co.id – Sarjana yang baru lulus kuliah pasti sedang berkutat menyusun surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan impiannya. Menyusun berkas lamaran sendiri susah-susah gampang dan kadang perlu inspirasi. Termasuk salah satunya mendapatkan contoh cover letter yang jitu untuk menarik hati HRD.

Cover letter umumnya dibuat ketika hendak melamar kerja ke suatu perusahaan sebagai pelengkap CV. Bisa dikatakan ini adalah surat pengantar proses lamaran pekerjaanmu. Isi surat ini ialah maksud dan tujuanmu melamar keperusahaan tersebut.

Bukan hanya itu, kamu juga wajib memaparkan pengalaman, skill, prestasi dan berbagai faktor pendukung lainnya yang relevan dengan lowongan kerja yang kamu tuju. Upayakan jika uraianmu ini belum tercantum di CV sebelumnya. Umumnya, cover letter menjadi landasan HRD tertarik memanggil kandidat tersebut untuk ikut dalam seleksi berikutnya.

Namun syaratnya, kamu harus bisa menjelaskannya dengan ringkas sekaligus padat. Pasalnya, kebanyakan HRD tidak punya banyak waktu untuk membaca contoh cover letter yang bertele-tele. Susun kalimat yang berbobot sekaligus menarik yang menekankan kompetensimu. Setidaknya hanya perlu dua sampai 4 paragraf untuk menjabarkannya.

Pastikan kamu menyusun sendiri cover letter yang kamu kirimkan. Jangan hanya sekedar copy paste dan dikirimkan begitu saja kepada HRD. Jelas pola ini akan terbaca dan membuatmu tereliminasi seketika. Kamu boleh saja menggunakan Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia dalam cover letter-mu.

Namun pastikan kamu fasih di bahasa tersebut sehingga tidak ada masalah ketika proses wawancara. Jangan lupa mencari contoh surat lamaran yang bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kemampuanmu menulis cover letter. Pasalnya, bisa dibilang berkas ini adalah yang paling terutama dalam proses seleksi di tempat kerja.

Contoh Cover Letter Buat Jadi Inspirasimu Ketika Melamar Pekerjaan

Jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan atau memiliki agenda untuk interview dengan membawa berkas lamaran kamu, maka hal yang perlu kamu persiapkan adalah sebuah cover letter yang menarik minat perusahaan untuk mempekerjakan kamu. Oleh sebab itu pastinya kamu mencari berbagai contoh cover letter yang terbaik untuk kamu tunjukkan kepada perusahaan.

Meski demikian, kamu mungkin bingung antara cover letter dengan Curriculum Vitae (CV) dimana pada dasarnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Cover Letter mengandung unsur promosi untuk diri kamu, sedangkan Curriculum Vitae lebih kepada rincian detail perjalanan kamu.

Lalu, sebelum kamu melihat contoh cover Letter, ada baiknya jika kamu memperhatikan cara membuat Cover Letter dengan mengikuti tahapan pembuatannya, agar kamu dilirik perusahaan : 

1. Pembuka

Pada bagian awal cover letter, kamu harus menulis nama orang atau atasan dalam perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu tidak mengetahui namanya, maka kamu dapat menuliskan ‘Kepada Yth. Bapak/Ibu’. Namun lebih baik lagi jika kamu mengetahui pihak yang kamu tuju dengan muliskan Kepada Yth. Bapak/Ibu diikuti dengan nama orang yang akan kamu tuju.

2. Isi

Dalam penulisan cover letter, tidak memerlukan tulisan yang amat panjang dan bertele-tele. Kamu hanya perlu menuliskan secara singkat, padat, tepat dan jelas mengenai posisi yang kamu lamar. Tulislah mengenai posisi yang kamu lamar, diikuti dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan. Jangan lupa bubuhkan sebuah pernyataan pribadi kamu untuk menarik minat perekrut.

3. Penutup

Pastikan kamu menulis penutup cover letter kamu dengan bahasa yang formal dan lugas. Minimalisir kesalahan penulisan dengan membaca ulang cover letter kamu. Hal ini penting karena perekrut umumnya akan mencari kandidat yang minim kesalahan termasuk kesalah sepele seperti salah ketik. 

Sertakan pula nama lengkapmu beserta tanda tangan untuk menjadikannya lebih resmi. Bagian kecil seperti ini mungkin terkesan sepele namun menunjukkan attitude yang kamu miliki. Hal ini juga kerap kali jadi perhatian para pemekerja ketika melakukan perekrutan.

Demikian tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menulis cover letter. Berikutnya dalam menulis cover letter, ada berbagai variasi sesuai dengan bidang yang kamu lamar.

Beberapa contoh cover letter yang perlu kamu tiru haruslah sesuai dengan latar belakang kamu. Semisal anda adalah fresh graduated atau kamu memiliki pengalaman sebelumnya. Ini akan menjadi penting untuk penilaian perusahaan kepada kamu.

Berikut ini ada dua contoh cover letter yang bisa kamu tiru untuk menarik perhatian perusahaan berdasarkan pengalaman kerja kamu :

Contoh Cover Letter Untuk Fresh Graduate Dengan Pengalaman Magang

Jika kamu merupakan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studi atau fresh graduate dan sudah menjalani magang beberapa bulan, maka alangkah baiknya jika kamu menuliskan referensi singkat tersebut dalam cover letter kamu. Ini juga mencakup beberapa pencapaian selama kamu menjalani magang.

Berikut contoh cover letter yang bisa kamu tulis :

Jl. Merpati Nomor 31 RT 01/ RW 03 Jakarta Selatan (Alamat anda)

23 Juni 2019 (Tanggal kamu memberikan cover letter)

Ibu Joana (Nama Penerima)

Manager HRD PT. Agri (Jabatan)

Gedung Agri, Jl. Nusantara Nomor 39/40 Jakarta Pusat (Alamat)

Dengan hormat,

Saya menuliskan cover letter ini untuk menyampaikan ketertarikan saya pada jabatan sebagai ‘Asisten Perkebunan’ di perusahaan besar yang kamu kelola. 

Saat ini saya baru lulus dengan gelar Sarjana Pertanian jurusan Hortikultura dari Universitas Budi Indonesia. Besar harapan saya dapat menerapkan ilmu yang saya peroleh untuk berinovasi dalam perusahaan yang kamu pimpin sebagai komitmen saya untuk memberikan lebih banyak profit pada perusahaan.

Selain itu, saya juga merupakan tenaga ahli yang terlatih dalam sebuah organisasi tenaga kerja pertanian dan menjalani beberapa pelatihan yang menunjang performa saya dalam mengemban ragam tugas saya.

Sebelumnya, saya juga sudah berpengalaman magang di Perusahaan Pengolahan Kopi yang dimana keterampilan saya semakin terasah untuk bekerja dengan beberapa professional handal. Selama 4 bulan menjalani masa magang, saya terus membangun antusias dan semangat untuk selalu menjadi pekerja yang loyal.

Beberapa pencapaian saya saat magang adalah memimpin proyek untuk kegiatan tanam kopi di 20 lokasi replanting. Saya bekerja sama dengan pegawai magang lain untuk mensukseskan program tersebut. Kami selanjutnya memperoleh penilaian 90% sempurna berdasarkan survey pada pemilik lahan kopi dan petani.

Berdasarkan kualifikasi dan keahlian saya, mohon kiranya ibu dapat meninjau kembali lampiran cover letter ini.

Terima kasih karena sudah meluangkan waktu ibu untuk membaca cover letter ini dan saya berharap cover letter inibisa ditindak lanjuti.

Hormat saya,

Alinda Tabita (nama dan tanda tangan kamu)

[email protected] (alamat E-mail kamu)

0871-2343-9876 (nomor yang bisa dihubungi)

Contoh Cover Letter Untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Magang

Jika kamu merupakan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studi atau fresh graduate dan belum memiliki pengalaman magang, maka alangkah baiknya jika kamu menuliskan referensi yang mencakup sikap optimis kamu dalam bekerja yang dibuktikan dari pencapaian atau prestasi kamu saat menjalani perkuliahan.

Berikut contoh cover letter yang bisa kamu tulis :

Jl. Merpati Nomor 31 RT 01/ RW 03 Jakarta Selatan (Alamat anda)

23 Juni 2019 (Tanggal kamu memberikan cover letter)

Ibu Joana (Nama Penerima)

Manager HRD PT. Agri (Jabatan)

Gedung Agri, Jl. Nusantara Nomor 39/40 Jakarta Pusat (Alamat)

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sebagai mahasiswa yang baru lulus dari jurusan hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Budi Indonesia, tertarik dengan jabatan ‘Asisten Perkebunan’ di perusahaan yang ibu pimpin. Hal ini karena saya merasa jabatan tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman saya.

Saat menjalani masa menjadi mahasiswa, saya tidak hanya mempertahankan nilai yang tinggi namun juga menjadi anggota penyuluh pertanian yang sukses dalam berbagai modifikasi tanaman.

Saya sudah terbiasa fokus dan disiplin dalam hal apapun yang saya kerjakan. Mengingat ini sangat penting, saya selalu menanamkan fokus dan disiplin dalam ruang lingkup kelompok dengan nilai kerja sama.

Sebagai anggota kelompok, saya memiliki kontribusi dalam meningkatkan semangat dan ketertarikan tim dalam ragam kegiata yang dilakukan. Jika ditinjau dari skala 1-10, tim kami memperoleh nilai 8 untuk minat dan ketertarikan di bidang hortikultura.

Walaupun ini adalah pertama kalinya saya bekerja di bidang pertanian, namun saya sangat percaya diri dengan keterampilan dan kemampuan saya. Saya dapat belajar cepat dan menyesuaikan kebutuhan perusahaan dan tim.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca cover letter ini, besar harapan saya agar diberikan kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan.

Hormat saya,

Alinda Tabita (nama dan tanda tangan kamu)

[email protected] (alamat E-mail kamu)

0871-2343-9876 (nomor yang bisa dihubungi)

Penggunaan bahasa dalam cover letter juga penting. Belakangan milenial lebih suka berbahasa inggris dalam surat pengantar ini dibandingkan bahasa indonesia. Bahasa asing ini dianggap lebih formal dan bisa menggambarkan profesionalitas seseorang.

Harus diakui jika contoh cover letter dalam bahasa inggris dinilai lebih menjual bagi sejumlah perusahaan. Hal ini representatif kemampuan bahasa inggris pelamar yang sekaligus jadi poin plus.

Kendati demikian, bukan berarti CV yang menggunakan Bahasa Indonesia tidak lebih menjual ketimbang versi Bahasa Inggris. Hal itu tak lepas dari bagaimana pelamar kerja menyajikan CV yang dibuatnya.

CV adalah self branding yang memasarkan keahlian dan pencapaian yang bisa dijual pelamar kerja kepada perusahaan. Sehingga, CV perlu ditulis dalam bahasa yang efektif dan tak bertele-tele. Jadi bahasa apapun yang digunakan pastikan uraianmu efektif dan efisien.

Sejumlah contoh cover letter itu bisa kamu jadikan panduan saat menyusun berkas lamaran pekerjaan. Harap diingat jika seringkali mencari pekerjaan bukan proses yang mudah. Namun kamu tak perlu berputus asa karena pasti akan ada pekerjaan yang menantimu di salah satu perusahaan.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait