Ciri Orang Sukses yang Sebaiknya Ditiru Generasi Milenial

ciri orang sukses
ciri orang sukses

Ciri orang sukses adalah konsisten memelihara impian, tidak mudah takut menghadapi kegagalan, serta penasaran mempelajari dan menemukan cara mengatasi tiap tantangan yang menghalangi.

Definisi Sukses 2.0:

Pencapaian visi, rencana, status sosial, kemakmuran dan ketenaran.

Definisi Sukses 3.0:

Memiliki bisnis yang memberdayakan diri dan orang lain – termasuk pelanggan, pegawai dan komunitas secara bersamaan – guna meraih kehidupan lebih baik.

Redefinisi Sukses 4.0 yang Jadi Ciri di Era Milenial:

Berakal Sehat

Ada perbedaan nyata antara individu yang yakin dan bahagia dengan hidupnya, dengan individu yang mengutamakan pencarian uang di atas segalanya.

Ciri di era milenial adalah jauh dari bombardir stres, kelelahan bekerja konstan, dan kewalahan mengendalikan situasi. Kondisi mental yang sehat menunjang kemampuan analisa dan pengambilan keputusan yang tepat.

Karir yang Dihargai

Saat ini media sosial dan platfortm menyiarkan pendapat netizen tentang perilaku seseorang. Meskipun berketerampilan tinggi dan berpenghasilan fantastis, jika seseorang sering berperilaku buruk, maka karirnya akan singkat. Ciri orang sukses adalah memahami bahwa perilaku akan berpengaruh pada karirnya. Dengan semakin “menciutnya” dunia, penghargaan dalam karir semakin berperan bagi kesuksesan.

Koneksi Kuat

Mengesampingkan hubungan demi mengejar sukses akan meninggalkan penyesalan di masa depan, karena kehilangan kesempatan untuk saling menyempurnakan kehidupan. Berbagi pengalaman berkarir dengan sesame adalah bagian dari kesuksesan itu sendiri.

“Kesepian itu membunuh. Sama seperti rokok dan alkohol.” – Robert Waldinger, psychiatrist on 80-year-old Harvard study.

Berkumpul bersama orang-orang yang dikagumi dan dihormati ternyata berperan penting bagi kesuksesan. Uang akan selalu menjadi bagian dari kesuksesan, namun berkembangnya kesadaran tentang bernilainya waktu dan bimbingan kini mulai mengubah persepsi.

Impian Yang Nyata

Jika punya impian, kenapa nggak sekalian impian besar?

Impian yang biasa-biasa saja akan menuntun ke kehidupan yang alakadarnya. Jadi impikanlah profesi, karir, keluarga, tempat tinggal, komunitas, liburan, dan kendaraan yang paling diidamkan. Bermimpi besar akan mengantarkan ke kehidupan istimewa, jika disiplin mewujudkannya.

Berfokus pada keterampilan terbaik, konsisten hingga impian tercapai. Namun di era disrupsi ekonomi dan revolusi digital ini, perlu juga menyelaraskan keterampilan dengan situasi ekonomi nasional dan global.

Makna Dari Tujuan

Agar impian tak cepat usang, perlu punya makna tujuan, yaitu sisi luhur dari sebuah kepuasan pribadi. Makna tujuan memberikan motivasi, semangat beraktivitas, dan berprogres dalam hidup. Berkeluarga, berketurunan, rumah bagus, mobil keren dan liburan instagramable sebentar lagi terasa “usang”, karena sekedar standar stereotip.

Seorang bintang sepak bola umumnya akan bermimpi untuk jadi pelatih, manajer, bahkan pemilik klub sepak bola. Seorang Bill Gates pun makin giat memberi kuliah di berbagai universitas demi idealisme mencetak Bill Gates-Bill Gates muda. Makna tujuan bisa memberi gambaran kehidupan ideal paska tercapainya impian besar.

Planning

Perencanaan target adalah penyusunan target-target kecil yang harus diraih lebih dulu, demi mencapai impian besar nanti. Kaji jenis-jenis aktivitas dan jangka waktu yang diperlukannya. Misalnya, target apa saja yang harus dipenuhi untuk jadi seorang dirigen orkestra?

  • Menguasai alat musik,
  • Lulus akademi musik,
  • Menjadi anggota orkestra terkenal,
  • Manggung di konser internasional dan sebagainya

Deadline

Tentukan target-target kecil mana yang ingin dan bisa dicapai secara realistis dalam sebuah time-line; apakah 1, 2, 5, atau bahkan 10 tahun, yang masing-masing menuntun semakin dekat ke impian besar. Tetap termotivasi, sadari selalu posisi, dan bayangkan terus tujuan akhir.

Mengeksekusi Planningnya

Begitu menyadari minat pribadi dan impian besar, itulah saatnya untuk mempelajari aspek teknis, melakukan riset, dan semua yang perlu dilakukan untuk mencapai target-target kecil, demi mewujudkan impian besar.

Jabarkan target secara SMART, yaitu: Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (tercapai), Realistic (realistic) dan Time-based (terukur secara waktu). Putuskan segera, apakah ingin menjadi pebisnis, atau pekerja profesional. Ingin jadi pemilik restoran, atau jadi chef. Mau jadi profesional yang menikmati kerja lapangan, atau menjadi entrepreneur yang memiliki tim ahli untuk menjalankan bisnisnya.

Apapun pilihannya, prioritas utama adalah mempelajari semua aspek teknis, sebelum terjun ke dalamnya. Ciri orang sukses adalah: menggali lebih dalam, belajar lebih banyak, maju dengan ide dan strategi orisinil, mau belajar dari kesalahan dan mempertahankan perilaku positif, sambil terus berfokus pada impian besar.

Mengevaluasi Produktivitasnya

Mengevaluasi produktivitas berarti mengkarakteristikkan hasil kerja atau nilai suatu hal. Metode ini memastikan tujuan-tujuan tercapai, menentukan kelanjutannya, mengidentifikasi sukses, memetakan problem serta memahami kelemahan, agar bisa diperbaiki.

Memandang Rintangan

  • Menganggap rintangan-rintangan hanyalah sebagai jalan memutar menuju impian besar.
  • Mempelajari seluk-beluk rintangan, guna menemukan solusi strategis yang realistis, jelas dan terukur untuk mengatasinya, bukannya sekedar berharap rintangan segera berlalu dan situasi kembali normal.

Menyeleksi Tantangan

Fokus hanya pada yang bisa dilakukan, daripada membuang energi memikirkan yang tidak bisa dilakukan. Gunakan rintangan sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik dan kreatif.

Mengatasi Tantangan

Situasi tak selalu bisa dikendalikan, tapi perilaku pribadi bisa dikontrol. Berkeyakinan kuat pada kemampuan mengatasi tantangan, dan mau bertaruh pada diri sendiri. Tantangan adalah hal tak terhindarkan, yang pasti dihadapi oleh semua orang sukses. Keyakinan tujuan, rencana SMART, solusi kreatif dan cara pikir baik akan menjadi mesin peraih sukses.

Bacaan menarik lainnya:

Pew Research Center. (2010). Millennials: A Portrait of Generation Next


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait