3 Alasan Mengapa Generasi Milenial Baik untuk Bisnis Kamu

generasi milenial
generasi milenial

Sangat mudah untuk mengabaikan generasi milenial, karena pendapat mayoritas mengatakan bahwa milenial memiliki hak yang tidak semestinya dan tidak mau bekerja untuk sukses. Memercayai ini berarti memercayai stereotip yang tidak berdasar seperti keyakinan bahwa perempuan tidak bisa unggul dan duduk di bangku CEO dan bangku-bangku pimpinan lainnya.

Hampir setiap orang yang termasuk dalam kategori “milenial” didorong untuk bekerja keras ketika dihadapkan dengan pekerjaan nyata. Mereka tidak menolak pekerjaan, mereka mengerti bahwa posisi pekerjaan yang menguntungkan lebih sedikit dan jarang,

Tetapi pekerjaan di industri jasa sangat berlimpah. Mereka mengambil kesempatan yang diberikan untuk bekerja lebih keras dan maksimal semampu mereka, dengan kreatifitas-kreatifitas yang mereka miliki.

Bisnis harus menguntungkan namun juga harus beradaptasi dengan pasar, milenial adalah generasi yang saat ini tersedia untuk menjadi seorang pekerja di bisnis yang kamu miliki.

Memperkerjakan milenial berarti memberikan ruang untuk bisnis kamu memiliki pemikiran yang segar dan terbarui. Ini dia alasan-alasan mengapa generasi milenial baik untuk bisnis kamu:

Mereka Lapar akan Kesuksesan

Kamu sebaiknya memperkerjakan generasi milenial. Untuk sebagian besar, mereka jauh lebih mungkin untuk mendorong untuk berinovasi dengan solusi yang lebih baik untuk bisnis kamu, dibandingkan dengan seseorang yang lebih tertarik untuk bekerja dengan tujuan untuk memastikan mereka mendapatkan gaji setiap bulan.

Intinya adalah jika kamu mewawancarai seorang anak muda dan mereka tampaknya tidak kompeten dalam bidang yang kamu cari, maka mereka mungkin tidak cocok untuk pekerjaan tersebut dan kamu tidak boleh mempekerjakan mereka. Tapi penolakan itu berlaku dalam perekrutan dalam dunia kerja. Jangan terpaku hanya karena dia memiliki umur ‘milenial’ saja.

Namun, apa yang sebenarnya kamu cari adalah bahwa generasi milenial jauh lebih bersedia untuk membawa bisnis kecil kamu lebih maju ke depan dan bersemangat seperti orang sedang kelaparan untuk mencari kesuksesan, daripada yang sudah kamu pikirkan dalam ide-ide sebelumnya.

Mereka Memiliki Jiwanya Sendiri

Sama sekali tidak ada alasan mengapa kamu, sebagai pemilik bisnis, tidak dapat memiliki jari sendiri pada denyut nadi pasar yang lebih besar dan lingkungan global saat ini; tetapi jika kamu tidak memanfaatkannya dan kamu telah mengetahuinya, maka kamu membutuhkan orang-orang lain di sekitarmu yang dapat membantumu untuk tetap berjalan dalam garis.

Sebagai pemiliki bisnis, kamu tidak boleh buta akan pemikiran yang dapat mengubah pola pikirmu dan terikat oleh jiwamu sendiri dalam menjalankan bisnis. Sebagai pemilik bisnis yang baik, kamu harus bisa terbuka dengan pemikiran baru dan menjalani bisnis sebagai tim.

Generasi Millenial, secara umum, lebih dekat dengan ‘caranya sendiri’ daripada generasi mereka yang berdekatan, yang berarti mereka dapat mengarahkan bisnis kamu ke arah yang lebih maju, alih-alih tetap berjalan di tempat untuk memahami dalam kegelapan sendiri saat kamu mencoba mencari tahu di mana pasar setiap orang. Hal itu sangat berharga untuk memenuhi pasar bisnismu di mana mereka berada.

Pemikiran-pemikiran milenial tidak terpaut oleh pemikiran kolot yang menahan jalannya bisnismu. Mereka memiliki jiwanya sendiri untuk mendapatkan pasar, mencari pasar, dan memasukkan bisnisnmu di area-area yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Mereka Tidak Cemas Tentang Status Quo

Fakta bahwa kaum millenial suka memberontak bukanlah karena mereka masih muda, itu bukan alasan utama. Mereka memberontak karena generasi ini, lebih dari generasi lainnya, menolak status quo karena mereka menyadari bahwa itu tidak berfungsi dan pada akhirnya akan gagal jika tidak beradaptasi. Ini adalah jenis orang yang kamu inginkan di tim kamu.

Meskipun itu tidak akan terasa nyaman, anggota tim milenial yang kompeten dan cerdas tidak akan setuju dengan apa yang telah berhasil di masa lalu. Mereka akan menunjukkan kepada kamu apa yang akan berhasil sekarang dan di masa depan.

Milenial hilang bukan karena mereka malas atau tidak fokus. Mereka mencari perusahaan yang tidak takut untuk menantang status quo dan naik banding ke pasar yang sedang naik daun.

Milenial Membuat Lebih Bervariasi

Mereka mencoba masuk ke dalam lingkungan bisnis yang dibangun di atas infrastruktur lama dan konstruksi sosial yang terlalu lambat diperbarui. Sementara mereka sendiri memiliki cara yang lebih baik untuk melakukan bisnis yang sangat enggan diterima oleh gaya lama.

Pekerja-pekerja seperti inilah yang dapat membantu jalan bisnismu dapat berkembang dan bervariasi lebih luas lagi. Cara-cara yang tidak umum digunakan akan memberimu sedikit guncangan dalam berbisnis. Namun ingat, guncangan dalam bisnis bukan berarti bisnismu akan bangkrut atau dalam perjalanan untuk gulung tikar. Bisa saja itu pertanda jika bisnismu akan segera naik daun dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Itu dia tiga alasan kenapa memiliki generasi milenial dalam bisnis kamu adalah pilihan yang tepat saat ini. Stereotip yang dilekatkan ke generasi milenial terasa tidak adil jika mengetahui fakta yang ada di lapangan.

Generasi milenial banyak membuktikan generasi-generasi sebelumnya tentang mencari jalan kecil lainnya untuk mencari keuntungan dan menjalankan bisnis jangka panjang. Dengan tanpa menghilangkan esensi dari bisnis kamu.

Jangan cepat-cepat untuk menghapus millennial dalam daftar rekrutmenmu. Segeralah mencari kandidat yang tepat untuk memilih anggota tim kerjamu agar bisnismu semakin maju dan memiliki pemikiran-pemikiran yang lebih segar. Cepat dengarkan apa yang mereka katakan dan ide-ide apa yang muncul setelah kamu menjelaskan prorgam bisnismu dan visimu kepada mereka. Rekrut yang terbaik! 

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait