Cara Efektif Menahan Keinginan yang Kuat untuk Boros

Keinginan yang Kuat

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan bisa jadi perkara menyulitkan. Belum lagi, kalau punya kebisaan berfoya-foya dan gaya hidup boros. Ada saja alasan menyerah pada keinginan yang kuat untuk belanja dan mengikuti hawa nafsu menghamburkan uang.

Memang semua orang pastinya suka belanja. Tapi, berbelanja karena kebutuhan dan belanja hanya mengikuti keinginan sesaat dan terbawa suasana saja,tentu lain soal. Padahal, dengan melakukan penghematan akan memberikan dampak sangat besar pada kondisi keuangan kamu.

Buatlah Anggaran dan Patuhi

Seseorang kerap mudah menghamburkan uang karena tidak pernah membuat anggaran. Saat mendapat gaji dan merasa memiliki banyak uang, kamu bisa dengan mudah menyerah pada keinginan yang kuat untuk boros. Hingga akhirnya, uang habis sebelum gajian berikutnya. Padahal masih banyak tagihan harus dibayarkan.

Pentingnya membuat anggaran, kamu bisa tahu berapa uang yang sudah dialokasikan dan tidak bisa dipakai untuk hal lain. Kamu juga bisa memperkirakan berapa uang yang tersisa di luar anggaran. Pastikan semua tagihan dan kebutuhan sudah kamu anggarkan, termasuk menabung. Yang paling penting, anggaran itu harus kamu patuhi.

Lebihkan Anggaran Biaya

Saat membuat anggaran, sebaiknya bulatkan ke atas besaran anggaran biaya/tagihan. Misalnya, kalau tagihan kartu prabayar kamu Rp159.000 bisa kamu bulatkan ke Rp170.000. Hal tersebut untuk mengantisipasi biaya tambahan lainnya seperti admin, biaya transfer, ongkos dll.

Seandainya biaya tambahan itu tidak ada, kelebihan anggaran bisa kamu masukkan tabungan. Sebaliknya, jika terlalu pas membuat anggaran sesuai tagihan, saat ada biaya tambahan yang dibebankan, kamu bisa kewalahan.

Berhemat Secara Bertahap

Pastinya akan sangat sulit kalau menekan keinginan yang kuat untuk berbelanja, dengan langsung berhemat habis-habisan. Bisa jadi semua rencana hanya tinggal rencana. Oleh karena itu, lakukan penghematan secara bertahap.

  • Kalau kamu ke minimarket hampir setiap hari, ada baiknya mulai lakukan seminggu 1-2 hari. Lebih bagus lagi kalau kamu datang hanya pada saat waktu-waktu diskon khusus. Seperti pada akhir pekan.
  • Begitu juga kalau kamu hampir setiap harii hangout di café, cobalah kurang frekuensi kedatangan, hingga durasinya. Jika biasanya kamu setiap hari hangout hingga 3-4 jam, kurangi jadi 2-3 hari sekali, 1 jam saja.

Dengan secara bertahap mengurangi pemborosan, kamu akan bisa melihat secara signifikan berapa uang yang bisa kamu hemat.

Ganti Kebiasaan Boros dengan Kebiasaan Hemat

Carilah alternatif untuk kebiasaan borosmu, dengan kebiasaan baru yang lebih hemat. Kalau waktu senggangmu biasa kamu habiskan untuk menghamburkan uang, tidak ada salahnya kamu ganti dengan belajar sesuatu untuk meningkatkan kualitas diri.

Kamu juga bisa mencari aktivitas yang identik dan memberikan kepuasan yang sama, tapi bisa menghasilkan. Misalnya :

  • Kalau kamu senang window shopping (yang ujung-ujungnya belanja), lebih baik kamu jadi reseller saja. Selain masih bisa berbelanja, kamu juga bisa menghasilkan uang tambahan
  • Demikian juga kalau kamu senang mengikuti event-event dengan tiket masuk yang mahal, kenapa kamu tidak cari cara untuk bergabung jadi panitia? Bukan saja kamu bisa mengikuti event secara gratis, kamu juga bisa dapat uang tambahan dengan menjadi bagian dari crew event organizer.

Dengan cara tersebut, bukan saja bisa menahan keinginan yang kuat untuk boros. Kamu juga bisa menambah pundi-pundi keuangan.

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait