5 Langkah Ini Membuat Anggaran Kamu Lebih Baik

Membuat Anggaran

Mungkin kamu pernah merasakan, tiba-tiba keuanganmu menipis di tanggal yang tidak semestinya. Padahal tanggal gajian masih jauh. Kamu tidak sadar telah mengeluarkan berapa banyak rupiah tanpa menghitung keperluanmu hingga akhir bulan. Terlebih, kamu pun tidak memiliki tabungan sebagai dana daruratnya. Jika situasi sudah seperti ini, sudah waktunya bagimu untuk membuat anggaran di bulan mendatang.

Membuat anggaran merupakan hal yang membuang waktu bagi kamu yang tidak peduli dengan pengeluaran dan pemasukan. Namun apa jadinya jika pengeluaran tidak lagi terkontrol. Sementara pemasukan tidak juga bertambah. Jika kamu tidak menggunakan daftar anggaran, kamu mungkin perlu beberapa cara untuk menentukan ke mana uang milikmu dihabiskan setiap bulan.

Membuat anggaran dengan tertata rapi dapat membantu kamu merasa lebih mengendalikan keuanganmu dan lebih menghemat uang untuk tujuan kamu. Kuncinya adalah menemukan cara untuk melacak keuangan yang cocok untuk kamu. Langkah-langkah berikut dapat membantu kamu membuat anggaran yang baik:

Catat Penghasilan Bersih Kamu

Langkah pertama dalam membuat anggaran adalah mengidentifikasi jumlah uang yang masuk. Perlu diingat, mudah rasanya untuk membeli barang-barang yang kamu mau dengan melihat penghasilan bersih yang kamu punya, namun pikirkan juga tentang barang yang ‘perlu/butuh’ kamu beli.

Ingatlah untuk melakukan pengurangan dan alokasi akun pengeluaran yang lebih fleksibel saat membuat anggaran. Jumlah terakhir setelah pengurangan dari kebutuhan bulanan itulah yang disebut penghasilan bersih, dan itu adalah angka yang harus kamu gunakan jadi patokan setiap bulan.

Lacak Pengeluaran Kamu

Lacak dan kelompokkan pengeluaranmu, sehingga kamu tahu di mana kamu dapat melakukan penyesuaian. Melakukan hal itu akan membantu kamu mengidentifikasi apa yang menghabiskan paling banyak uang untuk kamu. Serta mencari tahu di mana pengeluaran yang masih bisa kamu kurangi.

Mulailah dengan mendaftar semua pengeluaran tetap kamu. Ini adalah tagihan bulanan reguler seperti sewa atau kebutuhan makanan, utilitas atau pembayaran mobil atau motor. Kecil kemungkinan kamu akan dapat mengurangi ini, tetapi mengetahui berapa banyak pendapatan bulanan kamu dapat membantumu mengontrol pengeluaran.

Berikutnya, daftarkan semua pengeluaran variabel kamu, yang mungkin berubah dari bulan ke bulan, seperti bahan makanan, bensin, dan hiburan. Ini adalah area di mana kamu mungkin menemukan peluang untuk mengurangi pengeluaran.

Tetapkan Tujuan Kamu

Sebelum kamu mulai memilah-milah informasi yang kamu ikuti, buatlah daftar semua tujuan keuangan yang ingin kamu capai dalam jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek seharusnya tidak lebih dari satu tahun untuk dicapai. Tujuan jangka panjang, seperti menabung untuk pensiun atau pendidikan anak kamu, mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya.

Ingat, tujuan kamu tidak harus ditetapkan, tetapi mengidentifikasi prioritas kamu sebelum kamu mulai merencanakan anggaran akan membantu. Misalnya, mungkin akan lebih mudah untuk memotong pengeluaran jika kamu tahu tujuan jangka pendek kamu adalah mengurangi utang kartu kredit.

Buat Rencana

Gunakan biaya variabel dan tetap yang kamu kumpulkan untuk membantu kamu memahami apa yang akan kamu belanjakan dalam beberapa bulan mendatang. Dengan pengeluaran tetap, kamu dapat memprediksi dengan cukup akurat berapa banyak yang harus dianggarkan. Gunakan kebiasaan belanja masa lalu sebagai panduan ketika mencoba memprediksi pengeluaran variabel kamu.

Kamu mungkin memilih untuk menjabarkan pengeluaran lebih jauh, antara hal-hal yang perlu dimiliki dan hal-hal yang ingin dimiliki. Misalnya, jika kamu berkendara ke tempat kerja setiap hari, bensin mungkin dianggap sebagai kebutuhan. Namun, langganan musik bulanan dapat dianggap sebagai keinginan. Perbedaan ini menjadi penting ketika tiba saatnya untuk melakukan penyesuaian.

Sesuaikan Kebiasaan Kamu

Setelah selesai melakukan semua ini, kamu memiliki apa yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan anggaran. Setelah mendokumentasikan pendapatan dan pengeluaran, kamu dapat mulai melihat di mana sisa uang atau di pos mana dapat dilakukan pengurangan lagi. Sehingga kamu memiliki uang untuk dimasukkan ke dalam tujuan.

Terakhir, jika jumlahnya masih belum bertambah, kamu dapat melihat dan  menyesuaikan pengeluaran tetap. Melakukan hal itu akan jauh lebih sulit dan membutuhkan disiplin yang lebih besar. Tetapi pada pemeriksaan yang cermat, “kebutuhan” mungkin menjadi “sulit untuk dipisahkan.” Keputusan semacam itu datang dengan pertukaran besar, jadi pastikan kamu hati-hati mempertimbangkan pilihan kamu.

Kiat utama membuat anggaran adalah, penghematan kecil dapat menambah banyak uang. Jadi jangan mengabaikan hal-hal kecil. Kamu mungkin terkejut dengan berapa banyak uang ekstra yang kamu kumpulkan dengan melakukan satu penyesuaian kecil pada suatu waktu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait