5 Cara Menghemat Uang, Hentikan Kebiasaan Borosmu

Cara menghemat uang

Belanja memang kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Namun, tak sedikit mereka yang terlalu senang berbelanja malah jadi boros dan harus gigit jari di saat gaji sudah habis terpakai. Banyak cara menghemat uang agar kamu bisa menikmati hasil gajimu dengan lebih bermanfaat.

Kamu bisa memulai dari pola keseharianmu di rumah atau dalam rumah tangga. Faktor gaya hidup jadi hal yang utama seseorang rela menghamburkan uang demi eksis di media sosial. Sebaiknya batasi hal-hal tersebut sekarang juga jika memang kamu ingin terbebas secara finansial di masa depan.

Tips cara menghemat uang yang satu ini seringkali kita anggap sepele, padahal bisa memberi dampak cukup besar buat pengeluaranmu. Bagaimana saja caranya? Yuk simak tipsnya cara menghemat uang di bawah ini.

Cari Tahu Apa yang Membuat Pengeluaran Membengkak

Seringkali kita tidak sadar uang yang kita miliki dihabiskan untuk apa saja. Kemudahan dalam memiliki sesuatu menjadi salah satu penyebab orang terlalu overspending. Kartu kredit sering membuat pemiliknya menjadi kalap hingga akhirnya terbebani dengan utang.

Jika ingin keuanganmu sehat, kamu harus bisa membatasi penggunaan kartu kredit. Apabila tidak diperlukan simpan saja kartu kredit di rumah.

Hal lain yang biasanya membuat jadi lebih boros adalah soal makanan. Tak sedikit mereka tergoda dengan makanan baik di kafe maupun kaki lima. Jika demikian, sebaiknya kamu mulai mengatur anggaran untuk makanan. Sebisa mungkin batasi kebiasaan buruk tersebut.

Cara Menghemat Uang dengan Kurangi Ngopi di Kafe

Ini yang paling sulit dihentikan sebagian besar orang karena ngopi sudah jadi gaya hidup seseorang. Minimal biaya yang dikeluarkan untuk membeli kopi sebesar Rp20.000. Selain itu pasti kamu pun akan beli makanan atau cemilan sebagai pendamping kopi bukan!

Cara menghemat uang untuk hal ini adalah ngopi di rumah. Kamu bisa membeli satu renteng kopi sachet untuk persediaan sebulan supaya lebih irit.

Menghemat Uang dengan Bikin Rekening Bank Secara Terpisah

Cara menghemat uang selanjutnya adalah dengan memiliki rekening bank yang terpisah untuk dipakai dalam satu bulan. Dengan begitu akan lebih mudah buat kamu untuk mengelola pengeluaran tiap bulannya.

Atur berapa budget untuk belanja, jajan, atau. lainnya Jika sudah habis, tahan untuk tidak membuat pengeluaran lagi. Intinya belajarlah membedakan yang mana rekening untuk tabungan dan rekening untuk pengeluaran.

Usahakan Gunakan Uang Tunai untuk Bertransaksi

Kartu kredit ibarat pisau bermata dua yang bisa menghancurkan kehidupan ekonomi seseorang bila tidak digunakan secara bijak. Kartu kredit banyak menawarkan keuntungan seperti promo gratis, diskon khusus hingga cashback. Namun, banyak orang yang pada akhirnya terlilit utang karena kartu kredit.

Kamu harus terapkan cara menghemat uang yang satu ini yakni dengan menggunakan uang tunai untuk setiap transaksi belanja. Ini bisa membantu mengontrol dan menghitung kas yang masuk dan keluar.

Lakukan Secara Konsisten dan Perlahan

Paling penting adalah lakukan cara menghemat uang tersebut secara perlahan namun konsisten. Menahan godaan untuk tidak belanja berlebih memang sulit, tapi proses tidak akan mengkhianati hasil jika memang sungguh-sungguh dan berkomitmen menjalankannya.

Itu tadi beberapa cara menghemat uang secara sederhana. Ada baiknya kamu sisihkan sebagian gajimu untuk berinvestasi atau menabung emas misalnya. Hal itu akan lebih berguna jika hanya dihabiskan untuk gaya hidup.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait