Ini List Penyedia Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

penyedia pinjaman online
penyedia pinjaman online

Meminjam lewat penyedia pinjaman online merupaka solusi terbaik dan cepat bagi yang butuh dana tambahan. Namun, hati-hati karena banyak layanan yang tidak terdaftar di OJK alias ilegal.

Semakin meningkatnya kebutuhan, tak jarang membuat orang mencari dana tambahan untuk memenuhi keperluannya. Selain dikarenakan populasi yang terus bertambah, inflasi juga tak dibarengi dengan peningkatan kemampuan daya beli masyarakat. Untuk memenuhi hal tersebut, banyak bermunculan layanan yang memberikan penawaran pinjaman uang secara online.

Selain mudah, mereka mengklaim prosesnya pun cepat dan bahkan ada yang menjanjikan dana cair dalam 24 jam. Namun, kamu harus berhati-hati apakah layanan pinjaman dana tersebut aman dan tepat. Selain itu, pastikan layanan tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang sudah pasti terpercaya karena diawasi langsung kinerjanya.

Menjamurnya Pinjaman Dana Online Ilegal

Masalahnya sekarang ini banyak pemberi pinjaman dana online ilegal yang bisa merugikan banyak orang. Bahkan sudah banyak kasus-kasus penipuan berkedok pinjaman online yang ditemukan Satgas Waspada bentukan OJK. Dalam penyelidikan yang dilakukan Satgas Waspada, ditemukan ada 144 pemberi pinjaman dana online yang tidak terdaftar di OJK.

Oleh karena itu, Satgas Waspada OJK memberi kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap penawaran pemberi dana pinjaman online. Supaya kamu bisa memastikan mana yang aman dan tidak, bisa cek langsung di situs resmi OJK. Sementara OJK sendiri sudah merilis daftar layanan pinjaman dana yang terdaftar di situs resmi mereka alias legal yang sudah pasti terjamin keamanannya.

Daftar Pemberi Dana Pinjaman Resmi yang Sudah Terdaftar di OJK

Layanan pemberi dana pinjaman yang terdaftar di OJK supaya pasti aman dan bisa dipercaya. Oleh karena itu, demi memberikan rasa aman dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan dana masyarakat, OJK selalu memperbarui siapa-siapa saja penyelenggara finansial technology (Fintech) yang resmi. Sampai sejauh ini sudah ada 127 fintech legal yang masuk dalam daftar OJK.

Berikut ini merupakan daftar pemberi pinjaman dana yang terdaftar di OJK per 30 September 2019.

penyedia pinjaman online
penyedia pinjaman online
penyedia pinjaman online
penyedia pinjaman online

Tips Mengajukan Dana Pinjaman Online

Nah, kamu sudah tahu kan layanan pinjaman apa saja yang terdaftar di OJK. Namun, bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak terjebak dan malah merugikan diri sendiri. Berikut ini ulasannya:

Adanya Review Positif Dari Pengguna Penyedia Pinjaman Online

Hal pertama yang kamu perhatikan adalah apakah layanan penyedia pinjaman tersebut terdapat review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Jika merasa puas, tentu mereka akan memberikan review positif. Tanggapan itu bisa kamu temukan di temukan di Google Play Store atau App Store, tempat kamu bisa mengunduh aplikasi layananya.

Besaran Bunga yang Ditetapkan Masih Sewajarnya

Ada baiknya kamu tidak terburu-buru mengajukan dana pinjaman hanya karena prosesnya yang mudah dan cepat. Tidak sedikit dibalik kemudahan prosesnya tersebut, ternyata bunga pinjamannya sangat besar.

Untuk urusan yang satu ini, sayangnya OJK tidak bisa ikut campur. Oleh karena itu, kamu yang dituntut untuk selektif dalam menentukan pilihan layanan pinjaman. Jangan ragu untuk membandingkan besaran bunga pinjaman layanan yang satu dengan layanan pinjaman lainnya.

kamu Akan Ditelepon Untuk Tujuan Verifikasi

Jika layanan penyedia pinjaman dana itu benar, mereka akan menelepon kamu untuk verifikasi data-data yang ada di aplikasi pengajuannya. Akan tetapi, hati-hati apabila ada penyedia pinjaman sering menelepon kamu hanya untuk menawarkan pinjaman. Karena kemungkinan besar itu adalah penyedia pinjaman tidak resmi alias ilegal atau penipu.

Pilihan Layanan Pinjaman Dana Online Terbaik

Setelah kamu paham hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengajukan pinjaman dana, ada beberapa layanan penyedia pinjaman online terbaik yang bisa jadi pertimbangan kamu. Apa saja itu? Simak langsung di bawah ini:

Tunaiku

Layanan Tunaiku ini menawarkan pinjaman dana yang bisa kamu cicil. Tunaiku memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan nominal Rp 2 juta hingga Rp 20 juta. Syaratnya pun sangat mudah, hanya bermodalkan KTP saja dengan batas usia 21-55 tahun, dan yang pasti memiliki penghasilan.

Buat yang ingin mengajukan pinjaman, bisa meminjam sekitar 5 juta atau 10 juta melalui aplikasi Tunaiku. Untuk cicilannya, kamu bisa mengambil tenor selama 6 bulan sampai 20 bulan. Kemudian bunga pinjamannya sebesar 3%-4% tiap bulannya dengan biaya administrasi Rp 540 ribu dan sudah dipotong di muka. Setelah pengajuan, kamu akan bertemu dengan kurir dari Tunaiku untuk mengkonfirmasi KTP dan persetujuan tanda tangan kontrak dalam waktu 1-3 hari kerja.

DBS Digibank

Bank DBS menawarkan KTA pinjaman online yang dananya bisa cair dalam hitungan menit saja. Syaratnya peminjam harus mengajukan pinjaman melalui aplikasi mobile banking digibank DBS di playstore dan wajib punya e-KTP. Karena e-KTP itu yang akan jadi jaminannya.

Untuk pinjaman dananya mulai dari Rp 3 juta-Rp 300 juta dengan masa tenor 12 bulan hingga 36 bulan.

Uang Teman

Uang teman merupakan salah satu fintech terdaftar di OJK yang menawarkan pinjaman online tanpa ada jaminan maupun kartu kredit. kamu hanya harus mengunduh aplikasinya, memiliki KTP, serta mengambil foto selfie sebagai syarat pengajuan permohonan pinjaman kredit.

Plafon pinjamannya mulai dari Rp 1 juta-Rp 3 juta dengan tenor maksimal 30 hari, dan bunga 0,8% per harinya. Selain itu uang Teman memiliki penawaran cicilan 2 bulan dan 3 bulan, namun hanya ditujukan kepada nasabah yang punya catatan baik dalam pembayaran.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait