Asuransi & BPJS

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan 4 Cara Mudah Ini

cel saldo jht bpjs

Ajaib.co.id – Kamu masih tidak tahu cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan? Jangan khawatir, pasalnya redaksi Ajaib akan membagikan cara-caranya secara lengkap. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Seluruh warga negara Indonesia yang telah menyandang status tenaga kerja baik di dalam maupun di luar negeri maka diharapkan memiliki BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial yang sangat penting untuk dimiliki warga negara Indonesia yang sudah bekerja.

Hal ini senantiasa dibutuhkan guna melindungi warga negara tersebut dari risiko terkait jaminan kecelakaan kerja, Jaminan Hari Tua (JHT), dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan lainnya.

Bagaimana Cara Kerja BPJS Ketenagakerjaan?

Pernahkah kamu menggunakan jasa asuransi? Banyak kaum milenial yang menggunakan jasa asuransi, terutama asuransi kesehatan. Keinginan untuk selalu siap siaga di saat kesehatan sedang terganggu menjadi alasan terbesarnya.

Begitu pula cara kerja dari BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan biaya atau premi yang harus dibayarkan pekerja maupun pemberi kerja yang nantinya premi ini akan dikelola untuk berbagai investasi yaitu berupa tabungan.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa program, seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun, dan program BPJS Ketenagakerjaan lainnya. Salah satu program dari BPJS Ketenagakerjaan adalah Jaminan Hari Tua (JHT).

Dalam program ini, biaya yang ada biasanya langsung dibayarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Biaya ini diambil dari penghasilan kamu sekitar 5,7%. Kamu juga bisa mempelajari program BPJS Ketenagakerjaan lainnya secara lengkap di sini.

Bagi kamu yang sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Semakin lama kamu bekerja maka saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan kamu akan semakin besar nilainya. Bagaimana cara cek saldo JHT BPJS?

Tenang, tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cukup menggunakan ponsel yang terhubung dengan saluran internet, kamu sudah bisa mengecek saldo tersebut. Berikut uraiannya:

Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi

Apakah kamu tahu bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki aplikasi sendiri? Ya, aplikasi ini bernama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini dapat digunakan pada ponsel dengan sistem Android dan iOS. Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini secara gratis pada store sesuai perangkat ponselmu.

Seperti menggunakan aplikasi pada umumnya, kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa merasakan fasilitas yang disediakan aplikasi ini. Jika kamu tidak mendaftar terlebih dahulu, maka nantinya kamu tidak akan mendapatkan PIN yang dibutuhkan untuk mengakses informasi akun BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mendaftar, kamu akan diminta informasi berupa:

  • Nomor KPJ, nomor yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • NIK e-KTP
  • Tanggal lahir
  • Nama

Setelah kamu mengisi seluruh informasi dengan lengkap, kamu akan mendapatkan PIN sebagai kunci akses seluruh informasi akun BPJS Ketenagakerjaan. Ingat baik-baik PIN kamu karena kamu tidak akan bisa mengakses informasi akun jika PIN kamu hilang.

Melalui Website

Cara cek saldo melalui website ini tidak jauh berbeda dengan cara mengecek dari aplikasi. Bedanya, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu. Jika memori ponselmu tidak memungkinkan untuk kamu mengunduh aplikasi, maka cek saldo JHT BPJS melalui website merupakan pilihan terbaik untuk kamu.

Cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan hanya bisa dilakukan pada laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Untuk bisa mengakses akun BPJS Ketenagakerjaan, kamu diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Carilah menu registrasi lalu kamu akan diminta untuk mengisi informasi pribadi. Informasi yang dibutuhkan kurang lebih sama seperti saat hendak mendaftar pada aplikasi:

  • Nomor KPJ Aktif
  • Nama
  • Tanggal Lahir
  • Nomor e-KTP
  • Nama Ibu Kandung
  • Nomor ponsel dan e-mail

Setelah mengisi informasi tersebut, kamu akan mendapatkan PIN melalui SMS dan e-mail pada nomor ponsel dan e-mail yang telah didaftarkan. Seperti pada aplikasi, PIN ini merupakan kunci utama untuk mengakses seluruh informasi yang ada pada akun BPJS Ketenagakerjaan. Tanpa PIN ini, kamu akan kehilangan akses sama sekali.

Setelah berhasil mendapatkan PIN, kamu bisa langsung masuk ke halaman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Cari kolom “User” dan masukkan alamat email serta kata sandi. Setelah berhasil masuk, kamu bisa memilih menu “Layanan” dan pilih “Cek Saldo JHT BPJS”. Kemudian masukkan PIN yang telah kamu terima tadi. Saldo JHT BPJS kamu pun akan tertampil pada layar.

Melalui ATM BNI

BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Bank BNI untuk memudahkan nasabah BNI dalam mengakses informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaannya.

Untuk dapat cek saldo JHT BPJS melalui ATM BNI, kamu hanya perlu pilih menu “Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan” pada menu ATM dan saldo langsung akan tertampil. Namun fasilitas ini hanya dapat dirasakan oleh pekerja yang kantornya menggunakan rekening BNI sebagai rekening resmi pemberian upah.

Melalui SMS

Jika kamu sedang tidak memiliki koneksi internet, kamu juga bisa cek saldo JHT BPJS dengan mengirimkan SMS. Sebelumnya, kamu harus mendaftarkan nomor BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki terlebih dahulu. Kamu bisa kirim SMS pendaftaran dengan format sebagai berikut:

DAFTAR(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(JIKA_ADA)

Setelah mengisi informasi dengan lengkap, kamu bisa kirim SMS tersebut ke 2757. Kini nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu sudah terdaftar! Untuk cek saldo JHT BPJS di kemudian hari, kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format sebagai berikut:

SALDO(spasi)NO_BPJS

Setelah mengisi nomor BJPS, kamu bisa langsung kirim SMS tersebut ke 2757 dan kamu akan mendapatkan SMS langsung dari BPJS Ketenagakerjaan berisi informasi saldo JHT BPJS Ketenagakerjaanmu.

Kini tidak perlu lagi mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat hanya untuk cek saldo JHT BPJS kamu! Hanya dengan koneksi internet, kamu pun langsung bisa mengetahui seluruh informasi akun BPJS Ketenagakerjaan. Sangat mudah, bukan? Dengan ini, kamu juga bisa memonitor saldo JHT BPJS yang kamu miliki setiap saat

Artikel Terkait