Bisnis & Kerja Sampingan

Catat! Calon Start Up Unicorn adalah 8 perusahaan Ini

unicorn adalah

Ajaib.co.id – Saat ini mungkin kamu cukup sering mendengar istilah perusahaan unicorn. Perusahaan unicorn adalah perusahaan rintisan yang memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar atau setara kurang lebih Rp14,1 triliun. Jumlah yang fantastis sehingga tidak semua perusahaan fantastis bisa memperoleh predikat ini.

Jika kita melihat ke masa lalu, istilah unicorn ini memang terbilang baru. Dicetuskan pertama kali pada tahun 2013 oleh seorang pemodal capital bernama Aileen Lee. Ia menggunakan istilah perusahaan unicorn untuk menggambarkan perusahaan teknologi inovatif yang memiliki valuasi mencapai US$1 miliar.

Di Indonesia sendiri perusahaan rintisan ini semakin berjamur. Kemajuan teknologi yang terjadi di masa sekarang memungkinkan siapa saja melakukan inovasi untuk mendirikan perusahaan berbasis teknologi dengan ide-idenya yang unik. Dengan mengandalkan ponsel pintar, siapa saja bisa mengaksesnya dengan mudah.

Tidak mengherankan saat ini perusahaan rintisan berbasis teknologi ini muncul dari berbagai macam sektor. Ada dari sektor transportasi, keuangan, pendidikan, kesehatan, properti, bahkan sampai ke sektor pertanian pun bisa dihubungkan dengan teknologi.

Dari segala sektor tersebut muncul perusahaan unicorn Indonesia yang namanya sudah tidak asing lagi. Sebut saja Tokopedia milik William Tanuwijaya, Bukalapak milik Achmad Zamoky, Traveloka, dan OVO. Tadinya Go-Jek sempat menjadi perusahaan kategori unicorn, tapi karena nilai valuasinya yang semakin bertambah, saat ini Go-Jek sudah menyandang status sebagai perusahaan rintisan decacorn pertama di Indonesia.

Lalu, apakah perusahaan unicorn ini akan berada di situ-situ saja? Tentu saja tidak karena ada perusahaan rintisan lain yang siap menjadi unicorn selanjutnya. Mereka digadang-gadang akan mendapatkan penambahan dana. Inilah perusahaan-perusahaan tersebut.

Akulaku

Perusahaan pertama yang diprediksi menyandang status unicorn adalah Akulaku. Valuasinya sudah mencapai US$500 juta, tinggal pendanaan setengahnya lagi perusahaan ini bisa menyandang status unicorn.

Akulaku menawarkan jasa belanja secara online, dan kemudahan cicilan yang tidak mengharuskan konsumen untuk memiliki kartu kredit. Perusahaan ini didirikan oleh William Li dan sudah beroperasi di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Ruangguru

Perusahaan kedua yang diprediksi akan menyandang status unicorn adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan ini. Valuasinya sudah mencapai RpUS$100juta. Ruangguru menyediakan video-video belajar untuk para pelajar dan memudahkan para pelajar untuk memahami pelajaran karena disajikan dengan animasi yang menarik.

Perusahaan ini didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman. Tidak hanya di Indonesia, Ruangguru juga mulai memperluas bisnisnya ke negara lain, yaitu Vietnam.

Halodoc

Perusahaan berikutnya yang siap untuk menyandang status unicorn adalah Halodoc. Perusahaan rintisan ini bergerak di bidang kesehatan dan menyediakan fitur-fitur menarik yang membantumu untuk melakukan hidup yang lebih sehat.

Perusahaan ini menyediakan fitur konsultasi bersama dokter yang terpercaya, selain itu perusahaan ini juga menjadi distributor obat bagi mereka yang mencari obat tertentu dengan resep dokter tentunya.

IDN Times

IDN Times merupakan perusahaan yang bergerak di bidang media dan informasi. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam informasi yang awalnya bersegmentasi pada anak muda, tapi kini punya lini-nya masih-masing, misalnya saja untuk para remaja wanita ada Popbela dan juga untuk para ibu ada Popmama.

Perusahaan ini memiliki nilai valuasi mencapai US$100juta. Dengan segala inovasi yang dilakukan olehnya, perusahaan ini dipercaya akan menjadi unicorn selanjutnya.

Blibli

Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang belanja online. Perusahaan yang khas dengan tampilannya serba biru ini merupakan perusahaan rintisan yang didirikan oleh PT Djarum Indonesia.

Di Blibli, kamu bisa belanja berbagai macam keperluan mulai dari barang elektronik, fashion, hingga barang yang dibutuhkan sehari-hari. Nilai valuasinya pun mencapai US$100 juta. Untuk memperluas lini bisnisnya, Blibli juga sudah mengakuisisi Tiket.com.

Warung Pintar

Perusahaan rintisan satu ini memiliki konsep yang menarik, yaitu memberdayakan para pemiliki warung di Indonesia untuk mendirikan warung yang lebih canggih karena menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya itu, tampilan warungnya pun menarik sehingga dengan sekali lihat kamu akan langsung mengenalnya.

Saat ini Warung Pintar sudah memiliki valuasi sebanyak US$100 juta. Perusahaan ini memiliki target bisa mendirikan 5000 warung yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Kredivo

Bisnis startup ini sudah memiliki valuasi sebanyak US$100 juta. Bergerak di bidang keuangan dan memudahkan penggunanya dalam melakukan pinjaman atau pun cicilan. Saat ini Kredivo sudah bekerja sama dengan perusahaan e-commerce, salah satunya adalah Shopee.

Dengan kehadiran Kredivo, siapa saja yang berbelanja di Shopee bisa melakukan pembayaran cicilan tanpa harus repot mengurus berkas ini dan itu karena syaratnya yang cukup mudah.

Modalku

Merupakan perusahaan startup yang bergerak pada penyediaan pinjaman untuk para pengusaha UMKM. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga UMKM yang ada di Malaysia dan Singapura. Pada tahun 2019 lalu, Modalku berhasil memberikan pinjaman sebanyak Rp9 triliun bagi para UMKM yang membutuhkan dana yang digunakan untuk pengembangan bisnis mereka.

Agar target mereka tercapai dengan baik. Perusahaan ini membuka cabang di kota lain seperti di Bandung, dan juga Surabaya. Modalku diprediksi akan menjadi perusahaan rintisan unicorn selanjutnya karena valuasinya sudah mencapai US$100 juta.

Itulah 8 perusahaan rintisan yang diprediksi akan menjadi perusahaan unicorn berikutnya asal Indonesia. Jika kita lihat perusahaan di atas, yang paling mendominasi adalah perusahaan fintech, tapi dari sektor pendidikan pun punya potensi yang sangat besar. Kita lihat saja nanti perusahaan mana yang akan menjadi unicorn berikutnya.

Artikel Terkait