Dunia Kerja

Ini Cara Presentasi yang Baik dan Benar Agar Tidak Grogi

cara-presentasi-yang-baik-dan-benar

Punya kemampuan komunikasi yang baik khususnya saat berbicara di depan orang banyak adalah kemampuan softskill yang perlu kamu kuasai di dunia kerja saat ini, salah satunya adalah kemampuan presentasi. Berikut adalah tips dan bagaimana cara presentasi yang baik dan benar.

Di tengah ketatnya persaingan dalam dunia kerja saat ini perusahaan bukan hanya mencari seseorang yang handal dalam urusan hardskill saja. Melainkan, mereka juga perlu memiliki kemampuan softskill yang baik.

Kemampuan Softskill yang Paling Dicari di Perusahaan

Dalam proses rekrutmen karyawan baru di sebuah perusahaan, HRD bukan hanya menilai dari kemampuan teknis yang dimiliki kandidat saja, namun juga perlu menilai dan mempertimbangkan beberapa aspek softskill di bawah ini.

1. Komunikasi

Sebagai seorang karyawan, kamu pasti tidak mungkin bekerja sendiri saja. Melainkan, pasti kamu akan bekerja bersama karyawan lain sebagai sebuah tim.

Dalam membangun tim yang solid saat bekerja, setidaknya setiap masing-masing individu di tim harus punya kemampuan komunikasi yang baik.

Hal ini tentu sangat membantu setiap karyawan lebih mudah berkomunikasi dan beradaptasi lebih cepat dengan tim yang baru.

2. Percaya Diri

Kemampuan softskill berikutnya yang perlu ditonjolkan oleh setiap karyawan adalah rasa percaya diri. HRD akan menilai hal ini ketika calon karyawan masuk ke ruang interview, hingga bagaimana cara kandidat bersalaman dan duduk, serta saat menjawab pertanyaan HRD.

3. Punya Kerja Sama Tim yang Baik

Dalam hal pekerjaan seringkali kita tuntut untuk bisa menjalin kerja sama yang baik antar rekan kerja maupun lintas departemen.

Kemampuan softskill ini banyak dicari oleh perusahaan lantaran karyawan yang bisa bekerja sama dalam satu tim bisa membuat suasana tim menjadi lebih solid.

4. Menjadi Problem Solver

Selain kamu selalu dituntut konsisten untuk mengerjakan tugas sesuai dengan deadline. Kamu juga dituntut menjadi problem solver.

Kemampuan softskill satu ini termasuk langka dan tidak banyak yang memiliki. Lantaran, kamu bisa menjadi pembeda karena bisa menjadi pemecah masalah ketika ada suatu pekerjaan yang tidak berhasil dikerjakan oleh orang lain.

5. Leadership

Bagi HRD sikap kepemimpinan dari seorang calon karyawan juga diperlukan, karena kamu kelak bisa menjadi pemimpin tim. Kamu juga sebenarnya perlu memimpin dirimu sendiri agar tetap konsisten dan tidak terkesampingkan oleh urusan di luar kantor.

6. Presentasi yang Baik

Minimal satu bulan sekali setiap departemen yang ada di sebuah perusahaan pasti akan melaksanakan meeting bulanan untuk memaparkan berbagai pencapaian yang sudah dicapai selama satu bulan kerja.

Oleh karenanya, biasanya HRD juga mencari para calon karyawan yang punya kemampuan presentasi yang baik untuk menjadi pembicara di berbagai acara meeting di perusahaan untuk mewakili unit kerja mereka masing-masing.

Kemampuan softskill satu ini seringkali dianggap sepele oleh banyak karyawan. Lantaran, banyak karyawan yang masih belum merasa percaya diri bahkan grogi ketika harus berbicara di depan banyak orang, apalagi jika disaksikan ataupun dihadiri oleh para direksi perusahaan.

Agar kamu tidak grogi saat melakukan presentasi di depan banyak orang, kamu bisa melatih dan mempersiapkan presentasimu dengan mengikuti cara-cara presentasi yang baik dan benar berikut ini.

Cara-Cara Presentasi yang Baik dan Benar Agar Tidak Grogi

1. Cari Tahu Siapa Audiensmu

Sebelum kamu melakukan presentasi setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satu halnya adalah kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa yang akan menjadi audiensmu.

Jika kamu tahu bahwa presentasimu nanti akan dihadiri oleh internal tim, kamu mungkin sudah terbiasa berbincang soal pekerjaan dengan mereka sehingga tidak akan terlalu canggung ketika menyampaikan presentasi.

Namun, bagaimana jadinya jika orang-orang yang akan hadir di presentasi kamu adalah para direksi perusahaan. Tentu jika yang hadir adalah para direksi perusahaan, kamu perlu menyiapkan kata-kata sambutan yang mengesankan bagi mereka agar merasa dihargai dan dihormati.

2. Buat Materi Presentasi yang Terstruktur

Cara presentasi yang baik dan benar selanjutnya adalah kamu perlu membuat materi presentasi yang terstruktur. Yang dimaksud dengan materi presentasi yang terstruktur adalah presentasi yang kamu bawakan harus memenuhi tiga kriteria yakni spesifik, ringkas, dan sederhana.

Sehingga, audiens yang mendengar presentasi kamu akan lebih mudah memahami materi presentasi yang dibawakan. Usahakanlah, kamu menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti yang dapat disesuaikan dengan audiens yang hadir di presentasimu.

3. Jangan Terpaku pada Slide Presentasi

Cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu saat presentasi adalah dengan melakukan eye contact dengan audiens atau jangan terpaku kepada slide presentasi.

Dengan begitu, presentasi yang kamu bawakan bisa lebih natural dan tidak text book. Selain itu, cara presentasi yang baik satu ini juga bisa membuat kamu lebih percaya diri dan mampu menguasai audiens.

4. Tunjukkan Rasa Semangat saat Presentasi

Rasa malas atau tidak semangat saat melakukan presentasi bisa teridentifikasi oleh audiens dari gaya kamu berbicara, gaya berdiri, hingga cara kamu berinteraksi dengan audiens.

Oleh sebab itu, pastikan sebelum memulai presentasi kamu butuh istirahat yang cukup agar tetap fresh dan semangat saat membawakan presentasi.

5. Rajin Berlatih Presentasi

Setelah kamu mengetahui siapa audiensmu dan sudah membuat materi presentasi dengan baik dan terstruktur. Kini, saatnya kamu menguji materi presentasimu tersebut dengan mulai berlatih berbicara di depan cermin.

Cara presentasi yang baik dan benar satu ini bisa sering kamu lakukan agar kamu tahu kalimat-kalimat mana saja yang sekira tidak perlu digunakan, serta dapat melatih intonasi dan kekuatan suara kamu.

Untuk melatih presentasi kamu agar seperti sungguhan, kamu bisa melibatkan orang-orang di sekitarmu sebagai audiens. Setelahnya, kamu bisa meminta pendapat atau kesan dari mereka terkait kualitas presentasi yang dibawakan, apakah sudah baik atau belum.

Dengan berlatih sebelum presentasi, kamu akan lebih mudah untuk mengidentifikasi poin-poin presentasi mana saja yang sekiranya perlu diperbaiki.

Demikianlah beberapa kemampuan softskill yang perlu kamu kuasai di dunia kerja saat ini. Salah satu kemampuan softskill yang perlu dilatih dan dikembangkan oleh karyawan saat ini di antaranya adalah bagaimana cara kamu berkomunikasi dengan orang lain, serta jangan lupa untuk terus melatih bagaimana cara presentasi yang baik dan benar agar terlihat lebih profesional saat berbicara di depan banyak orang.

Artikel Terkait