Dunia Kerja

Cara Membuat KITAS Bagi Pekerja Asing di Indonesia

cara membuat kitas

Masih bingung cara membuat KITAS untuk warga negara asing? Simak ulasan cara membuat permohonan KITAS pada ulasan berikut ini.

Kartu Izin tinggal Terbatas atau disingkat dengan KITAS merupakan kartu izin tinggal sementara di Indonesia. KITAS diterbitkan bagi warga negara asing yang akan tinggal untuk jangka waktu beberapa bulan, baik untuk bekerja ataupun keperluan lainnya. Kartu ini diperlukan agar warga negara asing bisa menetap dan bekerja di Indonesia secara legal,

Masa Berlaku KITAS

KITAS diperlukan pada saat warga negara asing, termasuk pekerja asing, hendak tinggal dan bekerja di Indonesia selama enam sampai dua belas bulan. Lama izin tinggal bisa diperpanjang sesuai kebutuhan, dan wajib diperpanjang setiap dua belas bulan. Maksimal penggunaan KITAS adalah selama lima tahun.

Jika pekerja asing hendak tinggal lebih lama, maka selanjutnya harus membuat Kartu Izin tinggal Tetap atau disingkat KITAP. Dengan adanya KITAP seorang pekerja asing bisa berada di Indonesia dalam jangaka waktu yang tidak terbatas. Masa berlaku KITAP harus diperbarui selama lima tahun sekali.

Jenis-jenis KITAS

Ada beberapa jenis KITAS yang dapat diajukan untuk tingga di Indonesia. Jenis Kartu diajukan sesuai dengan tujuan dan keperluan dari kedatangan warga negara asing tersebut.

Izin Kerja

Untuk mendapatkan kartu ini, maka pekerja asing harus memiliki sponsor di Indonesia. Yakni pihak yang akan mempekerjakannya. Perusahaan atau organisasi harus mengajukan ijin mempekerjakan pekerja asing. Perusahaasn sponsor selanjutnya akan menjadi penanggung jawab bagi pekerja asing tersebut. Misalnya jika pekerja asing tinggal melebihi batas waktu, maka perusahaan harus bersedia menanggung denda yang dikenakan.

Pernikahan

Ini adalah jenis KITAS yang akan diberikan kepada warga negara asing yang menikahi WNI. Dimana WNI menjadi sponsornya. Namun KITAS ini tidak mengijinkan WNA untuk bekerja di Indonesia. Setelah menikah selama dua tahun, maka WNA bisa mengajukan KITAP.

Pensiun

KITAS ini diberikan kepada WNA yang telah berusia 55 tahun atau lebih. Namun KITAS ini tidak mengijinkan seseorang menikah atau bekerja di Indonesia. Setelah menggunakan VISA turis selama 30 hari, seorang WNA bisa mengajukan KITAS.

Cara dan Langkah-langkah Membuat KITAS

Untuk mendapatkan KITAS, maka perlu dilakukan prosedur berikut ini :

  1. Pekerja asing harus melakukan pengajuan pada kantor imigrasi di wilayah tempat tinggalnya. Izin tinggal ini harus diurus maksimal 30 hari setelah mendapatkan tanda masuk.
  2. Selanjutnya pekerja asing mengisi aplikasi pengajuan KITAS dengan membawa berbagai dokumen yang dibutuhkan. Di antaranya : surat penjamin, paspor yang masih valid, surat domisi dan surat rekomendasi
  3. Pengajuan dan seluruh dokumen yang diserahkan akan melalui tahap pemeriksaan oleh kantor imigrasi setempat. Setelah dinyatakan lolos, maka akan dilanjutkan pada prosedur selanjutnya, yakni pembuatan KITAS.
  4. Apabila semua persyaratan telah terpenuhi, maka tahap selanjutnya pengambilan foto pekerja asing untuk dicetak pada KITAS.
  5. Setelah semua prosedur selesai, KITAS akan diterbitkan oleh pihak imigrasi dengan durasi maksimal empat hari kerja.

Itulah tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh pekerja asing yang hendak bekerja di Indonesia. Untuk mendapatkan KITAS maka diperlukan juga sponsor dan tujuan yang jelas untuk kedatangannya, serta diurus dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Apabila tidak dipenuhi, maka bisa berakhir dengan dikenakan sanksi mulai dari pembayaran denda hingga deportasi. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait