Banking

Cara Daftar SMS Banking Mandiri via ATM atau Kantor Cabang

Ajaib.co.id – SMS Banking Mandiri adalah salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh semua nasabah Bank Mandiri tanpa terkecuali. Hanya dengan mengirim SMS saja, kamu bisa memenuhi kebutuhan perbankanmu dengan aman dan nyaman. Namun tentu saja kamu harus mendaftarkan diri terlebih dulu untuk mendapatkan fitur ini.

Bank Mandiri selalu memanjakan para nasabahnya. Karena itu, mereka terus membuat berbagai usaha untuk menjaring nasabah lebih banyak lagi dan memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Salah satunya adalah SMS Banking Mandiri yang juga dikenal dengan istilah Mandiri SMS.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Mandiri memiliki jaringan ATM yang luas, tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Mereka juga memiliki fasilitas transaksi perbankan dengan memanfastkan teknologi terkini, seperti internet banking, mobile banking dan juga mandiri e-money.

Dari semua fasilitas tersebut, SMS Banking Mandiri masih diminati banyak nasabah. Apabila kamu menggunakan layanan SMS banking, maka tidak perlu repot mengunduh aplikasi ataupun menggunakan kuota internet. Untuk mengakses SMS Banking, kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat seperti biasa dengan format tertentu.

Semua pengguna jenis SIM Card dengan provider apapun bisa menggunakan SMS Banking Mandiri. Kamu tak perlu memiliki smartphone karena hanya perlu mengirim SMS biasa dengan kode sesuai transaksi yang ingin dilakukan.

Kamu bisa melakukan transfer dana, cek saldo, mengetahui tagihan kartu kredit milikmu, dan 5 transaksi terakhir dengan nomor rekeningmu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi soal suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing tanpa perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri.

Selain itu, biaya yang diperlukan juga cukup terjangkau. Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500 sedangkan untuk notifikasi SMS sebesar Rp500. Keunggulan lainnya juga adanya notifikasi SMA jika ada pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu, penolakan cek/bilyet giro, jatuh tempo rekening deposito dan saldo rekening di bawah nilai tertentu.

Persyaratan Untuk Menggunakan SMS Banking Mandiri

Kamu bisa memanfaatkan SMS Banking Mandiri untuk banyak kebutuhan perbankanmu. Namun untuk mendapatkan fasilitas SMS banking Mandiri, berikut persyaratan yang dibutuhkan:

1. Nasabah Bank Mandiri

2. Memiliki kartu identitas yang jelas

3. Memiliki buku tabungan bank Mandiri

Jika sejumlah syarat utama itu sudah terpenuhi maka kamu wajib melakukan pendaftaran untuk bisa menggunakan akses mobile banking ini. Ada dua cara yang bisa dilakukan yakni datang langsung ke kantor cabang atau lewat ATM.

Kamu bisa memilih mana yang paling nyaman bagimu. Misalnya kamu yakin bisa melakukan pendaftaran sendiri maka registrasi lewat mesin ATM adalah pilihan terbaik. Kamu bisa melakukannya kapan saja tidak terikat jam kerja. Selain itu, bisa memilih ATM Mandiri terdekart untuk menuntaskan urusanmu.

Namun jika merasa perlu bantuan dari staf Bank Mandiri maka ada baiknya kamu bisa langsung datang ke kantornya. Terlebih lagi jika baru pertama kali melakukan pendaftaran untuk kebutuhan mobile banking.

Cara Pendaftaran Mandiri SMS Lewat ATM

Begini langkah-langkah untuk daftar SMS Banking Mandiri melalui mesin ATM: 

1. Kunjungi mesin ATM Bank Mandiri terdekat

2. Masukkan kartu ATM beserta pinnya.

3. Tekan menu “Transaksi Lainnya”

4. Tekan menu “Pendaftaran e Banking

5. Tekan menu “Mobile Banking”

6. Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel, kemudian pastikan nomor ponsel kamu masih aktif. Setelah itu, klik “Benar”.

7. Tekan “Setuju”.

8. Isi nomor pin sebanyak 6 digit untuk melindungi akun layanan SMS banking Mandiri, masukkan nomor pin tersebut sebanyak 2 kali.

9. Kemudian pilih Ya, jika kamu mau menerima pemberitahuan via SMS apabila memiliki saldo debit/kredit di atas Rp 1 juta.

10. Isi tanggal lahir kamu dengan benar

11. Kemudian isikan kembali kode OTP yang telah dikirim via SMS ke nomor HP kamu.

12. Jika kamu telah menerima SMS pemberitahuan, maka nomor kamu berarti sudah bisa digunakan untuk transaksi.

Cara Pendaftaran Mandiri SMS Melalui Kantor Bank Mandiri

Apabila kamu memilih program layanan Mandiri Mobile maka nantinya kamu juga sekaligus dapat mengakses SMS banking melalui satu aplikasi. Berikut cara pendaftarannya:

1. Kunjungi kantor Bank Mandiri terdekat.

2. Ikuti panduan pendaftaran yang disebutkan oleh Customer Service.

3. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap, dengan disertai kartu identitas / KTP atau SIM, serta buku tabungan Bank Mandiri.

4. Pastikan ponselmu terdapat SIM card yang aktif dan telah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Cara Penggunaan Mandiri SMS Sesuai Jenis Transaksinya

Cara transaksi SMS Banking Mandiri bisa dibedakan sesuai dengan kode dan menunya. Bank Mandiri memberikan dua cara bagi nasabahnya yang menggunakan fasilitas SMS banking. Yakni dengan KETIK SMS atau PILIH MENU. Karena itu, cara transfer berbeda dengan cara cek saldo.

KETIK SMS merupakan cara transaksi dengan mengetikkan format perintah Mandiri SMS di ponsel dan mengirimkannya ke nomor 3355. Sementara PILIH MENU, cara transaksi dengan memilih menu Mandiri SMS pada ponsel.

Berikut beberapa format SMS yang wajib kamu ketahui:

1. Informasi Saldo: SAL <kode rek sendiri><4 digit terakhir no rek>

2. Informasi Mutasi –5 Transaksi terakhir: TRN <kode rek sendiri><4 digit terakhir no rek>

3. Transfer antar rekening Mandiri –ke rekening sendiri: TRS <kode rek sendiri 1> <kode rek sendiri 2> <jumlah>

4. Transfer antar rekening Mandiri –ke rekening tujuan lain (tanpa berita): TRT <kode rek sendiri> <no rek lain> <jumlah>

5. Transfer antar rekening Mandiri –ke rekening tujuan lain (dengan berita): TRT <kode rek sendiri> <no rek lain> <jumlah>#BERITA max 20 karakter

6. Pembelian isi ulang pulsa –Simpati, Kartu As, Mentari, IM3, XL, Fren, Telkom Flexi, 3Prabayar, Smart Telecom: ISI <kode rek sendiri> <noHP> <nilai voucher>

7. Pembayaran Telkom: BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp>

8. Pembayaran Handphone Pasca bayar –Xplor, Kartu Halo, Matrix, Telkom Flexi, Fren, 3Pascabayar, Smart Telecom: BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp>

9. Pembayaran PLN (saat ini baru wilayah Jawa dan Batam): BYR PLN <kode rek sendiri> <12 digit no pelanggan>

Jika kamu membutuhkan berbagai format SMS lainnya, kamu bisa memperolehnya dari call center, ataun customer servive kantor Bank Mandiri terdekat. Tapi jika kamu terlalu malas untuk berkomunikasi dengan dua layanan itu, kamu bisa memperolehnya di website resmi. Cara SMS Banking Mandiri melakukan transaksi meski hanya lewat ponsel ini telah dijamin keamanannya terbukti dengan minimnya keluhan nasabah selama ini.

SMS Banking Tetap Dipuja Meski Digital Banking Merajalela

SMS Banking menjadi asal mula penerapan digital perbankan. Awal mulanya, mobil banking diakses melalui layanan SMS dengan PIN agar dapat mengakses konten atau layanan. Lalu berlalih pada mobile web, penggunakanya bisa mengunduh dan mengistal aplikasi di handphone agar dapat mengakses layanan mobile banking.

Kini lebih banyak masyarakat memilih menggunakan model digital banking lewat internet banking atau mobile banking melalui aplikasi. Salah satunya karena kemudahan untuk pembayaran cahless dengan menggunakan mobile banking terkini.

Namun toh nyatanya SMS banking tetap banyak peminatnya sampai saat ini. Masih ada jutaan nasabah perbankan Indonesia yang tetap setia menggunakan model SMS untuk kebutuhan perbankannya. Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana mengatakan kendati telah bertransformasi di sistem digital, perbankan disarankan untuk tetap mempertahankan channel-channel seperti SMS banking.

Cara ini dilakukan untuk mempertahankan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Sistem digital terbaru memang mudah namun tidak semua nasabah bisa mudah berdaptasi. Terlebih lagi perbankan punya target pasar yang amat luas hingga rentang usia 80 tahun. Kalangan usia lanjut inilah yang notabene merupakan pengguna setianya karena SMS banking lebih ringkas dan gampang.

Artikel Terkait