Banking, Teknologi

Cara Daftar CIMB Clicks, Menghadirkan Perbankan Tanpa Batas

Ajaib.co.id – Zaman sekarang semua orang ingin semua hal berjalan dengan cepat dan mudah termasuk perbankan. Bantuan jaringan internet memang seakan bisa memangkas jarak dan waktu dengan demikian gampangnya. Hal inilah yang diwujudkan dalam CIMB Clicks, fitur internet banking dari Bank CIMB Niaga.

Layanan internet banking rasanya sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh lembaga perbankan jika tak ingin kehilangan nasabahnya. Bahkan, saat ini keunggulan layanan digital banking menjadi pertimbangan utama masyarakat untuk memilih banknya.

Apakah saat ini kamu sedang mencari rekomendasi fitur internet banking terbaik? Jika iya berarti kamu ada di tempat yang tepat karena Ajaib akan menguraikan dengan detail apa saja keunggulan dari fitur CIMB Clicks ini.

CIMB Clicks, Fitur Internet Banking yang Cocok Bagi Kebutuhan Milenial

Kecanggihan teknologi digital membawa banyak berkah, juga masalah, bagi manusia. Namun salah satu yang paling bermanfaat adalah kemudahan yang dihasilkan olehnya. Misalnya saja dengan sosial media, kita bisa terjalin dengan keluarga atau kerabat yang berada di luar negeri.

Dalam hal keuangan, kita bisa melakukan transfer antar rekening lewat mobile banking tanpa harus repot mengantre di bank atau lewat mesin ATM. Dengan internet banking, aktivitas transaksi nasabah bank menjadi lebih mudah. Bukan hanya transfer, layanan ini juga bisa digunakan untuk bayar tagihan, beli pulsa sampai membuka rekening lagi dengan bantuan internet banking.

Tidak terkecuali Bank CIMB Niaga dengan layanan CIMB Clicks yang lengkap bagi kemudahan nasabahnya. Dengan produknya ini Bank CIMB Niaga juga memiliki tujuan sama. Ingin memudahkan nasabahnya bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Hanya bermodal jaringan internet, nasabah sudah dapat mengakses CIMB Clicks.

Perlu kamu ketahui, penggunaan aplikasi Bank CIMB Niaga ini adalah bebas biaya administrasi. Namun terdapat pengenaan biaya untuk pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service/SMS), seperti notifikasi, MPIN, SMS instruksi, penerimaan passcode, dan lainnya. Biaya disesuaikan dengan provider simcard-mu.

Pada dasarnya CIMB Click support dengan berbagi broser yang digunakan oleh para pengguna internet. Hanya saja, Bank CIMB merekomendasikan sejumlah browser untuk performa terbaik dan tentu saja paling cepat. Beberapa browser yang disarankan antara lain Internet Explorer mulai versi 7.0 ke atas, Mozilla Firefox mulai versi 3.6 ke atas, Apple Safari mulai versi 5.0.1 ke atas dan Chrome mulai versi 47 ke atas.

Nasabah CIMB Bank juga diberikan sejumlah opsi untuk mendapatkan layanan ini dengan mudah. Bahkan tak perlu buang waktumu untuk datang ke kantor cabang karena CIMB Clicks bisa didapatkan singkat dan praktis tanpa bantuan petugas bank.

Lalu, bagaimana cara daftarnya? Begini langkah-langkah registrasi yang bisa kamu lakukan.

Registrasi lewat website

Pilihan pertama adalah mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna CIMB Clicks dengan situs resmi CIMB Group. Berikut panduan untukmu melakukannya.

1. Buka CIMB Clicks di alamat cimbclicks.co.id.

2. Klik ‘Daftar di sini!’ untuk melakukan pendaftaran pertama kali.

3. Klik ‘Lanjutkan’ untuk tahapan berikutnya.

4. Isi kolom kosong yang tersedia mulai dari masukkan 12 atau 13 digit nomor rekening hingga 6 digit nomor PIN kartu debit/ATM.

5. Pilih ‘Saya Setuju’ di Syarat dan Ketentuan.

Setelah prosesnya selesai, jangan lupa User ID dibuat dengan syarat yang telah ditetapkan yakni seanyak 8 karakter dan password CIMB Clicks. Kamu juga akan diminta membuat Secure Word jika kau sewaktu-waktu lupa password akun milikmu.

Tuliskan pula alamat email dan nomor handphone yang akan kita gunakan. Setelah itu, mPIN akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar oleh pihak bank. Setelah kita menerima SMS, masukkan mPIN tersebut, lalu checklist activation code dan kirim.

Berikutnya kode aktivasi akan dikirimkan pula oleh CIMB Clicks baik lewat email atau SMS. Pesan yang kamu terima menandakan jika proses pendaftaran dan aktivasi akun CIMB Clicks yang kamu lakukan sudah berhasil.

Registrasi lewat ATM

Opsi lain untuk melakukan pendaftaran akun CIMB Clicks juga bisa melalui mesin ATM terdekat. Mungkin kamu harus keluar rumah untuk melakukannya namun cara ini juga cukup mudah dilakukan. Bagaimana caranya? Berikut panduannya.

1. Masukkan kartu ATM CIMB, kemudian masukkan PIN.

2. Pilih menu Branchless Banking.

3. Pilih Registrasi.

4. Pilih CIMB Clicks.

5. Masukkan 6 digit password lalu pilih OK. Sebaiknya kamu menggunakan kombinasi angka yang acak namun tetap mudah diingat.

6. Masukkan nomor ponsel kemudian pilih Lanjut.

7. Setelah proses selesai dilakukan struk bakal keluar sebagai bukti kamu udah berhasil registrasi Isinya nomor kartu, user ID, dan nomor ponsel.

Nomor ID Pengguna CIMB Clicks akan tercetak pada struk ATM, sedangkan kode aktivasi akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang kita daftarkan. Selanjutnya kita perlu masuk https://www.cimbclicks.co.id/ib-cimbniaga/Login.html, siapkan Nomor ID Pengguna dan PIN internet banking yang kita gunakan saat pendaftaran.

kutilah langkah-langkah yang diminta dan masukkan kode aktivasi dari SMS yang telah dikirimkan pada ponsel. Proses pendaftaran dan aktivasi CIMB Clicks telah selesai. Jika setelah mendaftar, simpanlah struk bukti registrasi yang berisi informasi nomor kartu, ID pengguna, dan nomor ponsel.

Setelahnya kita akan mendapatkan mPIN dari CIMB Clicks. Informasi itu akan kita gunakan saat melakukan registrasi di situs web.

Manfaat Memiliki Internet Banking CIMB

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan internet banking milik Bank CIMB Niaga ini. Di antaranya:

1. Kamu bisa melihat transaksi apa aja yang udah terjadi selama enam bulan terakhir. Jadi, kamu tidak perlu repot mencetak rekening koran.

2. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi hanya bermodalkan jaringan Internet. Apa saja transaksinya? Yakni transaksi transfer dana, pembayaran tagihan, hingga isi ulang pulsa kartu prabayarmu. 

3. Ingin menggunakan produk simpanan lain dari Bank CIMB Niaga? Dengan CIMB Clicks lebih mudah dan cepat membuka rekening baru.

4. Selain itu, kamu juga bisa buka deposito berjangka.

Dikembangkan Untuk Penggunaan Maksimal Selama WFH

Transaksi tunai terasa sangat bermanfaat dan membantu ketika pandemi Virus Corona seperti belakangan ini. Betapa tidak, sebisa mungkin semua kebutuhan kita lakukan secara online dan dari rumah. Pemerintah menerapkan social distancing dan Work From Home (WFH) untuk menekan perkembangannya.

Kebutuhan ini juga dipenuhi oleh layanan CIMB Clicks dengan menghadirkan promo bebas biaya isi ulang (top-up) saldo Go-Pay menggunakan Go Mobile dan CIMB Clicks. Dikutip dari Kontan, promo ini diberikan dalam bentuk cashback sebesar Rp1.000,- yang dikreditkan ke akun GoPay nasabah. Program ini berlaku maksimum 1 kali per hari atau 8 kali sebulan per pengguna Gopay hingga 31 Mei 2020.

Harapannya inovasi ini semakin memudahkan nasabah dalam memenuhi kebutuhan secara online dengan tetap #dirumahaja. Dampak lainnya diharapkan pula akan meningkatkan jumlah transaksi belanja secara online. Dengan begitu, industri transportasi online, e-commerce, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat dapat terus tumbuh di tengah kondisi ekonomi saat ini.

Promo bebas biaya top-up GoPay bisa dinikmati nasabah dengan melakukan isi ulang melalui Go Mobile atau CIMB Clicks. Caranya mudah, yaitu login ke aplikasi Go Mobile, pilih menu isi ulang dilanjutkan e-Wallet, pilih GoPay, masukkan nomor ponsel dan nominal isi ulang, konfirmasi dengan PIN Go Mobile, dan transaksi berhasil. Selain itu, nasabah juga bisa mengisi ulang melalui menu transfer Go Mobile dan CIMB Clicks.

Gunakan dengan Hati-hati

Seiring dengan majunya teknologi, kriminalitas online pun semakin menjamur. Oleh karena itu, untuk mencegah penyalahgunaan data, sebaiknya kamu menggunakan CIMB Clicks dengan waspada.

Jangan pernah membagikan PIN kamu ke orang lain, serta pastikan akses internet kamu aman. Selain itu, pastikan keluar dari halaman CIMB Clicks setiap kali selesai bertransaksi. Hal ini untuk mencegah akses dari pihak yang tidak berwenang.

Bacaan menarik lainnya:

Andri Soemitra. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Medan : Prenada Media

Iskandar, Syamsu. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Semesta Asa Bersama.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait