Rumah Tangga Masa Kini

Biaya Tunangan: Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan

biaya tunangan

Ajaib.co.id – Jika kamu ingin menikah, banyak biaya yang harus kamu perhitungkan, salah satunya adalah biaya tunangan. Meskipun tidak sebesar biaya pernikahan, biaya tunangan juga mengambil porsi dana yang cukup besar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Memasuki usia 20-an pasti tidak jauh dari acara lamaran, tunangan dan pernikahan. Bagi kamu yang sudah menemukan tambatan hati yang pas, pasti sudah tidak ragu lagi untuk melanjutkan hubungan kalian ke jenjang yang lebih serius.

Tapi, ada berbagai hambatan saat ingin menjadikan hubungan kalian lebih serius, salah satunya adalah masalah keuangan. Bagi kamu yang berpenghasilan pas-pasan, tentu ragu untuk melanjutkan hubungan yang serius itu karena sangat sulit untuk membiayai segala rangkaian acara menuju pernikahan yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mulai dari lamaran, tunangan, prewedding, pengajian (bagi pemeluk agama Islam), rangkaian adat, hingga pada puncak acara yaitu resepsi pernikahan. Sebanyak apapun budget yang kamu miliki, kamu tetap wajib untuk merencanakan berapa persentase batas biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap kebutuhan yang diperlukan dalam setiap rangkaian acara.

Apalagi kamu yang berpenghasilan pas-pasan, tapi tenang, kamu tetap bisa mengadakan acara yang berkesan meski dengan budget yang minim. Di sini kita tidak akan bahas semua rangkaian acaranya, kita hanya akan memberi tips untuk kamu yang akan melangsungkan acara pertunangan sebentar lagi.

Bagi pihak laki-laki, ada beberapa item yang perlu dibiayai dalam sebuah pertunangan, yaitu biaya hantaran atau seserahan, biaya membeli cincin tunangan dan biaya sumbangan kepada pihak wanita. Berikut akan dijelaskan satu-satu mengenai biaya yang telah disebutkan tadi.

1. Biaya Hantaran atau Seserahan

Pada umumnya budaya di Indonesia, pada saat mengadakan acara pertunangan, pihak pria wajib membawa hantaran atau seserahan ketika mendatangi rumah mempelai wanita.

Hantaran atau seserahan ini biasanya berupa barang-barang yang telah diminta oleh pihak wanita kepada si pria. Untuk isi barang hantaran, ada banyak pilihan barang yang bisa dibawa, misalnya seperangkat alat sholat, alat make-up, pakaian, sepatu, termasuk makanan misalnya buah-buahan.

2. Biaya Cincin Tunangan

Di dalam susunan acara pertunangan nanti, akan ada sesi dimana sepasang calon mempelai saling bertukar cincin tunangan. Sesi ini merupakan simbol bahwa pasangan tersebut sudah terikat perjanjian dan komitmen untuk segera melangsungkan pernikahan. 

Dalam memilih cincin tunangan, biasanya pihak pria mengajak calonnya untuk memilih langsung ke toko perhiasan agar wanita dapat memilih secara langsung model dan jenis cincin apa yang sesuai dengan seleranya.

Bagi pasangan yang mau menghemat biaya tunangan, bisa memilih cincin tunangan dengan harga yang terjangkau. Biasanya cincin tunangan dengan jenis logam perak, emas putih dan palladium memiliki harga sekitar Rp 200 rb – Rp 500 rb tergantung dengan model dan berapa karat yang dimiliki. Meski memilih cincin dengan harga yang terjangkau, harus dipastikan cincin tersebut terhindar dari cacat, goresan dan bekas noda.

3. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Wanita

Biasanya acara pertunangan diadakan di kediaman mempelai wanita atau jika menyewa tempat untuk acara pertunangan, tetap yang mengurusnya adalah pihak wanita, maka keluarga wanita membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar untuk menyiapkan banyak hal.

Dimulai dari dekorasi rumah, hidangan makanan untuk keluarga besar dan tamu undangan, pengisi acara seperti pembawa acara dan masih banyak lagi. Belum lagi biasanya para pasangan menggunakan jasa wedding organizer untuk mengurus segala hal mulai dari teknis hingga dekorasi. Maka hal ini tentu membutuhkan biaya yang besar.

Bagi pasangan yang ingin menghemat, bisa saja tidak memakai jasa wedding organizer tetapi bisa meminta bantuan kepada kerabat dekat untuk mengurus segala susunan acara tunangan dan memastikan semuanya berjalan lancar tanpa hambatan.

4. Biaya Transportasi

Untuk menuju ke rumah kediaman mempelai wanita, mempelai lelaki pasti membawa rombongan keluarganya. Rata-rata biaya yang mungkin akan keluar untuk transportasi berkisar Rp300 rb untuk membeli bensin dan jika rumah mempelai pria dan wanita berada dalam satu kota yang sama.

Disarankan untuk pihak pria datang satu sampai dua jam sebelum acara dimulai, agar dapat mempersiapkan diri lebih matang saat acara tunangan nanti, hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat.

5. Biaya Lain-lain

Biasanya dalam mempersiapkan acara pertunangan ada biaya tambahan, misalnya seperti busana tunangan, make-up artist bagi mempelai wanita, fotografer bahkan bisa saja sewa lokasi.

Namun untuk pasangan yang ingin berhemat, maka bisa menggelar acara tunangan di rumah mempelai wanita saja, menggunakan busana kebaya dan batik yang sudah dimiliki di lemari masing-masing atau bisa juga meminjam dari kerabat/teman terdekat.

Nah, setelah selesai dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh calon mempelai pria, kita akan membahas juga biaya apa saja yang harus dikeluarkan oleh calon mempelai wanita. Berikut beberapa biaya yang biasanya dikeluarkan calon mempelai wanita untuk mempersiapkan acara pertunangannya.

1. Biaya Lokasi

Biaya lokasi bisa dihilangkan jika rumah calon mempelai wanita mencukupi untuk seluruh tamu undangan. Sebelum menentukan lokasi sebaiknya para pasangan membicarakan dahulu jumlah tamu undangan yang akan diundang agar dapat mempertimbangkannya dengan baik.

2. Biaya Pakaian

Biasanya calon mempelai wanita akan mencari kain dan batik untuk selanjutnya dijahit dengan model busana pilihan yang diinginkannya. Namun, biaya ini juga dapat dihilangkan jika ingin berhemat. Pasangan bisa memakai baju yang sudah mereka miliki atau meminjam dari kerabat terdekat.

3. Biaya Dekorasi

Biaya dekorasi biasanya lumayan mahal jika memakai jasa penata dekor, maka dari itu dapat dihemat dengan cara membuatnya sendiri atau hand-made. Selain hemat, pasangan pun jadi bisa memiliki quality time lebih banyak untuk saling mengenal pada saat proses pembuatannya.

4. Biaya Foto

Jika salah satu pasangan memiliki kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan momen penting ini, lebih baik minta bantuan saja sama kerabat terdekat untuk mengabadikan momen berharga ini, agar biaya tunangan dapat diperkecil lagi.

5. Biaya Katering

Nah, yang menghabiskan biaya paling banyak adalah biaya katering. Karena biaya ini harus dihitung perseorangan berdasarkan jumlah tamu yang datang.

Jika ingin berhemat, mempelai wanita bisa berbelanja dan memasak sendiri juga meminta bantuan kerabat terdekat, namun hal ini sangat riskan, karena mempelai wanita sebaiknya well-prepared sebelum acara penting ini berlangsung.

Artikel Terkait