Milenial, Perencanaan Keuangan

Ini Dia Biaya Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Anda Ketahui!

Ini Dia Biaya Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Anda Ketahui!

Ajaib.co.id – Indonesia memiliki beragam suku yang menjadikan semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Dalam budayanya masing-masing, tentu ada tata cara dalam melangsungkan pernikahan. Berbeda dengan pernikahan modern, pernikahan secara adat, tentu menghadirkan nuansa budaya yang kental dan banyak acara adatnya, seperti pernikahan adat Jawa.

Salah satunya adalah budaya jawa. Untuk melangsungkan pernikahan ada jawa, ada beberapa tahapan kegiatan adat yang harus dilakukan sebelum melangsungkan prosesi pernikahan. Nah, tentunya setiap kegiatan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Lalu, berapa besaran biaya nikah adat jawa? Siapa yang menanggung seluruh biaya pernikahan? Yuk, simak artikel berikut ini!

Rincian Biaya Pernikahan Adat Jawa

Melangsungkan pernikahan yang modern, biasanya kita dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan. Karena biasanya biaya tersebut timbul dari kegiatan yang tidak terlalu dibutuhkan atau bisa dicari penggantinya yang gratis, misalnya saja, MC (master of ceremony) yang bisa digantikan oleh keluarga inti.

Namun, berbeda dengan pernikahan dengan adat. Setiap tahapan kegiatannya merupakan kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Mulai dari pemilihan pakaian, dekorasi, upacara adat hingga prosesi pernikahannya.

Dalam adat jawa, ada banyak yang harus dipersiapkan, lho. Beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah:

1. Tarub

 Tarub adalah kependekan bahasa Jawa dari ditata supaya murub (bercahaya). Tarub adalah memasang tenda yang dihiasi dengan berbagai hiasan seperti bleketepe, rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan. Biaya yang dibutuhkan sebesar 2 juta sampai 4,5 juta rupiah. 

2. Busana nikah

Sewa busana nikah adat jawa lengkap dengan busana akad, busana resepsi dan selop pengantin saat resepsi membutuhkan biaya sebesar 11 juta sampai 15 juta rupiah. 

3. Biaya dokumentasi

Biasanya untuk mengabadikan momen pernikahan mulai dari upacara siraman hingga sampai ke acara akad atau resepsi, biasanya ada paket dokumentasi yang diberikan dengan kisaran harga antara 5 juta sampai 12 juta rupiah. Harga tergantung lokasi pernikahan dan pilihan paket dokumentasi.

4. Biaya rangkaian kegiatan nikah

Besaran biaya dalam rangkaian kegiatan nikah adat jawa adalah:

Upacara siraman

Upacara siraman merupakan kegiatan adat pertama dalam pernikahan jawa. Upacara ini biasanya dilangsungkan 1 sebelum akad nikah. Dalam upacara siraman, calon mempelai wanita akan mengenakan kain motif grompol dan kain mori. 

Setelah disiram oleh kedua orangtuanya, calon mempelai wanita akan berganti busana untuk prosesi kerik yaitu menghilangkan rambut bagian depan secara merata dengan alat khusus.

Dalam upacara siraman, banyak perlengkapan yang harus dibutuhkan, mulai dari air siraman yang ditaburi bunga mawar, melati, dan kenanga, pengaron atau tempat air siraman dan gayungnya, tikar bangka, dan lainnya.

Besaran biaya untuk melangsungkan upacara siraman berkisar 3 juta sampai 6,5 juta rupiah. 

– Upacara malam midodareni

Selanjutnya melangsungkan upacara malam midodareni. Upacara pernikahan ini umumnya dilakukan mulai jam 6 sore hingga 12 malam, sehingga dikenal sebagai malam terakhir calon pengantin berstatus lajang. Calon mempelai pria akan mendatangi rumah calon mempelai wanita.

Pakaian calon pengantin pria mengenakan busana kasatrian untuk adat jawa yogyakarta dan busana pangeran untuk adat jawa solo.

Nah, besaran biaya upacara ini tergantung dengan besar sewa busana untuk calon pengantin pria. Umumnya, upacara ini membutuhkan biaya sebesar 2 juta sampai 5 juta rupiah.

– Upacara akad nikah

Setelah upacara midodareni, kemudian dilanjutkan dengan akad nikah pada pagi harinya sesuai dengan agama yang dianut. 

Untuk pemeluk agama islam, upacara akad nikah dapat dilakukan tanpa biaya jika dilakukan di KUA pada hari kerja dan jam kerja. Jika dilakukan di rumah atau tempat tertentu, maka kisaran biaya yang dibutuhkan sebesar 600 ribu sampai 1,5 juta rupiah.

– Upacara panggih

Dalam bahasa Jawa, panggih memiliki arti bertemu. Oleh karena itu, upacara panggih adalah mempertemukan pengantin pria dan wanita secara adat setelah keduanya resmi menikah secara agama. 

Biaya yang dibutuhkan untuk upacara panggih berkisar 3 juta hingga 7 juta rupiah. Biaya ini untuk mempersiapkan ubarampe upacara.

– Resepsi

Terakhir adalah proses resepsi sebagai bentuk jamuan kepada tamu dalam pernikahan. Resepsi adat Jawa bisa diselenggarakan di rumah sendiri, gedung atau aula.

Dalam mempersiapkan resepsi, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan, seperti:

  • Biaya gedung

Jika resepsi tidak diadakan di rumah sendiri, maka biaya sewa untuk resepsi gedung biasanya berkisar 5 juta sampai 30 juta rupiah, tergantung dengan jenis tempat dan kapasitas penampungan.

  • Biaya katering

Besaran biaya ini tergantung dengan jumlah tamu yang hadir. Untuk rata-rata pernikahan adat jawa dengan jumlah tamu 100 orang, menghabiskan biaya sebesar 20 juta sampai 35 juta rupiah.

  • Biaya hiburan dan dekorasi

Biaya ini tergantung dengan jenis hiburan dan dekorasi yang dipilih. Umumnya, menghabiskan biaya 6 sampai 12 juta rupiah.  

Siapa yang menanggung biaya pernikahan adat Jawa?

Dalam pernikahan adat jawa, sebagian besar biaya pernikahan ditanggung oleh pihak perempuan. Sedangkan pihak laki-laki ikut menanggung biaya yang lebih sedikit dari pihak keluarga wanita. 

Pihak laki-laki biasanya lebih bertanggung jawab atas cincin kawin, biaya administrasi izin menikah, sewa atau pembelian pakaian pengantin, dan sebagainya.

Dalam adat jawa juga dikenal acara ngunduh mantu yaitu pesta kedua yang diadakan oleh pihak laki-laki di tempat keluarga perempuan. Acara ini umumnya digelar seminggu setelah akad atau resepsi pernikahan selesai.

Biaya yang dihabiskan untuk melangsungkan pernikahan adat jawa tidak sedikit, lho. Jika persiapan biaya nikah hanya ditabung, maka akan kalah dengan inflasi. Investasi dengan saham atau reksa dana bisa jadi alternatif yang baik untuk menabung biaya nikah.

Nah, gunakan Aplikasi Investasi Ajaib yang berisi manajer investasi berpengalaman sebagai pilihan investasi kamu. Nah, tunggu apalagi? Segera miliki akun Ajaib ya.

Artikel Terkait